• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Buah yang Harus Dihindari saat Menjalani Diet?

Adakah Buah yang Harus Dihindari saat Menjalani Diet?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Adakah Buah yang Harus Dihindari saat Menjalani Diet?

Halodoc, Jakarta - Saat menjalani diet, kebanyakan metode tentu menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan variasi makanan sehat lainnya. Buah-buahan mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Lantas, adakah buah yang harus dihindari saat menjalani diet? Faktanya, kamu tetap dapat mengonsumsi buah apa pun dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Namun, memang ada beberapa buah tinggi gula dan kalori sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Ini ulasannya.

Hindari Konsumsi Buah Ini saat Diet

Ada beberapa buah perlu dibatasi saat kamu sedang menjalani diet, yaitu:

1.Alpukat

Prinsip utama dalam kebanyakan metode diet adalah memangkas asupan kalori yang masuk ke tubuh. Jadi, kamu perlu menghindari buah yang mengandung kalori dalam jumlah tinggi, seperti alpukat. Dalam 100 gram alpukat, terkandung sekitar 160 kalori. 

Alpukat adalah sumber lemak sehat yang baik. Jadi, apabila kamu tetap ingin makan buah ini saat diet, konsumsilah dalam jumlah yang wajar. Jika ingin mengonsumsinya saat diet, pertimbangkan jumlahnya dan perhatikan makanan lain yang dikonsumsi. Dengan begitu, nutrisi dalam alpukat dapat kamu terima secara maksimal.

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

2.Anggur

Meski bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, anggur sarat akan gula dan lemak, yang menjadikannya buah yang sebaiknya dibatasi konsumsinya saat menjalani diet penurunan berat badan yang ketat. Dalam 100 gram anggur, terkandung 67 kalori, dan 16 gram gula. Jika dikonsumsi berlebihan, asupan gula saat diet jadi berlebihan.

3.Buah Kering

Buah-buahan kering seperti prune, kismis, dan lainnya, memiliki lebih banyak kalori karena tidak mengandung air. Dalam sekitar satu cangkir kismis mengandung 500 kalori dan satu cangkir plum mengandung lebih dari 450 kalori. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

4.Pisang

Pisang sangat menyehatkan, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, justru bisa menggagalkan dietmu, lho. Pisang kaya akan kalori dan mengandung gula alami yang cukup banyak. Dalam satu buah pisang, terkandung sekitar 150 kalori, dengan sekitar 37,5 gram karbohidrat. 

Jadi, jika ingin makan pisang saat diet, pastikan hanya mengonsumsi satu buah saja dalam sehari, ya. Karena indeks glikemiknya rendah, pisang sebenarnya bisa menjadi camilan sehat bila dinikmati dalam jumlah sedang.

5.Kurma

Kurma kering mengandung gula alami yang cukup tinggi, dengan indeks glikemik sebesar 103. Jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak saat diet, siap-siap saja dietmu gagal. 

6.Nanas

Mungkin tidak mengherankan jika nanas kaya akan gula karena rasanya yang sangat manis. Indeks glikemik nanas adalah 66, dianggap sedang sampai tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak saat diet, tentunya penurunan berat badan bisa jadi hal yang sulit.

Baca juga: 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

7.Leci

Leci merupakan buah tropis dari China bagian selatan yang memiliki skor glikemik tinggi. Pengganti yang sebanding untuk buah leci adalah ceri hitam, yang indeks glikemiknya lebih rendah.

Itulah beberapa buah yang perlu dibatasi saat kamu sedang diet. Hal yang kamu perhatikan adalah jumlah konsumsi dan kandungan gula dalam buah yang dikonsumsi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, diimbangi dengan pengaturan makan sehat rendah kalori, tentu saja tidak masalah mengonsumsi buah-buahan tersebut sebagai variasi.

Sebaiknya pula, kamu mengonsumsi buah-buahan yang segar bukan buah kering. Sebab, banyak buah kering yang diberikan gula tambahan selama proses pembuatannya agar lebih enak untuk dikonsumsi. Nah, penambahan gula ini justru dapat menggagalkan dietmu. Jadi, pilihlah buah-buahan yang segar, ya!

Jika kamu butuh saran dari ahli soal pengaturan makanan saat diet, dan buah apa saja yang boleh dan sebaiknya dihindari, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter gizi, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
NDTV Foods. Diakses pada 2020. Weight Loss Tips: 5 Fruits You Should Avoid If You Are Trying To Lose Weight.
Livestrong. Diakses pada 2020. Fruits to Avoid When Dieting.