• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tips Ampuh Mengobati Tinea Cruris
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tips Ampuh Mengobati Tinea Cruris

8 Tips Ampuh Mengobati Tinea Cruris

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Mei 2021
8 Tips Ampuh Mengobati Tinea Cruris

Halodoc, Jakarta - Tinea cruris, sering dikenal sebagai gatal di selangkangan. Ini merupakan infeksi jamur pada kulit. Tinea cruris disebabkan oleh jamur yang dikenal sebagai dermatofita. Jamur mikroskopis ini hidup di kulit serta di rambut dan kuku. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya, tapi bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi jika dibiarkan tumbuh subur di area yang hangat dan lembap.



Gatal di selangkangan ini biasanya berkembang di kulit sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong. Kondisi ini paling sering dialami oleh pria dan remaja laki-laki. Infeksi menyebabkan ruam yang sering terasa gatal atau sensasi terbakar. Area yang terkena juga bisa memerah atau bersisik. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

Baca juga: Hati-Hati, 6 Kondisi Sebabkan Kurap di Selangkangan

Cara Ampuh Mengobati Tinea Cruris

Meskipun gatal yang disebabkan tinea cruris sangat mengganggu, namun gatal di selangkangan ini termasuk infeksi ringan. Mengobatinya segera akan meminimalkan gejala dan mencegah penyebaran infeksi. 

Kamu bisa beli obat krim antijamur bebas resep ataupun dengan resep dokter melalui aplikasi Halodoc. Krim antijamur bisa membersihkan infeksi jamur pada kulit. Cara menggunakan krim antijamur, yaitu:

  1. Oleskan krim ke sekitar area yang terkena tinea cruris.
  2. Aplikasikan selama yang disarankan. Ini bisa bervariasi pada setiap krim yang berbeda, pastikan membaca instruksi dengan cermat. 
  3. Untuk kulit meradang, dokter mungkin merekomendasikan krim antijamur yang dikombinasikan dengan krim steroid ringan. Ini biasanya digunakan tidak lebih dari tujuh hari. Selanjutnya, cukup krim antijamur saja untuk beberapa saat setelahnya. 
  4. Obat antijamur yang diminum terkadang diresepkan jika infeksinya meluas atau parah. Misalnya, tablet terbinafine, griseofulvin, atau itraconazole. 
  5. Selalu mencuci area yang terkena tinea cruris secara menyeluruh dengan sabun dan air hangat.
  6. Keringkan area yang terkena secara menyeluruh setelah mandi dan berolahraga.
  7. Ganti pakaian dan pakaian dalam setiap hari.
  8. Kenakan pakaian katun longgar.

Baca Juga: Sering Mengeluarkan Keringat? Penyakit Tinea Cruris Bisa Menyerang

Tinea Cruris Bisa Dicegah

Mempraktikkan kebersihan yang baik adalah pencegahan terbaik melawan gatal di selangkangan. Mencuci tangan secara teratur bisa sangat mengurangi risiko terkena infeksi ini dari orang lain. Penting juga untuk menjaga kulit tetap bersih dan kering, terutama area di sekitar selangkangan. 

Cuci area yang terkena tinea cruris secara teratur dengan sabun, dan keringkan area tersebut secara menyeluruh setelah mandi. Oleskan bedak bayi di sekitar selangkangan juga bisa mencegah kelembapan yang berlebih. 

Hindari pakaian ketat karena bisa meningkatkan risiko gatal di selangkangan. Pakaian ketat bisa menggesek atau membuat kulit lecet, sehingga lebih rentan. Kenakan celana pendek yang longgar saat di rumah.

Mengenakan pakaian longgar dalam cuaca panas atau lembap juga langkah baik untuk mencegah. Pakaian longgar bisa mencegah keringat dan lingkungan yang hangat dan lembap tempat jamur tumbuh subur. Pastikan juga selalu mencuci pakaian olahraga atau peralatan olahraga lainnya setelah digunakan. 

Baca juga: Jauh-Jauh dari Tinea Cruris, Ikut Healthy Lifestyle Ini

Kaki atlet adalah infeksi lain yang bisa disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan tinea cruris. Jika kamu memiliki penyakit kaki atlet, obati segera. Penyebaran hingga area selangkangan bisa dicegah dengan memastikan kamu tidak menggunakan handuk yang sama antara kaki dan selangkangan. 

Perlu diketahui, tinea cruris biasanya mudah diobati, tapi sering kali kambuh. Memiliki kebiasaan bersih yang sehat bisa mencegah tinea cruris. Rawat segera tinea cruris dengan obat topikal bebas resep saat pertama kali merasakan gejalanya. Jika tidak hilang setelah beberapa minggu, segera temui dokter.

Referensi:
Patient. Diakses pada 2021. Fungal Groin Infection
Healthline. Diakses pada 2021. Jock Itch: Causes, Symptoms, and Treatments