• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Duduk dengan Posisi Sembarang Bisa Terkena Osteofit

Alasan Duduk dengan Posisi Sembarang Bisa Terkena Osteofit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Duduk dengan Posisi Sembarang Bisa Terkena Osteofit

Halodoc, Jakarta - Osteofit adalah kondisi menonjolnya tulang yang berkembang di sepanjang tepi tulang. Osteofit sering kali terbentuk di tempat tulang bertemu satu sama lain, misalnya di persendian. Kondisi ini juga bisa terjadi di tulang belakang saat kamu duduk dengan posisi yang tidak optimal. 

Penyebab utama osteofit yaitu kerusakan sendi yang berkaitan dengan osteoartritis. Kebanyakan kondisi osteofit tidak menimbulkan gejala dan tidak dapat terdeteksi selama bertahun-tahun. Perawatan diperlukan tergantung di mana osteofit terjadi dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan.

Baca Juga: Lutut Sering Sakit, Hati-Hati Osteoarthritis

Penyebab Umum Terjadinya Osteofit

Osteofit biasanya terbentuk saat persendian sudah dipengaruhi oleh artritis. Osteoartritis merusak tulang rawan, jaringan keras, berwarna putih, fleksibel yang melapisi tulang, dan memungkinkan persendian untuk bergerak dengan mudah. Osteoartritis sering terjadi di lutut, pinggul, tulang belakang, dan sendi kecil di tangan dan pangkal jempol kaki. 

Saat persendian semakin rusak, tulang baru dapat terbentuk di sekitar persendian. Pertumbuhan tulang inilah yang disebut osteofit. Kondisi ini dapat terbentuk akibat ankylosing spondylitis sejenis artritis yang secara khusus menyerang tulang belakang. Itulah sebabnya kamu perlu waspada apabila posisi duduk sembarangan saat bekerja. 

Osteofit juga dapat disebabkan oleh keausan dan kondisi terkait penuaan, seperti penyakit diskus degeneratif, osteoartritis (spondylosis), dan stenosis tulang belakang. Diperkirakan bahwa pembentukan osteofit adalah upaya tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri dan dipicu sebagai respons terhadap perubahan degeneratif. 

Banyak dari struktur tulang belakang dapat dipengaruhi secara negatif oleh degenerasi yang menyebabkan serangkaian masalah, termasuk perubahan dalam struktur diskus, penebalan ligamen belakang, dan pembesaran sendi, perubahan ini mempengaruhi gerakan normal tulang belakang. 

Selain gangguan penuaan dan degeneratif, cedera dan trauma pada tulang belakang dapat memicu perkembangan osteofit. Postur tubuh yang buruk juga menjadi kemungkinan penyebabnya. 

Baca Juga: Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Cara Mengatasi Osteofit

Jika osteofit hanya menyebabkan nyeri ringan dan hanya terasa sesekali, dokter mungkin akan merekomendasikan obat penghilang rasa sakit. Suntikan steroid juga membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan untuk sementara. Kamu biasanya dapat menerima hingga tiga suntikan steroid di sendi yang sama dalam satu tahun. 

Terapi fisik dapat membantu jika berfokus pada penguatan otot di sekitar sendi yang terkena, termasuk tulang belakang. Cara ini membantu kamu bergerak dengan menghindari tekanan saraf. 

Jika osteofit tulang menekan saraf atau secara signifikan membatasi gerakan kamu, mungkin diperlukan tindakan operasi untuk mengobatinya. Jika osteofit tulang berada di tulang belakang, alat bernama spacer bisa ditempatkan di tulang belakang yang mengalami gangguan untuk mencegah osteofit menekan saraf. 

Osteofit di bahu atau lutut terkadang dapat dihilangkan dengan operasi artroskopi, yang menggunakan alat khusus untuk mencapai sendi melalui sayatan yang sangat kecil. 

Baca Juga: Lutut Sering Sakit, Hati-Hati Osteoarthritis

Sementara itu, kamu bisa mengelola rasa nyeri dengan kiat khusus. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membantu mengontrol nyeri osteofit:

  • Menurunkan berat badan. Jika kamu memiliki berat badan berlebih atau obesitas untuk meringankan beban di persendian. 
  • Kenakan sepatu yang berpenyangga kaki, baik untuk melindungi kaki dan persendian lainnya untuk berjalan.
  • Mulailah terapi fisik untuk mempelajari latihan yang memperkuat otot di sekitar sendi dan menstabilkannya. 
  • Pertahankan postur tubuh yang tepat saat berdiri atau duduk untuk menjaga kekuatan punggung dan menjaga tulang belakang tetap sejajar. 
  • Gunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen, saat peradangan dan nyeri terasa akibat osteofit. 

Banyak pengobatan yang dapat kamu lakukan, namun jika ingin mendapatkan pengobatan yang tepat dan cocok dengan kondisi yang kamu alami, sebaiknya tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Bone Spurs: What You Should Know About Osteophytosis
Spine Universe. Diakses pada 2020. Osteophytes (Bone Spurs)
NHS. Diakses pada 2020. Osteophyte (bone spur)
Very Well Health. Diakses pada 2020. Causes and Treatments of Bone Spurs