• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Cara Menghilangkan Bedbugs di Tempat Tidur

10 Cara Menghilangkan Bedbugs di Tempat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Bedbugs. atau yang lebih dikenal dengan istilah kutu kasur atau tungau tidak bisa diremehkan begitu saja. Adanya hewan tersebut merupakan tanda bahwa tempat tidur kamu tidak terjaga dengan baik kebersihannya. Bukan hanya mengganggumu kutu kasur bisa menjadi sumber penyakit, terutama scabies dan penyakit pada sistem pernapasan.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kutu Rambut Menular

Keberadaannya tidak bisa dibasmi oleh obat serangga atau insektisida. Kutu kasur dapat dengan mudah berpindah pada pakaian, perabot, hingga perlengkapan tidur seperti bantal atau guling. Kutu kasur merupakan salah satu jenis serangga yang meminum darah dan agresif pada malam hari. Tidak menutup kemungkinan jika serangga ini bertelur dan berkembang biak pada kasur yang kotor. Begini cara menghilangkan kutu kasur!

1.Menjemur Kasur

Langkah sederhana yang pertama dalam menghilangkan kutu kasur adalah dengan menjemur kasur. Langkah sederhana ini cukup berpengaruh pada kebersihan kasur. Jangan lupa juga untuk menjemur bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Selama proses penjemuran, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan tungau tidak menyebar ke tempat lain.

2.Cuci dengan Air Panas

Langkah selanjutnya dalam menghilangkan kutu kasur adalah dengan mencuci barang dengan air panas. Kamu dapat mencampur air panas dengan sabun antibakteri, kemudian bersihkan kasur, bantal dan guling. Setelah bersih, keringkan di bawah sinar matahari langsung.

3.Penguapan

Penguapan menggunakan ketel listrik menjadi tahap menghilangkan kutu kasur selanjutnya. Kamu dapat menggunakan ketel listrik, lalu tambahkan selang kecil dan uapkan ke sepanjang jahitan kasur. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela kasur. Usahakan agar semua sudut mendapatkan uap panas.

4.Taburkan Silika Gel

Tahukah kamu jika silika gel dapat menghilangkan kutu kasur? Silika ampuh dalam menghilangkan kutu kasur jika ditaburkan ke seluruh kasur dan kamar. Saat kutu kasur menempel pada silika gel, mereka akan mati dengan sendirinya.

Baca juga: Bumil Terkena Kutu Rambut, Ini Cara Aman Mengatasinya

5.Minyak Tanah dan Kapur Barus

Langkah selanjutnya dalam menghilangkan kutu kasur adalah dengan menggunakan minyak tanah dan kapur barus. Caranya dengan mencampur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini ampuh dalam membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena menggunakan bahan yang mudah didapat.

6.Lilin

Jika kamu memiliki banyak lilin di rumah, bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kasur. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskan cairan lilin yang telah dibakar ke celah tempat kutu kasur. Untuk takarannya sendiri, takaran dapat sesuaikan dengan kebutuhan. Cara alami ini cukup efektif untuk menghilangkan kutu kasur.

7.Insektisida

Langkah selanjutnya, kamu bisa menyemprotkan obat pembasmi nyamuk untuk membasmi kutu atau tungau. Pilih insektisida dengan racun yang tidak terlalu keras.

8.Garam

Langkah selanjutnya, kamu bisa mencampurkan garam dan air, kemudian masukkan ke botol semprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kasur dan area lain yang menjadi sarang kutu kasur. 

9.Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan multifungsi. Cara menghilangkan tungau kasur dengan bahan ini cukup menyemprotkan cuka ke tempat bersarang kutu kasur. Cuka tidak perlu dicampur dengan air, cukup pindahkan larutan cuka ke botol semprot.

10.Kulit Durian

Kulit durian bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur, lho. Bau menyengat dari kulit durian bisa membantu menghilangkan tungau kasur. Caranya dengan dengan meletakkan kulit durian di sarang kutu kasur tersebut.

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu Rambut yang Tidak Segera Dibasmi

Saat kamu mengalami masalah kesehatan akibat kutu kasur, seperti scabies atau gangguan pernapasan, silahkan temui dokter di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Bedbugs.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Bedbugs.