• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Libido Wanita

8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Libido Wanita

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Libido Wanita

Halodoc, Jakarta – Penurunan libido alias gairah seksual bisa terjadi pada pria maupun wanita. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Jika tidak ditangani dengan bijaksana, hal ini bisa mengganggu kualitas hubungan dengan pasangan. Namun tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido wanita, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. 

Sebenarnya, penurunan libido pada wanita adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Gairah seksual pada wanita umumnya lebih kompleks dan dipengaruhi oleh faktor psikologis dibandingkan biologis. Hal itu yang menjadikan gairah seksual bisa naik-turun secara alami. Meningkatkan libido wanita bisa dilakukan dengan mengkomunikasikannya dengan pasangan hingga menerapkan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan tertentu. 

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Gairah Seksual

Makanan untuk Meningkatkan Libido 

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu penurunan libido wanita. Namun, ternyata ada beberapa cara yang cukup sederhana untuk membantu meningkatkan libido wanita. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang bisa membantu meningkatkan libido dikenal dengan istilah afrodisiak. 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan libido wanita, di antaranya: 

  1. Cokelat.
  2. Cabai.
  3. Stroberi.
  4. Jeruk.
  5. Semangka.
  6. Pisang.
  7. Wortel.
  8. Alpukat.

Deretan makanan di atas disebut bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal itu kemudian bisa membuat wanita merasa lebih nyaman dan rileks sehingga kemungkinan peningkatan libido bisa dicapai. Sementara mengonsumsi cokelat disebut bisa membantu merangsang pembentukan serotonin. Zat ini memiliki peran penting dan bisa memperbaiki mood wanita. 

Penerapan pola hidup sehat juga bisa membantu meningkatkan libido pada wanita. Salah satu caranya adalah rutin melakukan senam kegel. Jenis senam ini bisa membantu memperkuat otot-otot yang terdapat di organ intim wanita. Selain itu, senam kegel juga bisa melancarkan sirkulasi darah di sekitar panggul. Hal itu bisa membantu menghasilkan cairan pelumas yang bisa membuat bercinta semakin nyaman. 

Baca juga: Pasangan Kehilangan Gairah Seks, Apa Solusinya?

Untuk meningkatkan libido wanita, disarankan juga untuk menghindari stres, berolahraga, hindari rokok dan minuman beralkohol, dan cukup tidur di malam hari. Secara umum, tinggi atau rendahnya gairah seksual bisa dipengaruhi oleh banyak hal, tapi yang paling berpengaruh adalah kondisi psikologis dan fisik. Gangguan libido wanita bisa diperparah oleh kondisi emosional, kesehatan mental, gaya hidup, serta hubungan sosial yang dijalani. 

Karena masalah ini tergolong kompleks, penting bagi pasangan untuk mengkomunikasikan dan membicarakan masalah ini dengan baik. Selain dengan makanan dan penerapan gaya hidup sehat, pastikan kamu dan pasangan mengetahui apa masalahnya sehingga bisa dicari tahu apa penyelesaiannya. Jangan ragu untuk menyampaikan pada pasangan apa yang dialami dan dirasakan. 

Meningkatkan gairah seksual atau libido wanita juga bisa dilakukan dengan “pemanasan” atau foreplay sebelum melakukan hubungan suami istri. Semakin intim, biasanya gairan bisa meningkat dan aktivitas ini bisa sama-sama dinikmati. Namun, jika gangguan libido masih berlanjut atau gairah seksual semakin menurun, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. 

Baca juga: Alasan Menurunnya Libido Bisa Jadi Gejala Perimenopause

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakan seputar masalah libido atau gangguan seksual lain pada dokter. Lebih mudah menghubungi ahlinya melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membicarakan masalah seksual atau reproduksi lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Low sexual desire.
Healthline. Diakses pada 2020. 5 Foods to Eat for Better Sex — and 3 You Should Really Avoid.
WebMD. Diakses pada 2020. Aphrodisiacs: Fact or Fiction?
Healthline. Diakses pada 2020. Boost Your Libido with These 10 Natural Tips.