26 July 2018

Alami Ambeien Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

mengatasi ambeien

Halodoc, Jakarta - Wasir, atau yang lebih sering disebut dengan ambeien menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Ambeien sendiri terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus. Pasalnya, gangguan kesehatan satu ini bisa menimbulkan rasa gatal, sakit, dan tidak nyaman, terlebih ketika ibu sedang duduk.

Meski begitu, ibu tidak perlu khawatir apabila mengalami ambeien ketika sedang mengandung, karena penyakit ini umum terjadi pada usia kehamilan menginjak trimester ketiga kehamilan. Ibu hanya perlu mengenali penyebab, gejala, dan bagaimana cara mengatasinya dengan benar.

Tidak hanya ambeien, kehamilan juga membuat ibu rentan mengalami varises pada bagian kaki, bahkan vagina. Ini terjadi karena perut yang semakin membesar menekan pembuluh darah yang ada di panggul dan pembuluh balik yang menerima darah dari bagian tungkai kaki. Kondisi ini menyebabkan terganggunya aliran darah dari tubuh bagian bawah yang menuju jantung yang pada akhirnya mengakibatkan varises.

Mengenali Gejala Ambeien Saat Hamil

Lalu, bagaimana caranya mengenali gejala ketika ibu mengalami ambeien saat mengandung? Pada umumnya, gejala ambeien ketika hamil maupun pada kondisi normal tidak banyak perbedaan. Beberapa gejala umum yang sering terjadi pada seseorang yang terkena ambeien adalah munculnya rasa gatal yang diikuti oleh sensasi panas pada bagian anus. Selanjutnya, ibu akan menemukan adanya darah yang keluar setelah Buang Air Besar yang disertai rasa sakit pada area sekitar anus.

Baca juga: Kerja Kantoran Terlalu Lama Duduk, Waspada Ambeien

Gejala lain yang mudah ditemui adalah munculnya benjolan di sekitar anus yang menimbulkan rasa sakit ketika ibu sedang atau setelah BAB. Benjolan ini muncul akibat tekanan saat BAB yang tentunya membuat ibu menjadi tidak nyaman. Bukan tidak mungkin perut ibu tetap terasa seperti begah dan penuh bahkan setelah BAB. Meski begitu, gangguan kesehatan ini akan berangsur-angsur pulih dengan sendirinya setelah sang bayi lahir.

Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Ambeien saat hamil tidak perlu dikhawatirkan. Jika ibu mengalaminya, lakukan cara mengatasi ambeien berikut ini:

Jangan Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya ambeien. Apabila ibu merasa sudah duduk terlalu lama, sebaiknya gantilah posisi dengan berdiri, berbaring, atau berjalan-jalan sejenak. Bagi pengidap ambeien, duduk terlalu lama justru akan memperburuk dampaknya.

Cukup Istirahat

Ibu hamil dianjurkan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas berat yang membuat tubuh kelelahan, karena tidak baik untuk perkembangan janin. Justru, saat hamil, ibu disarankan untuk lebih banyak beristirahat, karena tubuh yang memang menjadi lebih mudah lelah ketika mengandung. Selain untuk memulihkan energi pada tubuh, beristirahat juga membantu mengurangi dampak buruk ambeien.

Konsumsi Makanan Bergizi

Terjadinya ambeien juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan asupan serat. Oleh karena itu, perhatikan asupan nutrisi harian ibu, seperti mengonsumsi lebih banyak makanan berserat dan minum air putih. Imbangi juga dengan olahraga ringan tetapi rutin. Serat dan air akan membantu melancarkan pencernaan dan BAB.

Berendam Air Hangat

Ada banyak manfaat air hangat untuk tubuh, salah duanya adalah membantu melancarkan peredaran darah dan membantu merilekskan otot tubuh yang kaku. Saat ibu mengalami ambeien, berendam dengan air hangat akan membantu mengurangi rasa nyeri dan gatal pada area anus, sehingga ibu akan merasa lebih nyaman.

Baca juga: Ketahui 4 Ciri Hamil Anggur

Apabila ambeien yang ibu alami semakin buruk, ibu perlu segera bertanya pada dokter bagaimana cara mengatasinya. Gunakan aplikasi Halodoc yang sebelumnya sudah ibu donwload terlebih dahulu. Jika dokter menyarankan untuk mengonsumsi suplemen serat, ibu bisa juga membelinya dengan layanan Apotek Antar di Halodoc.