• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sering Membangkang, Dampak dari Pola Asuh yang Salah

Anak Sering Membangkang, Dampak dari Pola Asuh yang Salah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi orangtua menentukan cara pola asuh terhadap anak tentu tidaklah mudah. Pola asuh yang tepat bagi anak nyatanya dapat membuat karakter anak menjadi lebih positif dan membuat anak dapat memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik. Untuk itu, tidak ada salahnya setiap orangtua mengenali karakter anaknya masing-masing dan juga mengetahui beberapa jenis pola asuh yang bisa digunakan para orangtua untuk mendidik anak.

Baca juga: Ini Pola Asuh yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak

Salah pemilihan pola asuh nyatanya dapat membuat beberapa dampak pada anak, seperti tidak dapat membuat keputusan, kurang pintar dalam membangun hubungan sosial, gangguan pada perkembangan fisik, memiliki emosi yang kurang stabil, hingga lebih sering membangkang orangtua. Tidak ada salahnya orangtua mengetahui jenis pola asuh yang tepat bagi anak dan juga cara mengatasi anak yang sering membangkang di sini. Berikut ulasannya.

Ibu, Cari Tahu Pola Asuh yang Tepat bagi Karakter Anak

Nyatanya, pola asuh yang dijalankan orangtua dapat memengaruhi kondisi anak. Melansir Very Well Family, sangat penting untuk memilih pola asuh yang akan dijalankan karena dapat mendukung pertumbuhan serta perkembangan kondisi anak secara keseluruhan. Cara orangtua bersikap pada anak serta proses mendidik menjadi salah satu hal yang dapat memberikan dampak pada kehidupan masa depannya.

Berbagai dampak negatif nyatanya dapat menjadi salah satu hasil dari pola asuh yang salah pada anak. Dilansir dari American Society for the Positive Care of Children, anak dengan pola asuh yang salah nyatanya kerap menyebabkan mereka kesulitan membangun hubungan yang baik dengan keluarga maupun kerabatnya. Tidak hanya itu, pola asuh yang salah juga dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan fisik anak. 

Depresi, rasa percaya diri yang rendah, dan juga rentan berbuat tindakan kriminal nyatanya menjadi salah satu dampak dari pola asuh yang kurang tepat pada anak. Selain itu, seorang peneliti di University of Minnesota, Rick Nauert, Ph.D, mengatakan bahwa pola asuh yang salah dapat menyebabkan anak memiliki karakter pembangkang saat dewasa. 

Untuk itu, sangat penting memastikan jenis pola asuh yang akan ibu jalani untuk mendidik anak agar dapat membangun karakter baik pada anak. Lalu bagaimana jika anak sudah menjadi pembangkang? Adakah cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Baca juga: Pola Asuh yang Sesuai untuk Anak Remaja

Lakukan Ini untuk Atasi Anak Pembangkang

Tentunya, ada berbagai cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi anak yang memiliki sifat pembangkang. Kondisi ini perlu diatasi agar anak mengenal aturan maupun norma-norma yang wajib mereka jalankan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa ibu lakukan, seperti:

1.Bersikap Tenang

Saat anak sering membangkang kata-kata yang ibu ucapkan, jangan menanggapi kondisi anak dengan terburu-buru. Sebaiknya tetap tenang dan pahami serta cari tahu mengapa anak membangkang orangtua. 

2.Jangan Juluki Anak

Jangan langsung menjuluki anak dengan sebutan-sebutan yang bernada negatif, misalnya anak nakal, tidak mau dengar, atau pembangkang. Sebaiknya tanyakan baik-baik pada anak mengapa ia melakukan hal tersebut. Berbicara dengan nada kasar atau tinggi nyatanya akan membuat hubungan anak dengan orangtua semakin menjauh.

3.Ajak Anak dengan Bahasa yang Sederhana

Jika selama ini anak membangkang dengan apa yang ibu katakan, sebaiknya periksa kembali ucapan atau bahasa yang ibu gunakan selama ini. Gunakan bahasa yang sesuai dengan usia anak dan mudah dimengerti agar anak lebih paham yang ibu maksud. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik dengan apa yang ibu ucapkan.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi anak yang membangkang. Sebaiknya hindari memaksa anak dengan ancaman atau paksaan, kondisi ini akan membuat anak semakin memiliki emosi yang tidak stabil dan sangat rentan memiliki karakter pembangkang.

Jika beberapa cara di atas tidak dapat mengatasi kondisi anak yang sering membangkang, tidak ada salahnya ibu cari tahu lebih banyak mengenai pola asuh yang tepat bagi anak yang sering membangkang dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc

Baca juga: Jenis Pola Asuh Anak yang Perlu Dipertimbangkan Orangtua

Selain bertanya melalui aplikasi Halodoc, ibu juga dapat mencari tahu lokasi rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi anak jika membutuhkan penanganan langsung tim medis di rumah sakit.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. 4 Types of Parenting Styles and Their Effects on Kids.
American Society for the Positive Care of Children. Diakses pada 2020. Effects of Bad Parenting on Your Child.
Hello Motherhood. Diakses pada 2020. The Effects of Bad Parenting on Children.