04 May 2018

9 Buah yang Baik untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa

9 Buah yang Baik untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Bulan puasa bukanlah alasan untuk tidak memenuhi asupan bergizi seimbang. Mulai dari lemak, protein, karbohidrat, serat, dan nutrisi penting lainnya tetap harus diasup demi terjaganya kesehatan tubuh.

Selain itu, kebutuhan cairan pun juga harus terpenuhi. Kata ahli, enggak ada cairan lain yang sebaik air putih untuk menghidrasi tubuh. Namun, selain air, buah juga bisa lho membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan. Nah, berikut buah yang bisa menghidrasi tubuh saat puasa.

1. Stroberi

Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa mencegah berbagai macam peradangan. Selain itu, buah ini juga baik membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pasalnya, stoberi mengandung 91 persen air sehingga bisa menghidrasi tubuh kembali. Menariknya lagi, bila dikonsumsi secara rutin stoberi bisa menurunkan risio penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

2.Timun

Melansir Health, mentimun mengandung air sebanyak 95 persen. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin K, kalium, dan asam kafeik, untuk membantu mencegah dan mengurangi iritasi, serta dehidrasi. Mentimun juga bisa kamu konsumsi saat melakukan diet, karena rendah kalori sehingga berat badan tetap terjaga.

  1. Semangka

Buah ini mengandung 92 persen air, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Selain itu, buah ini juga menyimpan sejumlah mineral yang bisa menghidrasi seperti sodium, magnesium, kalsium, dan potasium.

Kata ahli, semangka juga bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi nafsu makan. Selain itu, konsumsi semangka  secara rutin juga bisa meminimalkan risiko terjadinya kerusakan oksidatif pada sel. Hati-hati, kondisi ini berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes.

  1. Jeruk

Bukan rahasia lagi kalau buah ini kaya akan vitamin C. Di samping itu, jeruk juga mengandung air sebanyak 70 persen sehingga bisa membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Kamu bisa mengonsumsi jeruk dengan langsung dimakan atau dijadikan jus.

  1. Air Kelapa

Yang satu ini khasiatnya enggak bisa dimungkiri untuk menghidrasi tubuh. Banyak ahli mengatakan kalau air yang di dapat dari kelapa yang masih muda, memiliki banyak sodium dan rendah karbohidrat. Dengan begitu, buah ini sangat cocok dijadikan menu berbuka sebab bisa menggantikan ion tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

6. Tomat

Buah yang sering digunakan sebagai bumbu masak ini mengandung 94 persen air , vitamin A, dan vitamin C. Enggak cuma itu, tomat juga menyimpan antioksidan seperti likopen yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi, kanker prostat, dan penyakit jantung.

7. Jeruk Bali

Berbeda dengan jeruk, jeruk bali mengandung air sebanyak 90 persen, vitamin A, vitamin C, kalium dan folat. Menurut beberapa penelitian, dengan mengonsumsi jeruk bali per hari, kadar kolesterol jahat bisa turun hingga 15,5 persen. Sedangkan kadar trigliserida bisa menurun sampai 27 persen.

Menariknya lagi, buah ini juga bisa menjaga berat badan karena mampu menstabilkan gula dalam darah, membakar lemak, dan menjaga tekanan darah. Agar sajiannya lebih menarik, kamu bisa kok mengonsumsinya dengan diolah menjadi smoothies.

8. Blewah

Yang satu ini umumnya banyak dijual di bulan Ramadan. Blewah setidaknya mengandung air sebanyak 90 persen dan kaya akan vitamin A dan C. Buah ini dinilai dapat mencegah tubuh dari dehidrasi, dan dapat melindungi tubuh dari infeksi atau pun peradangan.

9. Belimbing

Sedangkan buah yang satu ini mengandung 91 persen air, vitamin C, dan antioksidan seperti epicatechin, yang bisa mencegah dehidrasi dan membuat jantung jadi lebih sehat. Namun, penderita ginjal mesti ekstra hati-hati bila ingin mengonsumsi buah ini. Sebab kadar asam osalatnya yang tinggi bisa membahayakan tubuh.

(Baca juga: 4 Buah Terbaik Untuk Diabetes)

Kamu juga bisa mendiskusikan hal di atas dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!