• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Fordyce Spots Berbahaya? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Fordyce Spots Berbahaya? Ini Faktanya

Apakah Fordyce Spots Berbahaya? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Agustus 2022

“Fordyce spots adalah munculnya bintik kecil dengan warna putih kekuningan pada area bibir. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, dan lebih berisiko terjadi pada pria.”

Apakah Fordyce Spots Berbahaya? Ini FaktanyaApakah Fordyce Spots Berbahaya? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Selain di bibir, fordyce spots juga bisa muncul pada pipi bagian dalam, bahkan bibir vagina dan penis. Sebenarnya, hal ini tidak berbahaya, tidak menular, tidak memicu munculnya rasa sakit, dan bisa hilang tanpa harus melakukan penanganan khusus. Hanya saja, kemunculannya bisa mengurangi estetika atau kecantikan kulit pada beberapa orang. 

Sebenarnya, dari Mana Asalnya?

Mungkin, kondisi ini tidak disadari munculnya hingga kamu melihat diri di cermin lebih lama. Lalu, bertanya-tanya, dari mana bintik ini berasal? 

Sebenarnya, fordyce spots merupakan kelenjar minyak atau sebasea yang mengalami pembesaran.  Kelenjar minyak biasanya ada di area sekitar kulit yang ditumbuhi rambut. Sementara itu, fordyce spots justru muncul pada area kulit yang tidak ditumbuhi rambut. 

Bintik fordyce umumnya memiliki ukuran antara 1 sampai 3 milimeter, ada pula yang ukurannya lebih besar. Menariknya, bintik ini bahkan sudah muncul sejak lahir. Ukurannya cenderung akan lebih besar ketika memasuki usia pubertas atau remaja, jadi lebih gampang untuk dikenali

Munculnya fordyce spots bisa berjauhan dan tersebar pada kulit, berkumpul pada satu area kulit, serta bisa muncul satu. Kemunculannya bisa lebih sering terjadi pada seseorang dengan kondisi kulit berminyak. 

Fordyce spots memang lebih berisiko terjadi pada pria. Akan tetapi, bukan tidak mungkin kondisi ini juga dialami oleh wanita. Biasanya, area sekitar vagina dan bibir kemaluan lebih rentan terdapat fordyce spots. Sedangkan pada organ reproduksi pria, bintik muncul pada batang penis atau area skrotum. 

Apabila kamu mendapatkan fordyce spots pada bagian tubuh tertentu, sebaiknya kamu tidak menekan atau bahkan mencabutnya. Sebab, hal tersebut justru bisa meningkatkan risiko munculnya luka hingga infeksi pada kulit.

Adakah Cara untuk Menghilangkannya?

Umumnya, fordyce spots bisa membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu tanpa membutuhkan pengalaman khusus. Meski demikian, apabila kamu ingin menghilangkan bintik untuk membantu lebih percaya diri dan meningkatkan penampilan, beberapa cara berikut bisa kamu coba:

  • Menggunakan metode laser

Metode ini banyak dipilih untuk menghilangkan fordyce spots pada mulut. akan tetapi, beberapa orang mengakui bahwa cara ini dapat memicu munculnya bekas pada permukaan kulit.

  • Bedah micro-punch

Metode ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan fordyce spots lebih efektif dan cepat, dengan cara memakai alat medis yang bentuknya seperti pena. Jadi semua jaringan yang tidak terpakai bisa dibuang dan membuat kulit kembali merata.

  • Obat topikal

Obat topikal yang digunakan bisa berupa turunan vitamin A, misalnya isotretinoin oral atau tretinoin topikal. Meski begitu, pemakaiannya tentu harus berdasarkan anjuran dokter. Sebab, obat ini dapat memicu efek samping seperti kulit yang terasa panas atau peradangan. 

Sebenarnya, bintik-bintik kecil ini tidak harus dihilangkan, kok. Sebab, kemunculannya juga bukan pertanda dari suatu masalah kesehatan yang membahayakan nyawa. Jika tidak diamati secara mendetail, bintik ini juga tidak akan terlalu kentara. Namun, apabila kamu hendak melakukan pengobatan, pastikan kamu melakukannya di klinik kecantikan yang tepercaya, ya!

Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk cek klinik kecantikan terdekat, tanya jawab dengan dokter spesialis kulit, dan juga cek semua kebutuhan medis. Pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc, gratis melalui App Store dan Play Store. 

Referensi:
DermNet New Zealand. Diakses pada 2022. Fordyce Spots.
Healthline. Diakses pada 2022. Understanding Fordyce Spots.