• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

Apa Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Pada umumnya, setiap orang harus tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya yang seharian sudah beraktivitas. Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh agar dapat kembali beraktivitas dengan maksimal. Meski begitu, banyak orang yang belum tahu posisi tidur yang baik agar berdampak baik untuk kesehatannya.

Faktanya, posisi tidur dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kualitas dari istirahat tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa posisi tidur yang baik untuk dilakukan setiap beristirahat di malam hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa posisi yang dapat dilakukan beserta penjelasannya!

Baca juga: Inilah Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Kamu mungkin memiliki posisi tidur favorit yang dipilih setiap malam, meski terkadang mengubahnya sesekali. Posisi tidur yang kamu anggap nyaman mungkin saja ternyata tidak membuat tubuh lebih baik saat bangun di pagi hari. Kamu mungkin saja mengalami sakit leher atau punggung karena masalah posisi tersebut.

Bahkan, seseorang yang tidak mengaplikasikan posisi tidur yang baik juga dapat mengalami masalah terhadap saluran udara ke paru-paru. Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah tidur, seperti apnea tidur obstruktif. Disebutkan juga jika posisi tidur yang salah dapat menyebabkan racun keluar dari otak dengan lebih lambat.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa posisi yang baik untuk diterapkan setiap tidur guna menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa posisi tersebut:

1. Posisi Tidur Menyamping

Salah satu posisi tidur yang baik dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga adalah menyamping. Posisi cukup direkomendasikan untuk dilakukan setiap malam, terutama jika miring ke kiri. Hal ini dapat mengurangi dengkuran yang timbul, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengurangi timbulnya mulas pada perut.

Meski begitu, belum tentu tidak ada efek buruk dari tidur dengan posisi ini. Posisi tidur ini dapat menyebabkan kekakuan pada bahu bahkan pada bagian tubuh lainnya. Diketahui juga jika tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan timbulnya kerutan. Maka dari itu, perlu adanya posisi alternatif lain agar efek buruk tersebut dapat dihindari.

Baca juga: Pengidap Maag Butuh 4 Posisi Tidur yang Tepat

2. Telentang

Posisi tidur lainnya yang baik untuk dilakukan setiap malam adalah telentang. Banyak manfaat kesehatan yang dapat diberikan saat kamu tidur dalam posisi ini. Telentang disebut-sebut dapat melindungi tulang belakang dan membantu untuk meredakan nyeri pinggul serta lutut. Posisi ini dapat menjaga tubuh untuk tetap sejajar di atas tulang belakang, sehingga mengurangi tekanan yang dapat terjadi pada punggung atau sendi.

Meski begitu, posisi ini tidak cocok pada seseorang yang memiliki masalah apnea tidur ketika napas tiba-tiba berhenti. Selain itu, telentang juga akan sulit untuk dilakukan pada seseorang yang memiliki masalah pada punggung. Maka dari itu, meski telentang baik untuk digunakan setiap tidur, tetapi penyesuaian pada kesehatan tubuh juga perlu dilakukan.

3. Tengkurap

Sedikit orang yang tidur dengan posisi tengkurap karena kerap merasa tidak nyaman. Meski begitu, posisi tidur yang membuat perut di bawah ini baik untuk seseorang yang memiliki masalah mendengkur atau apnea tidur. Walau begitu, posisi ini dapat menyebabkan seseorang sakit leher dan punggung. Karena itu, kamu mungkin merasa sakit pada otot dan perasaan lelah. Namun, kamu dapat mengakalinya dengan menempatkan bantal di perut bagian bawah agar rasa sakit pada punggung berkurang.

Itulah beberapa posisi tidur yang baik untuk dilakukan setiap malam. Kamu benar-benar harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan penyakit yang sedang dialami. Jangan sampai posisi yang dianggap baik malah berbalik menyebabkan dampak yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Serba Salah, Coba 5 Posisi Tidur Ini Saat Maag Kambuh

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait posisi tidur yang baik untuk dilakukan setiap malam. Kamu dapat memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan interaksi tersebut. Tunggu apa lagi, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Best Sleeping Positions for a Good Night’s Sleep.
On Health. Diakses pada 2020. Sleep: What Are the Best Sleeping Positions?