• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Obat Sariawan Anak yang Non Resep?

Adakah Obat Sariawan Anak yang Non Resep?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Adakah Obat Sariawan Anak yang Non Resep?

“Sariawan adalah masalah yang rentan terjadi pada anak. Maka dari itu, ibu harus selalu sigap untuk mengatasinya dengan berbagai macam obat. Ibu juga dapat memilih obat sariawan anak yang tidak membutuhkan resep atau alami.”

Halodoc, Jakarta – Anak ibu sulit untuk makan dan kerap memegang bibirnya? Mungkin saja dirinya sedang terserang sariawan. Tentu masalah ini perlu segera diatasi agar anak dapat mudah bisa makan. Namun, pemberian obat resep dalam jangka panjang mungkin saja dapat menimbulkan dampak buruk. Nah, ibu dapat memilih obat sariawan anak yang non resep atau cara alami. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Obat Sariawan Alami pada Anak

Saat jamur yang disebut dengan Candida tumbuh di luar kendali, infeksi dapat timbul dan menyebabkan sariawan. Gangguan ini rentan untuk terjadi dan dapat menimbulkan rasa sakit serta gatal. Selain itu, sariawan dapat terjadi pada semua orang, tetapi lebih rentan untuk terjadi pada anak-anak, terutama bayi dan balita.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Si Kecil

Infeksi dari sariawan yang umum terjadi ditandai dengan bercak putih di lidah dan pipi bagian dalam. Bayi paling rentan terserang gangguan ini karena jamur dapat tumbuh subur di tempat yang hangat dan basah, seperti pada anak yang belum tumbuh gigi. Selain itu, sistem kekebalannya yang belum sempurna juga kesulitan untuk melawan jamur penyebab infeksi ini.

Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa obat sariawan anak alami yang dapat dipilih. Nah, berikut ini beberapa pilihannya:

1. Madu

Salah satu obat sariawan anak alami yang ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah madu. Cairan yang berasal dari sarang lebah ini memiliki sifat anti-mikroba yang ampuh untuk mengobati sariawan. Ibu hanya perlu mengoleskan madu ke bagian yang terkena sariawan hingga masalah ini selesai. Namun, hal ini tidak disarankan diberikan pada anak di bawah usia satu tahun karena dapat menyebabkan botulisme.

2. Yoghurt

Yoghurt juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk obat sariawan anak. Kandungan bakteri “baik” pada makanan probiotik ini dapat membantu tubuh untuk mengatasi sariawan. Yoghurt dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab sariawan dan mengembalikan keseimbangan bakteri di mulut. Makanan ini juga cocok dipilih saat sulit menelan karena rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Jika ibu memiliki pertanyaan terkait obat sariawan anak yang dapat diterapkan, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis dapat dilakukan dengan penggunaan fitur Chat atau Voice/Video Call. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Bebas Perih dengan Obat Sariawan Alami

3. Air Garam

Jika anak ibu sudah bisa berkumur, air garam dapat dipilih untuk obat sariawan anak. Garam memiliki sifat antiseptik, membersihkan bakteri, dan menenangkan. Cara membuatnya, yaitu larutkan 1/2 sendok teh garam di dalam 1 gelas air hangat. Lalu, berkumur selama beberapa menit dan pastikan semua bagian dalam mulut terkena. Muntahkan larutan garam dan netralkan dengan minum air putih.

4. Kompres Dingin

Ibu juga dapat mengompres area yang terkena sariawan dengan es. Cara ini dapat membantu untuk meredakan peradangan pada bagian mulut yang terluka sehingga rasa nyeri yang timbul dapat memudar. Ibu dapat membungkus beberapa es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada bagian mulut yang terkena sariawan. Pemberian makanan dingin lainnya juga sama ampuhnya untuk meredakan sariawan.

Baca juga: Kenali Beragam Obat Sariawan untuk Orang Dewasa dan Anak-Anak

Itulah beberapa obat sariawan anak yang dapat dipilih tanpa memerlukan resep dokter. Ibu dapat mencoba beberapa metode pengobatan alami ini, tetapi jika dirasa tidak ampuh, obat medis mungkin sudah harus diberikan. Meski begitu, ada baiknya untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin memberikan obat medis, terutama yang membutuhkan resep.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Oral Thrush: 10 Home Remedies to Manage Your Symptoms.
Parents. Diakses pada 2021. Home Remedies for Thrush in Babies.