• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Benarkah?

Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Tentunya semua orang kenal dengan buah alpukat. Selain rasanya yang lezat, buah alpukat menjadi salah satu buah yang mudah diolah. Mulai dari dikonsumsi langsung, dijadikan bahan utama jus, hingga tambahan salad. Ada berbagai jenis alpukat yang dijual di pasaran, tetapi yang banyak dikenal masyarakat adalah alpukat mentega.

Baca juga: Konsumsi Alpukat Bikin Gemuk? Ini Faktanya

Lalu, mana yang lebih baik, alpukat biasa atau alpukat mentega? Alpukat mentega merupakan salah satu jenis buah alpukat yang berasal dari benua Amerika. Buah ini dikenal sebagai alpukat mentega karena daging buahnya yang lebih tebal dan lembut dibanding alpukat biasa. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui perbedaan dari kedua jenis alpukat guna mengetahui mana yang lebih baik. Berikut ulasannya, di bawah ini!

Alpukat Biasa atau Alpukat Mentega?

Meskipun hampir serupa, tetapi buah alpukat memiliki perbedaan pada tiap jenisnya. Misalnya, pada buah alpukat biasa dan alpukat mentega. Namun, dari kedua jenis alpukat ini, mana yang lebih baik? Untuk menemukan jawabannya, tidak ada salahnya simak ulasannya, di sini.

Alpukat mentega merupakan jenis alpukat yang berasal dari Benua Amerika. Alpukat mentega dikenal juga sebagai alpukat guatemala. Pohon dari buah alpukat guatemala umumnya akan menghasilkan buah alpukat yang lebih besar dibandingkan buah alpukat biasa. 

Selain itu, alpukat memiliki kulit dan daging buah yang lebih tebal dibandingkan buah alpukat biasa. Kulit alpukat guatemala berwarna hijau saat belum matang. Ketika alpukat guatemala siap panen, kulit akan berubah warna menjadi hitam keunguan.

Tidak hanya itu, alpukat guatemala memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan manis. Inilah mengapa masyarakat mengenal jenis ini dengan alpukat mentega. Hal tersebut juga membuat masyarakat lebih menyukai alpukat mentega dibandingkan alpukat biasa.

Lalu, bagaimana untuk kandungan nutrisi dan gizinya? Alpukat guatemala atau alpukat mentega merupakan buah yang memiliki beragam kandungan nutrisi dan gizi. Terkenal dengan kandungan lemak baik yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. 

Dalam 100 gram alpukat mentega, terdapat 1,8 gram karbohidrat dan juga 6 gram serat. Selain itu, alpukat mentega memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, K, E, dan juga B. Tentunya beragam kandungan vitamin dapat membantu kamu menjaga kesehatan tubuh lebih optimal.

Baca juga: Alpukat Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Benarkah?

Kenali Manfaat Buah Alpukat Mentega

Selain lezat, alpukat mentega menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan lemak baik pada alpukat mentega dapat menjaga tubuh dari berbagai kondisi peradangan yang bisa terjadi. Tidak hanya itu, kandungan lemak baik atau yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh membuat kamu terhindar dari beragam gangguan jantung.

Selain kandungan lemak baik, mengonsumsi alpukat mentega dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya kolesterol, alpukat mentega mampu menurunkan trigliserida dalam darah dan kolesterol LDL, serta meningkatkan kolesterol HDL.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah alpukat mentega dapat membuat pencernaan kamu menjadi lebih sehat. Memenuhi kandungan serat dalam tubuh juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat dalam tubuh juga dapat membuat kesehatan tubuh terjaga dengan baik dan menghindari kamu dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari stroke, obesitas, hingga depresi.

Baca juga: 4 Manfaat Alpukat untuk Menu Berbuka Puasa

Tidak ada salahnya memilih makanan yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Memilih untuk mengonsumsi alpukat biasa ataupun alpukat mentega bisa menjadi pilihan masing-masing. Namun, jangan berlebihan dan imbangi dengan makanan sehat lainnya. Gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar manfaat mengonsumsi buah secara rutin. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Britannica. Diakses pada 2020. Avocado.
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Proven Health Benefits of Avocado.
Everyday Health. Diakses pada 2020. What Are The Health Benefits of Avocado, And Can It Help You Lose Weight?