• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Kebiasaan agar Tetap Sehat saat Malas Berolahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Kebiasaan agar Tetap Sehat saat Malas Berolahraga

9 Kebiasaan agar Tetap Sehat saat Malas Berolahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Mei 2022

“Jika kamu malas melakukan aktivitas fisik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap sehat tanpa olahraga. Beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan, antara lain menerapkan pola makan sehat, tidur yang cukup, dan minum air putih yang cukup.”

9 Kebiasaan agar Tetap Sehat saat Malas Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan semua orang. Namun, tidak sedikit orang yang merasa malas untuk berolahraga meski tahu hal ini perlu dilakukan. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan agar tetap sehat meski jarang berolahraga. Berikut ulasan lengkapnya!

Tetap Sehat dengan Pola Makan

Ingat, olahraga merupakan salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Oleh sebab itu, aktivitas fisik ini harus dilakukan secara rutin. Namun,  sayangnya ada kalanya kita malas atau enggan untuk melakukan olahraga secara rutin. 

Nah, agar kesehatan tubuh dan mental tetap terjaga, cobalah lakukan hal-hal di bawah ini: 

1.  Pola Makan Sehat

Salah satu cara untuk tetap sehat tanpa olahraga adalah menerapkan pola makan sehat setiap hari. Sebab, cara ini dapat mengendalikan berat badan sehingga tubuh tetap sehat tanpa perlu berolahraga. Pastikan untuk makan secara teratur di pagi, siang, dan malam hari. Perhatikan juga gizi yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi.

2.  Tidur yang Cukup

Kamu juga perlu memperhatikan jam tidur yang cukup setiap hari agar tubuh tetap sehat meski tanpa olahraga. Disarankan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam per harinya. Tidur mampu membuat tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak, sehingga tubuh lebih sehat. Bukan hanya itu, kegiatan ini dapat mengisi kembali energi dan membuat sistem metabolisme tubuh lebih baik.

3.  Minum Air yang Cukup

Kamu perlu mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi. Kamu juga bisa membuat infused water dengan menambahkan lemon ke botol minum. Hal ini dapat membantu untuk menambah energi. Lemon juga sangat baik sebagai antioksidan yang dapat membuat tubuh tetap sehat.

4.  Berjemur

Cara sehat lainnya tanpa olahraga adalah dengan rutin berjemur. Kegiatan ini dapat membuat tubuh sehat karena sinar matahari dapat memberikan vitamin D ke dalam tubuh. Cobalah untuk berjemur di pagi hari hingga batasnya jam 9 pagi. Tidak disarankan di atas jam 9 karena sinar yang dihasilkan tidak baik untuk kulit.

5. Perbanyak Makan Protein

Protein adalah salah satu kandungan yang dapat menahan nafsu makan. Dengan begitu, kamu tidak mudah untuk merasa lapar, sehingga tidak banyak makan camilan. Saat lebih banyak makan protein, tentu kamu bisa menurunkan berat badan berlebih yang akhirnya membuat tubuh lebih sehat.

6.  Konsumsi Makanan Bergizi

Bukan hanya pola makan saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga jenis makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar tubuh senantiasa selalu sehat. 

7. Kurangi Stres

Hormon kortisol terus naik saat tubuh dilanda stres. Nah, kondisi ini bisa menimbulkan beragam masalah bagi fisik dan mental. Salah satunya meningkatkan keinginan untuk ngemil yang tidak sehat. Maka dari itu, pastikan untuk mengelola stres dengan baik dengan cara meditasi atau terapi. Kamu juga bisa melakukan segala hal yang membuat hati dan pikiran menjadi senang.

8.  Biasakan Minum Air Hangat

Kamu juga perlu lebih banyak minum air hangat dibandingkan air es. Dipercaya jika air es mampu membekukan lemak sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Maka dari itu, kurangi minuman dingin dan lebih banyak minum minuman hangat.

9. Kurangi Konsumsi Gula

Memang makanan atau minuman manis enak, tetapi kurang menyehatkan. Terlalu banyak makan gula dapat meningkatkan berat badan yang membuat obesitas dan meningkatkan beberapa risiko penyakit. Maka dari itu, batasi konsumsi gula setiap hari demi kesehatan diri sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap sehat ketika sedang malas berolahraga. Namun, ada baiknya tetap rutin berolahraga karena aktivitas fisik ini memiliki banyak keistimewaan bagi fisik dan mental. 

Kamu juga bisa menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk mendapatkan informasi langsung dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan melalui smartphone. Langsung gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise.
Ideal You. Diakses pada 2022. How To Lose Weight Without Exercise: 60+ Proven Tips.