Apa Itu Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga?

Apa Itu Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga?

Halodoc, Jakarta - Seorang dokter kedokteran olahraga adalah seorang dokter yang berspesialisasi dalam merawat orang-orang yang mengalami cedera olahraga. Cedera olahraga adalah cedera yang didapat orang dari berolahraga atau karena aktif secara fisik. Para profesional perawatan kesehatan yang bekerja di bidang medis interdisipliner ini tidak hanya fokus pada perawatan cedera yang berhubungan dengan olahraga, tetapi juga pada pencegahan cedera, rehabilitasi, nutrisi, dan pelatihan untuk membantu atlet meningkatkan kemampuan mereka di lapangan.

Kedokteran olahraga menjadi salah satu bidang kedokteran yang berkembang sejak tahun 1970-an, dengan permintaan layanan yang semakin tinggi untuk setiap tahun. Karena semakin banyak orang terlibat dalam olahraga dan menerima cedera olahraga, ada permintaan yang lebih besar untuk dokter dengan spesialisasi ini. Sebab banyak atlet tidak ingin berhenti olahraga meski mereka telah mengalami cedera. Dokter spesialis olahraga dan terapis olahraga membimbing para atlet ini tentang bagaimana mereka masih dapat berpartisipasi dalam olahraga sambil melakukan serangkaian perawatan untuk pemulihan cedera yang dialami. 

Seorang dokter kedokteran olahraga memiliki pelatihan khusus yang signifikan dalam perawatan dan pencegahan penyakit dan cedera. Mereka secara ideal cocok untuk memberikan perawatan medis yang komprehensif bagi para atlet, tim olahraga atau individu aktif yang hanya ingin mempertahankan gaya hidup sehat. Dokter kedokteran olahraga mengkhususkan diri dalam kedokteran olahraga non-bedah dan melayani sebagai dokter tim olahraga dan kerap dibutuhkan dalam pesta olahraga tingkat nasional maupun internasional. 

Baca Juga: 4 Gaya Hidup Sehat Ala Atlet yang Bisa Ditiru 

Pelatihan yang Dibutuhkan untuk Bisa Menjadi Dokter Spesialis Olahraga

Beberapa syarat yang harus dipenuhi jika seorang dokter ingin menjadi dokter spesialis olahraga, antara lain:

  • Bersertifikat dalam Pengobatan Darurat, Kedokteran Keluarga, Obat Penyakit Dalam, Pediatri atau Kedokteran Fisik/Rehabilitasi.

  • Telah memperoleh satu atau dua tahun pelatihan beasiswa tambahan dalam Kedokteran Olahraga.

  • Telah lulus ujian sertifikasi Kedokteran Olahraga nasional yang memungkinkan mereka memiliki Sertifikat Kualifikasi Tambahan dalam Kedokteran Olahraga.

  • Berpartisipasi dalam melanjutkan kegiatan pendidikan kedokteran dan sertifikasi ulang melalui pemeriksaan ulang setiap 10 tahun. Proses ketat ini dilembagakan untuk membedakan Dokter Kedokteran Olahraga bersertifikat dari dokter lain tanpa pelatihan khusus.

  • Pemimpin tim Kedokteran Olahraga mencakup dokter spesialis dan ahli bedah, pelatih atletik, terapis fisik, pelatih, personel lain, dan atlet.

Baca Juga: Olahraga Bisa Mencegah Otak Menyusut, Masa Sih?

Di Mana Biasanya Mereka Bekerja?

Kebanyakan dokter kedokteran olahraga memiliki klinik praktik pribadi mereka sendiri di mana mereka melihat pasien dan bekerja dengan perawat, asisten kantor, dan personel lainnya.

Beberapa dokter memilih untuk bermitra dengan dokter lain untuk membuat praktik bersama, sementara yang lain bekerja di bawah dokter lain. Beberapa dipekerjakan oleh rumah sakit. Lainnya dipekerjakan oleh universitas baik sebagai profesional medis, profesor, atau peneliti. Beberapa juga menemukan pekerjaan dengan tim olahraga profesional.

Kebanyakan dokter merasa nyaman dengan pekerjaan yang mereka, dan mereka tidak merasa stres pada sebagian besar waktu seperti halnya para dokter yang bekerja di unit gawat darurat. Bahkan, dokter kedokteran olahraga dianggap sebagai profesi yang paling tidak stres dari semua jenis dokter spesialis.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu tahu mengenai dokter spesialis olahraga. Jika suatu hari, kamu atau orang terdekat mengalami cedera akibat olahraga, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat untuk meminimalisir risiko. Kini kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!