Alasan Payudara Wanita Kencang Jelang Datang Bulan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Payudara Wanita Kencang Jelang Datang Bulan

Halodoc, Jakarta – Para wanita, pasti pernah atau sering mengalami sejumlah gejala sebelum memasuki siklus menstruasi. Mulai dari perubahan suasana hati, tubuh mudah merasa lelah, kram perut, sakit kepala sampai payudara mengencang. Kondisi tersebut menjadi bagian dari premenstrual syndrome atau PMS. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa payudara mengencang menjelang menstruasi? 

Baca Juga: Telat Datang Bulan, Bisa Jadi Tanda 6 Penyakit Ini

Kondisi ini memang sering membuat tidak nyaman karena payudara terasa lebih sensitif ketika terguncang atau tersentuh. Selain mengencang, payudara juga kadang terasa nyeri. Rasa nyeri pada payudara membuat sejumlah wanita khawatir karena tidak bisa membedakan apakah kondisi tersebut infeksi payudara atau hanya gejala pra menstruasi saja. Lantas, sebenarnya apa yang membuat payudara mengencang menjelang datang bulan? Berikut ini penjelasannya.

Alasan Payudara Mengencang Jelang Datang Bulan

Perubahan hormon akibat menstruasi adalah penyebab umum dari nyeri payudara. Penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron sebelum menstruasi menyebabkan payudara mengencang dan terasa sakit. Perubahan-perubahan ini juga bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening yang mungkin berkontribusi terhadap nyeri payudara juga.

Mungkin juga ada hubungan antara nyeri payudara dan hormon yang disebut prolaktin. Hormon ini merangsang produksi ASI pada wanita setelah melahirkan. Hormon ini hadir dalam tubuh wanita, sehingga memengaruhi payudara bahkan jika seorang wanita belum pernah melahirkan. Nyeri payudara juga dapat terjadi sekitar waktu ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur untuk pembuahan. Kondisi ini biasanya terjadi 12-14 hari sebelum wanita mengalami menstruasi.

Namun, hormon mungkin bukan satu-satunya penyebab payudara mengencang sebelum menstruasi. Sebab, beberapa wanita mengalami nyeri pada satu payudara saja. Jika hormon adalah satu-satunya penyebab yang mendasarinya, beberapa dokter menganggap kedua payudara akan merespons dengan cara yang sama. Karena itu, ada kemungkinan bahwa perubahan lain dalam tubuh dapat menyebabkan nyeri payudara di sekitar waktu menstruasi. Mungkin, sel-sel di setiap payudara merespon secara berbeda terhadap kadar hormon yang berfluktuasi.

Baca Juga: Datang Bulan Tanpa Alami Dismenore, Wajarkah?

Kalau kamu punya pertanyaan lain terkait gejala menstruasi maupun masalah menstruasi, kamu bisa membicarakannya dengan dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter  kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Apakah Payudara Kencang Perlu Dirawat?

Payudara yang mengencang adalah gejala pra menstruasi biasa, sehingga tidak membutuhkan perawatan. Kalau kamu merasa tidak nyaman, ada sejumlah tips rumahan yang bisa dicoba, yaitu:

  • Mengenakan bra yang lebih besar atau lebih nyaman, contohnya bra yang tidak menggunakan kawat dan berbahan lembut;
  • Tidak mengenakan bra saat tidur;
  • Kurangi asupan kafein yang sering terkandung dalam kopi, teh, dan soda;
  • Kurangi pemakaian garam untuk mengurangi retensi air;
  • Coba terapi panas dan dingin, seperti bungkus es atau bantalan pemanas;
  • Konsumsi suplemen, seperti vitamin E atau vitamin B-6 yang membantu mengurangi nyeri payudara.

Baca Juga: Mengapa Jerawat Muncul Saat Datang Bulan?

Kamu juga perlu mengurangi aktivitas berdampak tinggi, seperti berlari atau melompat yang bisa memicu nyeri payudara. Selain perawatan di atas, ada sejumlah obat yang juga bisa dicoba apabila payudara terasa nyeri. Misalkan, obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau acetaminophen. Selalu jaga kesehatan agar waktu menstruasi tiba tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2019. Why are my breasts sore before a period?.
Healthline. Diakses pada 2019. Premenstrual Breast Swelling and Tenderness.