Adakah Cara untuk Mencegah Lichen Sclerosus?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Adakah Cara untuk Mencegah Lichen Sclerosus?

Halodoc, Jakarta - Saat seseorang mengalami penyakit yang menyerang area intim, rasa malu adalah hal yang pertama kali terlintas di benak mereka. Pasalnya, terdapat stigma yang menyatakan bahwa mereka yang mengalami penyakit di area intim berarti termasuk dalam orang-orang yang kerap melakukan aktivitas seksual yang tidak sehat. Kenyataannya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Seperti penyakit lichen sclerosus, yang terjadi akibat gangguan hormon. 

Lichen sclerosus (LS) adalah gangguan kulit kronis yang menyerang area seperti alat kelamin hingga ke anus. Tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman, penyakit ini juga membuat area genital muncul bercak putih. Mari kenali penyakit lichen sclerosus berikut ini!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutil Kelamin

Lebih Dalam Tentang Lichen Sclerosus

Faktanya, semua orang bisa mengidap penyakit ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun kalangan yang memiliki risiko paling tinggi adalah wanita pasca menopause. Perlu kamu pahami, penyakit ini tidak menular dan tidak bisa menyebar melalui hubungan seksual.

Penyebab dari penyakit ini belum dapat dipastikan hingga hari ini, tetapi para ahli menduga bahwa hal ini berkaitan erat dengan ketidakseimbangan hormon. Tidak hanya itu, mereka yang mengalami kerusakan kulit sebelumnya diduga meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini. Sementara, pada pria kondisi ini diduga terjadi akibat kerusakan berkala yang dipicu oleh penyumbatan urine di bawah kulup penis.

Jika kamu memiliki faktor risiko seperti yang disebutkan sebelumnya, segera hubungi dokter untuk mencegah penyakit ini berkembang semakin parah. Kamu bisa membicarakan langkah pengobatan yang tepat melalui aplikasi Halodoc

Baca Juga: Ini Alasan Wanita Menopause Rentan Kena Lichen Sclerosus

Lantas, Bagaimana Cara Ampuh Mencegah Lichen Sclerosus?

Cara untuk mencegah penyakit ini, terdapat beberapa bentuk gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan untuk membantu mencegah atau mengatasi lichen sclerosus, yaitu:

  • Lichen sclerosus bisa berlangsung seumur hidup. Maka itu, kamu wajib menemui dokter setidaknya 1-2 kali pertahun untuk memeriksa kemungkinan kanker atau perubahan lainnya. Perempuan harus memeriksa vagina secara bulanan untuk melihat perubahan apapun.

  • Perlu menghindari kegiatan yang menekan atau mempengaruhi vagina, dan hubungi dokter jika vagina mengalami nyeri atau perdarahan.

  • Untuk laki-laki, hal ini bisa dicegah dengan cara melakukan sunat supaya tidak ada penyumbatan urine di bawah kulup penis.

Sementara itu, jika kamu sudah memiliki penyakit ini, terdapat cara sederhana untuk membantu meringankan gejala, antara lain:

  • Kamu bisa menambahkan air hangat ke bak mandi untuk bersantai. Mandi dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh gatal dan garukan.

  • Bicaralah dengan dokter tentang krim kulit antihistamin yang dijual bebas untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan.

  • Hindari pakaian ketat, semprotan wewangian untuk area genital, atau pembersih kulit yang keras.

  • Kamu disarankan untuk mengenakan pakaian dalam berbahan katun di siang hari dan tidak mengenakan pakaian apapun saat tidur di malam hari

Pengobatan Terbaik untuk Atasi Lichen Sclerosus

Pembedahan untuk menghilangkan tambalan pada area genital wanita sebetulnya tidak sepenuhnya membantu, karena hal ini bisa kembali terjadi. Jika seorang wanita memiliki jaringan parut di area vagina yang parah yang menyebabkan masalah dengan seks, operasi dapat membantu. Tapi itu hanya opsi setelah kondisinya terkendali.

Baca Juga: Jenis-Jenis Lichen Sclerosus yang Perlu Diketahui 

Sementara pembedahan untuk mengobati lichen sclerosus pada pria bisa menjadi pilihan yang baik. Dokter sering melakukan sunat, yaitu melepas kulup penis. Setelah itu, kemungkinan besar tidak terjadi kekambuhan.