10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2024

“Ada banyak herbal yang dapat membantu meredakan sakit perut bagian bawah, termasuk jahe, chamomile, kunyit, dan daun mint. Tapi, kamu juga bisa mengonsumsi obat untuk meredakan gejalanya seperti Colidan, Tay Pin San, hingga minyak kayu putih yang bisa dibeli di Halodoc.”

10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Meredakan Sakit Perut

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai hal yang menyebabkan sakit perut bagian bawah seperti menstruasi, infeksi saluran kemih, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya. 

Pada beberapa kasus, sakit perut ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kamu tidak nyaman. Meskipun banyak teknologi medis yang berkembang, beberapa orang masih tetap memilih herbal sebagai alternatif pengobatannya. 

Mau tahu apa saja rekomendasi herbal yang dapat membantu meredakan sakit perut? Ini penjelasannya!

Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah

Berikut ini adalah herbal-herbal yang dapat membantu meredakan sakit perut bagian bawah:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri pada bagian perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau menambahkannya ke dalam masakan.

2. Jahe

Tanaman jahe adalah salah satu herbal yang telah teruji selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk sakit perut. Jahe dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan meredakan kram pada perut.

3. Chamomile

Chamomile adalah alternatif herbal untuk meredakan nyeri pada perut bawah. Teh chamomile dapat membantu meredakan peradangan dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Lemon Balm

Lemon balm memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

5. Jintan hitam

Jintan hitam atau black cumin seed dapat membantu meredakan sakit perut karena kandungan thymoquinone-nya yang dapat mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.

6. Peppermint

Peppermint mengandung menthol yang dapat membantu meredakan nyeri perut dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau minyak esensial.

7. Fennel

Fennel dapat membantu meredakan kembung dan meredakan kram pada perut. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau menambahkannya ke dalam masakan.

8. Sage

Sage memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

9. Licorice

Kemudian ada Licorice. Dengan mengonsumsinya dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

10. Cinnamon

Cinnamon dapat membantu meredakan kembung dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat menambahkannya ke dalam masakan atau mengonsumsinya dalam bentuk kapsul.

Namun, perlu diingat bahwa herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi herbal ini.

Rekomendasi Obat untuk Meredakan Sakit Perut

Selain mengonsumsi makanan herbal di atas, kamu juga bisa meminum obat ini untuk meredakan sakit perut, seperti:

1. Colidan 100 mg 10 Kapsul

Colidan adalah salah satu suplemen yang sangat bagus untuk membantu memelihara kesehatan lambung. Obat ini juga sering digunakan sebagai terapi untuk mengobati sakit perut dan tukak lambung. 

Obat sakit perut ini mengandung zat aktif fucoidan yang bekerja dengan meningkatkan ketebalan lapisan lampung, sehingga mampu memberikan perlindungan yang maksimal di lambung akibat kelebihan asam lambung. 

Dewasa dapat mengonsumsi obat ini sebanyak 1 kapsul sehari. Sebelum meminum obat ini, pastikan kamu tidak sedang mendapatkan obat heparin atau warfarin dari dokter. Ini untuk mencegah terjadinya interaksi obat yang tidak diinginkan.

Kisaran harga: Rp85.000 per strip. 

Dapatkan Colidan 100 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cap Lang Minyak Kayu Putih Plus 60 ml

Untuk meredakan sakit perut, kamu juga bisa menggunakan Cap Lang Minyak Kayu Putih Plus. Produk ini juga dapat meredakan sakit perut akibat mual dan kembung. 

Kandungan Cajuput oil dalam produk ini memberikan efek hangat pada tubuh. Kamu juga bisa mengatasi gatal-gatal akibat gigitan nyamuk karena adanya kandungan Natural rhodinol.
Cara pakainya mudah, gosokkan secukupnya pada kening, dada, hidung, atau bagian yang sakit lainnya. 

Rentang harga: Rp18.700 – Rp27.400 per botol.

Dapatkan Cap Lang Minyak Kayu Putih Plus 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Tay Pin San 12 Sachet

Apakah kamu sedang sakit perut yang disertai perut kembung? Nah, Tay Pin San adalah obat sakit perut yang dapat kamu konsumsi. Kamu juga bisa mengonsumsinya untuk mengurangi frekuensi air besar dan memadatkan feses. 

Tay Pin San mengandung bahan herbal alami. Contohnya seperti Vicitis cannabifolia fructus, Alpiniae officinarum rhizoma, Pogostemon cablin herba, Angelica anomala radix, Glycyrrhizae uralensis radix, Citrus chacoensis pericarpium, Citri immaturus exsiccatus fructus, dan masih banyak lagi. 

Cara meminumnya, seduh obat ini dengan 100 ml air hangat. Setelah itu, diaduk dan diminum. Konsumsi obat ini tiga kali sehari dengan takaran dosis 1 sachet untuk dewasa dan ½ sachet untuk anak-anak. 

Rentang harga: Rp41.900 – Rp62.600 per box.

Dapatkan Tay Pin San 12 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Cap Ayam Minyak Kayu Putih 40 ml

Selain Cap Lang, minyak herbal lainnya yang juga berkhasiat untuk meredakan sakit perut adalah Cap Ayam Minyak Kayu Putih. Herbal ini juga ampuh untuk membantu meredakan gejala masuk angin, seperti mual, perut kembung, pusing, dan pegal serta mengurangi nyeri di persendian. 

Cap Ayam adalah herbal yang mengandung minyak kayu putih alami tanpa adanya tambahan bahan kimia lain. Lalu, diperkaya dengan sineol untuk meredakan peradangan sekaligus menghangatkan tubuh. 

Minyak ini bisa digunakan oleh bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Pastikan oleskan secukupnya saja dan jangan terlalu banyak. 

Rentang harga: Rp18.000 – Rp20.200 per botol.

Dapatkan Cap Ayam Minyak Kayu Putih 40 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Cap Gajah Minyak Kayu Putih 60 ml

Pilihan obat untuk meredakan sakit perut terakhir adalah Cap Gajah Minyak Kayu Putih. Minyak ini dibuat dengan minyak kayu putih asli melalui proses penyulingan dari daun dan ranting tanaman kayu putih.  

Produk ini juga dapat membantu melemaskan otot-otot yang pegal, menghangatkan tubuh, mencegah perut kembung, dan menghilangkan gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Cara pakainya, cukup oleskan minyak ini pada bagian yang sakit sesuai kebutuhan.

Rentang harga: Rp20.300 – Rp30.000 per botol.

Dapatkan Cap Gajah Minyak Kayu Putih 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika kamu mengalami sakit perut melilit, ini obat yang bisa dikonsumsi: “Ini 7 Pilihan Obat Sakit Perut Melilit yang Ampuh di Apotek“.

Itulah pilihan herbal dan obat-obatan yang dapat meredakan sakit perut yang sedang kamu alami. Kini, tak perlu keluar rumah lagi untuk membeli obat, kamu bisa beli di Toko Kesehatan Halodoc secara online

Tak sampai 1 jam, obat langsung sampai di rumah kamu. Tenang saja, produknya 100% asli dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
St John & St Elizabeth Hospital. Diakses pada 2024. Home remedies for stomach pain and when you should go to the hospital.
Very Well Health. Diakses pada 2024. 7 Ways to Get Rid of a Stomachache Fast.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan