• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Manfaat Madu untuk Kecantikan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Manfaat Madu untuk Kecantikan?

Apa Saja Manfaat Madu untuk Kecantikan?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Januari 2022

“Dihasilkan melalui proses yang unik, ada sejumlah manfaat madu untuk kecantikan. Mulai dari melembapkan, mencerahkan kulit, hingga mencegah penuaan dini. Pilihlah madu yang mentah dan tidak dipasteurisasi yang memiliki khasiat yang besar.”

Apa Saja Manfaat Madu untuk Kecantikan?

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya enak dan sehat untuk dikonsumsi, madu juga sering digunakan dalam banyak produk kecantikan. Kamu mungkin bisa menemukan kandungan zat yang dihasilkan oleh lebah tersebut pada masker wajah, sampo, lotion, lip balm dan masih banyak lagi.

Secara alami, madu terbuat dari aktivitas enzim, materi tanaman dan bakteri hidup yang bersatu dan menciptakan bahan dengan banyak kegunaan praktis. Nah, proses unik yang menghasilkan madu itulah yang membuatnya bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kecantikan. Madu mentah yang tidak dipasteurisasi berpotensi memberi khasiat besar bila diaplikasikan secara topikal pada kulit. Yuk, ketahui apa saja manfaat madu untuk kecantikan di sini.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Berikut ini manfaat kecantikan yang bisa kamu dapatkan dengan mengaplikasikan madu pada wajah:

  1. Melembapkan Wajah

Kandungan gula dalam madu bisa meningkatkan kadar air dan mengatasi kekeringan pada kulit wajah, bahkan setelah dibersihkan. Oleskan madu mentah pada wajah sebagai masker untuk melembapkan dan menghidrasi kulit, sehingga wajah menjadi lembut dan bercahaya.

  1. Mencerahkan Kulit

Madu juga bisa membantu mengelupaskan kulit wajah (eksfoliasi). Hal itu karena madu mentah bisa mengkristal setelah beberapa saat dan butiran kecil yang dihasilkan bisa menjadi scrub yang lembut untuk kulit wajah. Dengan begitu, bahan alami tersebut bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah kamu lebih cerah dan bercahaya.

  1. Membuat Awet Muda

Manfaat madu lainnya adalah mencegah atau memperlambat penuaan. Hal itu karena bahan alami tersebut bisa meningkatkan produksi kolagen.

  1. Membantu Mengatasi Jerawat

Madu mengandung anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat. Selain itu, sifat antibakterinya juga bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat, terutama yang mengandung propolis.

Itulah manfaat madu untuk kecantikan. Bila kamu mengalami masalah tertentu pada kulit wajah, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter kulit bisa memberikan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
Women’s Health. Diakses pada 2022. 12 Ways Honey Can Up Your Beauty Game.