Alami Hipertermia, Inilah 3 Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alami Hipertermia, Inilah 3 Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu merasakan cuaca panas yang tidak tertahankan? Ternyata hal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami hipertermia, lho! Selain itu, hal tersebut juga mungkin berbahaya bagi seseorang yang mengalaminya.

Hipertermia adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan faktor luar dari tubuh, sehingga menyebabkan suhu tubuh naik secara abnormal. Hal tersebut menyebabkan sistem pengaturan panas tubuh sulit menanganinya dan membuat suhu tubuh meningkat drastis.

Hipertermia sendiri dianggap tidak berhubungan dengan kondisi tubuh secara internal. Contohnya adalah hal yang disebabkan oleh infeksi, masalah pada pengaturan panas tubuh, dan reaksi obat yang membuat panas tubuh berada di atas 38 derajat Celsius.

Apa Saja Gejala dari Hipertermia?

Tanda atau gejala yang mungkin timbul ketika seseorang mengidap hipertermia tergantung pada seberapa parah panas yang terjadi. Gejala dari gangguan yang membuat panas tubuh naik tersebut dapat berkembang dengan cepat.

Setiap tubuh manusia akan berusaha untuk mendinginkan diri dengan cara berkeringat. Cairan yang keluar dari tubuh tersebut membawa air dan elektrolit, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Pada dehidrasi ringan, gejala yang timbul adalah sakit kepala dan kram otot.

Pada seseorang yang mengalami dehidrasi parah, kemampuan tubuhnya untuk mendinginkan suhu melalui dalam dapat hilang. Apabila tidak segera mendapat pengobatan, suhu tubuh akan terus tinggi dan dapat menyebabkan kegagalan organ serta kematian.

Baca juga: Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Hipertermia

Beberapa Jenis Hipertermia yang Harus Kamu Ketahui

Hipertermia yang terjadi dapat muncul dalam beberapa jenis. Kondisi yang umum terjadi adalah kelelahan karena panas. Berikut adalah beberapa jenis hipertermia yang mungkin terjadi:

  1. Stres Akibat Hipertermia

Pada seseorang yang mengalami suhu tubuhnya naik dan kesulitan untuk menurunkannya melalui keringat, tubuh kamu dapat mengalami stres akibat hipertermia. Gejala yang timbul ketika seseorang mengidap stres karena panas adalah pusing, mual, dan sakit kepala.

  1. Kelelahan Akibat Hipertermia

Seseorang yang berdiri selama berjam-jam ketika suhu panas tinggi dapat menyebabkan kelelahan. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan merasa panas, haus, dan lelah. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi dan hilang koordinasi.

  1. Pingsan Akibat Hipertermia

Seseorang dapat mengalami pingsan karena suhu yang terlalu panas. Hal tersebut dikarenakan tekanan darah akan menurun dan aliran darah pada otak akan berkurang sementara. Gejala awal dari gangguan ini adalah sakit kepala dan harus segera diatasi sebelum orang yang terserang hilang kesadaran.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Hipertermia

Pengobatan Hipertermia yang Dapat Dilakukan

Inti dari pengobatan yang dapat menyebabkan panas tubuh di atas normal adalah dengan menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Pengobatan yang dilakukan dengan cepat dapat menghindari seseorang dari vasokonstriksi.

Pengobatan dari gangguan tersebut yang dilakukan dengan cepat dapat mengurangi kerusakan jaringan. Kamu dapat melakukan itu dengan cara menurunkan suhu pada organ vital, seperti otak, jantung, dan hati.

Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan adalah:

  1. Mendinginkan Suhu Tubuh

Suhu tubuh yang meningkat drastis dapat diatasi dengan cara mendinginkannya. Salah satu cara yang efektif terhadap hal tersebut adalah mandi dengan air dingin. Selain itu, kamu juga dapat masuk ke ruangan dengan udara yang sejuk.

  1. Banyak Minum Air Putih

Kamu dapat menurunkan suhu tubuh yang disebabkan oleh cuaca panas dengan cara banyak mengonsumsi air putih. Hal tersebut dapat menggantikan cairan yang hilang dan mengatasi dehidrasi yang terjadi.

  1. Melepas Semua Pakaian

Kamu dapat menurunkan suhu tubuh dengan cara melepas semua pakaian yang dikenakan. Hal tersebut dapat efektif dilakukan bersamaan dengan masuk ke ruangan yang lebih sejuk. Tubuh kamu akan dengan cepat kembali ke suhu normal.

Baca juga: Kalau Naik Gunung, Waspada Hipertermia

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengobati hipertermia. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!