Ini Diagnosis Heloma pada Orang Dewasa yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Diagnosis Heloma pada Orang Dewasa yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar keluhan kesehatan bernama heloma? Kalau belum bagaimana dengan mata ikan? Ringkasnya, heloma merupakan lapisan kulit yang menebal karena kulit sering berada di bawah tekanan atau gesekan. 

Heloma sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu heloma durum (mata ikan yang keras), dan heloma molle (mata ikan yang lembut). Heloma durum paling sering muncul di telapak kaki, lebih tepatnya di sisi kaki atau di ujung kaki. Penyebabnya adalah ukuran sepatu yang tidak tepat. Heloma molle juga disebabkan oleh penyebab yang sama dengan heloma durum. Bedanya heloma molle biasanya muncul di telapak kaki, di antara jari kaki keempat dan kelima.

Lantas, bagaimana sih cara mendiagnosis heloma? 

Baca juga: Heloma pada Kaki, Ini yang Perlu Diketahui

Bisa Ditambah dengan X-Ray

Seperti penyakit pada umumnya, dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik di tahap awal. Di pemeriksaan fisik ini, heloma biasanya terlihat seperti luka berbentuk bulat atau lonjong dengan penebalan kulit. Dokter juga akan memeriksa apakah heloma disebabkan oleh gangguan lain seperti kutil atau kista.

Selain pemeriksaan fisik, tak menutup kemungkin dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang. Misalnya, pemeriksaan X-ray untuk membantu dokter melihat kaki dan tangan dengan lebih jelas guna mendeteksi penyebab heloma. 

Amati Gejala-gejalanya

Ketika seseorang mengalami heloma, maka kulitnya akan mengalami kelainan, seperti pengerasan, penebalan, dan penonjolan pada kulit. Di samping itu, kulit juga dapat menjadi bersisik, kering atau berminyak, dan timbul rasa nyeri bila ditekan. Lalu, apa bedanya dengan kapalan? Bedanya akan timbul peradangan dan rasa nyeri pada mata ikan. Berikut ini ringkasan gejala dari heloma:

  • Benjolan yang keras.

  • Lapisan kulit yang menebal.

  • Kulit kering atau lunak.

  • Rasa sakit atau nyeri di bawah kulit.

Gegara Sepatu hingga Pemantik

Tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali merupakan penyebab utama dari mata ikan. Lalu, hal apa saja yang bisa menimbulkan kondisi tersebut? Nah, berikut ini penjelasannya:

  • Penggunaan sepatu yang tak nyaman. Sepatu yang terlampau sempit dan berhak tinggi bisa menekan beberapa bagian kaki. Sedangkan sepatu yang terlalu longgar bisa menyebabkan bagian kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.

  • Tak mengenakan kaus kaki. Tak memakai atau memakai kaus kaki yang tak tepat bisa menyebabkan gesekan antara kaki dan alas kaki.
  • Sering bermain musik dan tangan. Sering menggunakan alat perkakas atau instrumen musik dengan tangan, juga bisa menimbulkan penebalan pada kulit.

  • Perokok. Perokok dan yang memakai pemantik api, bisa saja memiliki mata ikan pada kulit jempol tangannya. Penyebabnya gesekan berulang ketika menyalakan pemantik. 

Baca juga: Benarkah Idap Hammer Toes Rentan Terkena Heloma?

Tips Mengatasi Heloma

Setidaknya ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengatasi heloma. Misalnya: 

  • Rendam tangan dan kaki untuk melembutkan heloma.

  • Gunakan sepatu dan kaus kaki yang pas.

  • Gunakan batu mandi untuk menggosok heloma dengan halus, tetapi hati-hati sebab menggosok dengan keras dapat menyebabkan infeksi.

  • Lembapkan kulit.

  • Lindungi area rawan heloma dengan alas khusus.

Nah, andaikan cara-cara di atas tidak ampuh, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases and Conditions. Corns and Calluses. 
Healthline. Diakses pada 2019. What Causes Corns? 
One Point Health. Diakses pada. 2019. Corns (Heloma Durum, Molle and Milliare).