• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Sehat, Pastikan Sistem Imun Tubuh Siap Hadapi New Normal

Agar Sehat, Pastikan Sistem Imun Tubuh Siap Hadapi New Normal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Masa pandemi COVID-19 belum juga usai. Ditandai dengan terus meningkatnya angka kasus positif di berbagai penjuru dunia. Namun, rutinitas harian harus tetap berjalan. Mulai beradaptasi dengan kehidupan baru di masa pandemi, pemerintah menghimbau agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Dengan relaksasi PSBB, maka ada kemungkinan interaksi dengan OTG lebih tinggi dan update dari WHO ada kemungkinan virus Covid 19 airborne (menyebar lewat udara). Maka beberapa kebiasaan baru pun harus dijalankan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak fisik, hingga rutin cuci tangan. Namun, satu hal yang juga penting dijadikan kebiasaan adalah selalu memastikan sistem imun tetap kuat.

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Pentingnya Sistem Imun yang Kuat di Era New Normal

Tubuh manusia dilengkapi dengan sistem imun yang berperan penting dalam melawan infeksi, termasuk infeksi virus corona. Saat masuk ke tubuh, virus corona akan menempel di dinding sel-sel saluran napas dan paru-paru, lalu mengembangkan infeksi. Proses ini akan terdeteksi oleh sistem imun, yang kemudian membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut.

Reaksi perlawanan sistem imun tubuh ini akan memunculkan berbagai gejala, seperti demam. Jika sistem imun cukup kuat, infeksi akan kalah, gejala mereda, dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika sistem imun tidak cukup kuat, atau justru bereaksi berlebihan, gejala yang terjadi akan lebih berat, seperti demam tinggi, sesak napas, hingga kerusakan organ.

Itulah sebabnya, dalam upaya pencegahan penularan virus corona, penting untuk selalu menjaga sistem imun tubuh tetap kuat, terutama di era new normal seperti sekarang ini. Tentunya, dengan tetap menjalani protokol kesehatan yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga, seperti pakai masker, menjaga jarak fisik (physical distancing), dan rutin cuci tangan.

Agar Sistem Imun Kuat saat New Normal

Secara alami, sistem imun tubuh dapat melemah karena penuaan, kurang gizi, atau kondisi kesehatan yang diidap. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar sistem imun tetap kuat saat new normal, lho. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memiliki Pola Makan Sehat

Kamu tentu pernah dengar pepatah, “you are what you eat”, bukan? Pepatah itu ada benarnya. Jika ingin sistem imun tetap kuat, kamu perlu memperbaiki pola makan sehari-hari menjadi lebih sehat. Misalnya, dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan alami untuk membantu tubuh melawan radikal bebas, yang bisa melemahkan sistem imun.

Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sebab, kunci dari pola makan sehat adalah kandungan nutrisi yang seimbang.

Baca juga: Panduan Bersepeda Sehat di New Normal

2. Olahraga Rutin dan Perbanyak Aktivitas Fisik

Pada studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Health Science, dikemukakan bahwa aktivitas fisik atau olahraga rutin terbukti mampu meningkatkan sistem imun dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Jadi, sempatkanlah waktu setiap harinya untuk berolahraga ringan, setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Kamu juga bisa memperbanyak aktivitas fisik, seperti memilih berjalan kaki atau bersepeda ketika bepergian. 

3. Hindari Stres

Stres berkepanjangan adalah momok yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Mengapa demikian? Stres yang berkepanjangan meningkatkan produksi hormon kortisol, yang kemudian mengganggu kerja sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Jadi, sebisa mungkin, coba kelola stres dengan baik agar sistem imun bisa terjaga.

4. Istirahat yang Cukup

Meskipun terdengar sepele, istirahat yang cukup juga merupakan salah satu kunci dalam menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat. Merujuk dari National Sleep Foundation, orang dewasa butuh setidaknya 7-8 jam waktu tidur setiap harinya, sedangkan anak-anak memerlukan sekitar 10 jam atau lebih.

Baca juga: Begini Penerapan New Normal di Kantor

5. Konsumsi Suplemen Penunjang Sistem Imun

Terkadang, mengikuti tips menjaga sistem imun tubuh yang telah dipaparkan tadi bisa saja belum cukup. Mengingat sistem imun memang tidak selalu dalam kondisi optimal. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi suplemen untuk menunjang kekuatan sistem imun tubuh.

Salah satu suplemen yang Halodoc rekomendasikan adalah Imboost Force, memiliki tiga kandungan aktif, yaitu Echinacea Purpurea, Black Elderberry, dan Zinc Picolinate. Hal ini menjadikan Imboost Force menjadi suplemen imunomodulator yang efektif untuk meningkatkan kinerja sistem imun tubuh dalam melawan penyakit. Berbeda dengan vitamin C yang lebih bersifat anti oksidan, serta meningkatkan kemotaksis dan fagositosis dari neutrofil.

Dalam studi in vitro & in vivo, echinacea purpurea terbukti dapat memodulasi (mengatur) sistem imun tubuh, mencegah penyebaran infeksi dan peradangan, serta mempercepat penyembuhan luka. Jika dikombinasikan dengan Black Elderberry yang bekerja menghambat replikasi (perbanyakan) virus dan juga membantu menstimulasi sistem imun serta Zinc Picolinate yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan bahan aktif dalam Imboost Force ini direkomendasikan sebagai suplemen harian untuk menjaga sistem imun tubuh. Penelitian terbaru yang dilakukan Jawad Et All tahun 2012 di jerman, menjelaskan bahwa echinacea purpurea aman di konsumsi sampai dengan 4 bulan (16 minggu) dengan dosis 2400 mg – 4000 mg. Pada penelitian ini juga di ketahui bahwa, echinacea menunjukkan efek maksimal pada rekurensi infeksi & efek preventif meningkat dengan konsumsi yg teratur.

Jadi, agar sistem imun tubuh kamu tetap kuat saat menjalani aktivitas selama new normal, jangan lupa minum Imboost Force dan menerapkan pola hidup sehat yang sudah dijelaskan tadi, ya. Untuk mendapatkan Imboost Force, mudah, kok. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk membeli suplemen ini, kapan dan di mana saja.

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2020. Coronavirus.
Healthline. Diakses pada 2020. Here’s What Happens to the Body After Contracting the New Coronavirus.
Journal of Sport and Health Science. Diakses pada 2020. The compelling link between physical activity and the body's defense system.
Current Opinion in Psychology. Diakses pada 2020. Current Directions in Stress and Human Immune Function.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. How Much Sleep Do We Really Need?
Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Diakses pada 2020. Self-Care for Common Colds: The Pivotal Role of Vitamin D, Vitamin C, Zinc, and Echinacea in Three Main Immune Interactive Clusters (Physical Barriers, Innate and Adaptive Immunity) Involved during an Episode of Common Colds—Practical Advice on Dosages and on the Time to Take These Nutrients/Botanicals in order to Prevent or Treat Common Colds
Jawad M, et al. Safety and Efficacy Profile of Echinacea purpurea to Prevent Common Cold Episodes: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2012. doi:10.1155/2012/841315
Zhai Z, Liu Y, Wu L, Senchina DS,Wurtele ES, Murphy PA, Kohut ML, Cunnick JE, Enhancement of Innate and Adaptive Immune Functions by Multiple Echinacea Species, J Med Food., 2007; 10(3): 423–434