• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?

Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Agustus 2022

“Kopi hitam menjadi minuman dengan rasa pahit yang cukup diminati. Namun, adakah efek samping mengonsumsi kopi hitam bagi pengidap penyakit asam lambung?

Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?

Halodoc, Jakarta – Kopi hitam atau kopi tanpa campuran apapun memiliki rasa pahit yang dominan. Bagi sebagian orang, jenis kopi ini bisa memicu kenaikan asam lambung dan meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada organ lambung. Jika demikian, benarkah pengidap penyakit asam lambung tidak boleh minum kopi sama sekali?

Hubungan Kopi dan Asam Lambung

Kafein yang terkandung pada kopi bisa mengakibatkan relaksasi cincin otot kerongkongan di bagian bawah. Akibatnya, asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan dan menjadi tanda utama penyakit GERD. 

Kopi decaf atau kopi dengan kandungan kafein yang rendah atau bahkan tidak mengandung kafein sekalipun, tetap dapat menstimulasi terbentuknya asam. Inilah mengapa, konsumsi kopi saat perut dalam kondisi kosong bisa membuat kadar asam di perut meningkat. 

Akibatnya, perut menjadi mulas dan kamu akan merasakan gejala masalah pencernaan lain seharian. Salah satunya adalah heartburn atau sensasi panas dan seperti terbakar pada tenggorokan, atau dada karena asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Orang dengan kondisi lambung dan pencernaan yang sehat biasanya bisa minum kopi sebanyak 200 miligram. Ukuran ini sama dengan dua hingga tiga cangkir kopi tanpa merasakan efek tertentu setiap hari. 

Proses pemanggangan kopi juga berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kandungan kafein di dalamnya. Kopi yang dipanggang tidak sampai hitam atau light roast yang kerap disebut kopi sarapan, biasanya tinggi kafein. 

Inilah mengapa, kopi hitam banyak dipilih sebagai kopi sarapan. Dengan begitu, pengidap asam lambung sebaiknya menghindari kopi light roast.

Alternatif Kopi untuk Pengidap Asam Lambung

Sebagai pilihan alternatifnya, pengidap asam lambung bisa mengonsumsi kopi yang dipanggang sampai hitam atau dark roast. Selain itu, kopi yang disajikan dengan proses cold brew juga lebih tepat untuk pengidap GERD. Sebab, jenis kopi ini akan mengekstrak asam lebih sedikit. 

Pilihan lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah kopi decaf yang memang mengandung kafein lebih rendah, dibandingkan dengan kopi pada umumnya, atau kopi chicory. Bisa juga menambahkan susu dalam kopi yang diseduh, karena susu bisa membantu mengikat asam klorogenik yang selanjutnya menekan terbentuknya asam lambung. 

Selain cold brew, pilihan kopi lain yang ramah untuk pengidap asam lambung adalah kopi latte. Selain karena biji kopi yang digunakan telah dipanggang dalam waktu lama atau very dark roast, kopi latte juga dibuat dengan tambahan susu. 

Tetap Batasi Asupan Hariannya

Meski disebut aman dikonsumsi untuk pengidap asam lambung, asupan kafein harian tetap perlu dibatasi. Terlebih jika kamu juga mengonsumsi makanan asam, pedas, coklat, dan teh. Sebab, asupan kafein berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek negatif pada tubuh.

Beberapa di antaranya yaitu inkontinensia urine, peningkatan tekanan darah, peningkatan risiko asam urat, masalah menstruasi, hingga insomnia atau sulit tidur. Bukan hanya itu, kadar kafein yang sangat berlebihan pada tubuh dapat berujung pada terjadinya masalah mengingat, kerusakan tulang, masalah kardiovaskular, hingga peningkatan hormon kortisol. 

Apabila kamu termasuk pengidap asam lambung, jangan lupa untuk membawa obat pereda asam lambung ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah. Agar lebih praktis cek ketersediaan obat asam lambung di Halodoc. Yuk, download Halodoc di App Store dan Play Store. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. GERD and Caffeine: Are Coffee and Tea Off Limits?
Medical News Today. Diakses pada 2022. GERD and Caffeine: Can You Drink Tea and Coffee?
Verywell Health. Diakses pada 2022. Tips to Brew Coffee That Won’t Irritate Your Stomach.
Fakultas Kedokteran UI. Diakses pada 2022. Pencinta Kopi Perlu Tahu Dampak si Hitam Bagi Lambung dan Kesehatan Lainnya.