01 December 2018

Gejala dari Penyakit Wasir yang Sering Diabaikan

gejala dari penyakit wasir yang sering diabaikan

Halodoc, Jakarta – Wasir atau ambeien yang dalam bahasa medisnya disebut dengan hemoroid merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Pasalnya, benjolan yang biasanya muncul di dalam rektum atau anus ini bisa membuat pengidapnya tidak nyaman saat duduk maupun ketika ingin buang air besar. Namun, oleh karena wasir biasanya diawali dengan gejala yang ringan, banyak pengidap yang sering mengabaikannya hingga akhirnya wasir berkembang menjadi lebih parah. Oleh karena itu, bila kamu sudah mulai merasakan gejala-gejala wasir, jangan dibiarkan saja. Segera obati wasir sebelum terjadi perdarahan.

Wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak. Biasanya wasir disebabkan oleh sering terlalu lama mengejan saat buang air besar (BAB). Namun, beberapa faktor lain, seperti usia, berat badan berlebih, sering duduk terlalu lama, kehamilan, dan sering berhubungan intim melalui anus juga bisa menjadi pemicu terjadinya wasir.

Berdasarkan lokasi terjadinya pembengkakan, wasir atau hemoroid bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu hemoroid internal dan hemoroid eksternal. Hemoroid internal adalah bila pembuluh darah membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat. Sementara hemoroid eksternal adalah pembengkakan yang terjadi di luar anus, yaitu di dekat lubang anus yang biasanya terasa lebih nyeri.

Wasir termasuk penyakit yang umum terjadi, terutama di kalangan orang berusia 45—75 tahun. Namun, penyakit ini biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri atau disembuhkan dengan meminum obat wasir.

Gejala Wasir

Wasir seringkali tidak menimbulkan gejala. Itulah sebabnya banyak orang sering mengabaikan penyakit ini. Namun bila muncul gejala, umumnya diawali dengan rasa gatal ringan atau nyeri ringan. Bila masih pada tahap ini, wasir bisa diobati di rumah dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas. Selain itu, wasir bisa menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Mengeluarkan darah saat buang air besar. Biasanya darah berwarna merah terang.

  • Keluar lendir setelah buang air besar.

  • Terdapat benjolan yang tergantung di luar anus. Biasanya benjolan ini harus didorong kembali untuk masuk ke dalam setelah buang air besar.

  • Daerah sekitar anus terasa gatal.

  • Terjadi pembengkakan dan timbul rasa nyeri serta kemerahan di sekitar anus.

Pada pengidap wasir yang berusia 50 tahun, biasanya juga mengalami gejala berupa gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan.

Cara Mengobati Wasir

Gejala wasir sebenarnya bisa hilang sendiri setelah beberapa hari tanpa penanganan. Sementara wasir yang dialami ibu hamil juga akan menghilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan. Namun untuk membantu mempercepat penyembuhan wasir, kamu bisa mengonsumsi obat wasir dalam bentuk oles atau tablet yang diresepkan oleh dokter. Bila kamu mengalami wasir karena mengidap konstipasi, dokter juga bisa memberikan obat untuk memperlancar buang air besar.

Selain dengan obat-obatan, perubahan gaya hidup juga perlu kamu lakukan untuk mencegah dan mengobati wasir. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan pengidap wasir:

  • Perbanyak minum air putih,

  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, seperti buah, sayuran, beras merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  • Jangan menunda buang air besar karena bisa membuat tinja keras dan kering, sehingga kamu harus mengejan saat buang air besar.

Kapan Harus Ke Dokter?

Bila kamu mengalami gejala wasir, seperti perdarahan rektum, merasa sakit atau tidak nyaman, ataupun wasir tetap ada walaupun sudah mengonsumsi berbagai obat-obatan, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Gejala wasir berupa perdarahan yang cukup banyak pada rektum dan disertai pusing atau bahkan pingsan juga perlu segera ditangani lebih lanjut oleh dokter. Meskipun wasir dianggap sebagai masalah kesehatan ringan, tapi bila tidak ditangani dengan benar, maka berisiko menimbulkan masalah lain.

Beli obat wasirnya lewat aplikasi Halodoc saja. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: