• Home
  • /
  • Adakah Gejala Awal dari Kanker Tenggorokan?

Adakah Gejala Awal dari Kanker Tenggorokan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Adakah Gejala Awal dari Kanker Tenggorokan?

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya jenis kanker yang pernah ditemui dan menyerang manusia, kanker tenggorokan terbilang salah satu jenis yang jarang terjadi. Meskipun begitu, kamu perlu waspada terhadap penyakit satu ini, karena dampak yang ditimbulkan tidak kalah berbahayanya dengan jenis kanker lainnya yang lebih umum ditemui. Inilah mengapa kamu perlu mengenali gejala awal dari kanker tenggorokan. 

Bukan tanpa alasan, semakin cepat deteksi kanker ini dilakukan, maka pengobatan bisa segera didapatkan, sehingga dampak maupun komplikasi bisa dikurangi. Diagnosis awal atau pemeriksaan dini ini meningkatkan peluang hidup para pengidap kanker tenggorokan ini. 

Apa Saja Gejala Awal dari Kanker Tenggorokan?

Perlu diketahui, setiap orang mengalami gejala kanker tenggorokan yang berbeda. Ini bergantung pada bagian tenggorokan mana yang menjadi tempat awal bertumbuhnya sel kanker. Ada dua jenis kanker tenggorokan, pertama adalah sel kanker yang menyerang bagian pita suara atau laring, yang disebut kanker laring. 

Baca juga: Tenggorokan Sakit saat Menelan Bisa Jadi Tanda Tumor?

Lalu, ada pula kanker faring dengan pertumbuhan sel kanker terdapat pada sepanjang batang tenggorokan dari bagian belakang hidung. Namun, jenis kanker ini bisa menyerang bagian belakang lidah, tonsil, maupun jaringan lunak lainnya. Nah, apa saja gejala awal dari kanker tenggorokan yang perlu diketahui?

  • Adanya Benjolan pada Leher

Tanda paling umum dari kanker tenggorokan yang bisa dikenali adalah munculnya benjolan pada bagian leher. Benjolan ini bertumbuh dan membesar dalam waktu yang relatif singkat. Sayangnya, banyak masalah kesehatan lain dengan gejala serupa, seperti radang tenggorokan. Inilah mengapa gejala ini sering kali diabaikan. 

Namun, tetap ada beda antara benjolan yang menandakan kanker tenggorokan dengan radang amandel. Benjolan yang mengindikasikan radang tenggorokan akan menghilang setelah kamu sembuh dari masalah kesehatan ini. Namun, tidak dengan benjolan yang mengindikasikan kanker. Bukannya menghilang, benjolan ini semakin membesar ukurannya. 

Baca juga: 7 Faktor Risiko yang Tingkatkan Munculnya Kanker Tenggorokan

  • Tenggorokan Terasa Sakit

Sel kanker yang bertumbuh pada bagian tenggorokan ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit pada tenggorokan. Lagi-lagi, rasa sakit yang dirasakan mungkin tidak jauh berbeda dengan radang tenggorokan biasa. Namun, tetap saja kamu bisa membedakannya, yaitu rasa sakit yang terjadi secara mendadak dan tidak menghilang meski kamu sudah mengonsumsi obat. 

Risiko terjadinya kanker tenggorokan semakin besar apabila kamu juga mengalami perubahan pada suara dan muncul benjolan. Jadi, ketika kamu mengalami sakit tenggorokan dan tidak segera sembuh, kamu harus segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Pakai aplikasi Halodoc agar lebih mudah ketika membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

  • Perubahan Suara dan Kesulitan Menelan

Merasa ada perubahan pada suara? Suara yang tiba-tiba menghilang, volumenya menjadi lebih pelan, atau berubah serak? Kamu perlu waspada, karena ini menjadi tanda kamu mengalami kanker tenggorokan. Biasanya, jika ini terjadi, sel kanker bertumbuh dan menyerang bagian pita suara kamu, dan gejala ini terjadi tanpa sebab. Jika tidak segera ditangani, kamu bisa kehilangan suara. 

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Merokok untuk Mencegah Kanker Tenggorokan

Pembesaran sel kanker ini sering membuat kamu menjadi sulit menelan, bahkan tidak mampu lagi untuk menelan. Rasanya seperti ada yang tersangkut di tenggorokan yang membuat kamu harus berdeham terus-menerus. Rasa sakit dan kesulitan menelan ini juga tidak jarang akan membuat kamu menjadi malas makan. Agar tidak terjadi, ayo cegah kanker tenggorokan dengan melakukan deteksi dini!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Throat Cancer?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Throat Cancer - Symptoms and Cause.
Healthline. Diakses pada 2020. Throat Cancer: Causes, Symptoms, and Diagnosis.