28 August 2018

5 Cara Mengatasi Badan Sakit Setelah Olahraga

badan sakit setelah olahraga

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mengalami badan sakit selama olahraga? Ada beberapa hal umum yang biasa menjadi penyebab badan sakit setelah olahraga. Bisa jadi karena kamu tidak melakukan pemanasan dan langsung mengajak badan beraktivitas keras, padahal fisik belum siap. Bisa juga karena kamu sudah melakukan pemanasan, tetapi pemanasan yang dilakukan salah atau durasinya tidak pas untuk jenis olahraga yang akan kamu lakukan.

Sudah lama vakum berolahraga lalu mulai lagi berolahraga juga dapat membuat badan mengalami sakit setelah mengolah badan. Lantas bagaimana mengatasinya?

  1. Stretching

Stretching adalah langkah yang semestinya dilakukan untuk mengembalikan otot-otot yang “panas” akibat berolahraga. Stretching selama 10-15 menit sejatinya bisa mengembalikan otot-otot yang sakit akibat berolahraga selama kurang lebih 90 menit. Stretching juga bisa berguna untuk memaksimalkan pemulihan otot sehabis beraktivitas keras, meningkatkan aliran darah kembali ke asalnya, dan membuat tubuh mendapatkan manfaat dari berolahraga secara lebih maksimal.

Baca juga: Menekuk Kaki Setelah Olahraga Bisa Kena Varises?

  1. Banyak Minum Air Putih

Biasanya rasa lelah yang tak berkesudahan akibat berolahraga juga bisa menjadi tanda kalau tubuh kehilangan cairan. Makanya, bila kamu merasakan hal tersebut, ada baiknya kamu meningkatkan konsumsi air putih untuk mengembalikan memulihkan tenaga setelah berolahraga. Sakit kepala, lelah, dan kesulitan tidur setelah berolahraga bisa terjadi karena kamu kekurangan asupan cairan sehingga tubuh sulit berkonsentrasi.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa jadi jalan untuk memulihkan tenaga sehabis berolahraga. Mandi air hangat juga bisa jadi sarana relaksasi untuk otot-otot yang sudah bekerja keras dari olahraga yang kamu lakukan. Sebenarnya, otot yang stres adalah pertanda baik, karena otot akan berkembang dan tumbuh menjadi semakin kuat. Mandi air hangat bisa menstimulasi otot untuk lebih kuat dengan cara yang membuat kamu tetap relaks.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Jalan Kaki Setiap 30 Menit Setiap Hari

  1. Tidur yang Cukup

Jangan kamu kira dengan berolahraga saja sudah menjadi langkah yang cukup untuk mendapatkan hidup yang sehat. Olahraga tanpa menjaga durasi tidur yang proporsional akan membuat tubuh merasa kelelahan luar biasa. Waktu tidur yang disarankan untuk kesehatan adalah 7-8 jam per hari supaya tubuh dapat mengembalikan kondisinya kembali fit.

Kalau badan tertentu terasa sakit, pengaturan posisi tidur juga bisa menjadi cara mengatasi badan sakit setelah olahraga. Misalnya, kamu bisa memposisikan bantal di kaki atau lengan. Biasakan untuk tidur menyamping ke sebelah kiri untuk menyamankan organ-organ di dalam tubuh.

  1. Membaluri Tubuh dengan Olive Oil

Kamu juga bisa menggunakan olive oil untuk memijat badan supaya lebih relaks. Lakukan pemijatan dari atas ke bawah dengan penekanan yang pas pada titik-titik tertentu. Lakukan sebelum kamu tidur supaya hasil lebih maksimal.

Selain olive oil, kamu juga bisa menambahkan minyak kayu putih supaya badan terasa hangat. Setelah membaluri badan dengan olive oil yang dikombinasikan dengan minyak kayu putih, tutupi tubuh dengan selimut dan tidurlah dengan lelap. Tips ini biasanya sangat efektif untuk mengatasi badan yang terasa sakit setelah olahraga.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai cara mengatasi badan sakit setelah olahraga, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.