10 Makanan dan Minuman Pencegah Kanker Otak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Januari 2023

“Kanker otak terjadi ketika sel abnormal berkembang di organ tersebut. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi kacang, buah beri, sayuran berdaun hijau, tomat, kunyit, biji rami, kacang, bawang putih, jeruk, dan ikan.”

10 Makanan dan Minuman Pencegah Kanker Otak10 Makanan dan Minuman Pencegah Kanker Otak

Halodoc, Jakarta – Kanker otak adalah gangguan yang ditandai dengan massa atau pertumbuhan sel abnormal di dalam otak. Masalah ini bisa dimulai dari otak atau bagian tubuh lain yang menyebar ke otak.

Proses pertumbuhan sel abnormal sangat bervariasi. Langkah pengobatannya akan tergantung pada jenis kanker, ukuran, dan lokasinya. Dalam kasus parah, kanker bisa memengaruhi cara kerja sistem saraf.

Untungnya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menurunkan risiko kanker otak. Oleh karena itu, kamu harus lebih sering mengonsumsinya.

Asupan untuk Menurunkan Risiko Kanker Otak

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan risiko kanker otak:

1. Kacang

Kacang mengandung asam folat, vitamin E, niasin, tembaga, fosfor, magnesium, besi, kalium, seng, dan kalsium.

Nutrisi tersebut tak hanya mencegah kanker otak, tapi juga menurunkan potensi kekambuhannya.

2. Buah beri

Buah beri mengandung tinggi antioksidan. Kandungan tersebut dapat mencegah radikal bebas yang memicu stres oksidatif.

Hal tersebut yang berisiko merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

3. Tomat

Tomat mengandung serat, kalium, folat, beta karoten, flavonoid, dan vitamin B serta K.

Buah ini juga mengandung likopen yang mengandung tinggi antioksidan. Kombinasi nutrisi di dalam tomat dapat membantu mencegah sel abnormal kanker.

4. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kol, bayam, selada, kangkung, dan kembang kol dapat mencegah kanker otak.

Di dalam sayuran ini mengandung karotenoid yang dapat mengatasi radikal bebas dan berbagai jenis vitamin, termasuk A, C, dan K.

5. Kunyit

Kunyit termasuk ke dalam jenis rempah yang mengandung beberapa jenis nutrisi. Di antaranya kurkumin, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, dan minyak atsiri.

Salah satu sifat terapeutik dari kunyit, yakni sebagai zat antikanker. Senyawa ini bersifat antiradang dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko kerusakan sel di dalam tubuh.

Jika dikonsumsi rutin, senyawa ini diyakini bisa mencegah mutasi sel abnormal menjadi kanker.

6. Biji rami

Biji rami mengandung serat, protein, magnesium, dan zat besi. Kombinasi dari kandungan tersebut dapat menekan pertumbuhan sel abnormal kanker. Manfaat lainnya, yakni membunuh dan mencegah perkembangannya.

7. Kacang

Kacang-kacangan, seperti kacang almond mengandung protein, karbohidrat, serat, magnesium, fosfor, kalium, dan vitamin E. Makanan ini juga memiliku kandungan lemak sehat dan antioksidan. 

Kombinasi dari nutrisi di atas dapat melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal yang berpotensi menyebabkan perkembangan sel abnormal.

Manfaatnya termasuk mengurangi risiko kanker otak dan berbagai jenis kanker lainnya.

8. Bawang putih

Bawang puting mengandung serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium dan antioksidan.

Di dalamnya juga terkandung allicin, yakni senyawa organosulfur yang dapat membunuh sel abnormal kanker di dalam tubuh.

9. Buah jeruk

Buah jeruk mengandung tinggi vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi jeruk keprok, lemon, dan limau.

10. Ikan 

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko kanker. Nutrisi tersebut berperan sebagai antiinflamasi dan menghambat angiogenesis.

Angiogenesis adalah pembentukan pembuluh darah yang berperan penting dalam penyebaran sel kanker.

Sederhananya, makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain mengonsumsi asupan di atas, kamu juga disarankan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Beberapa caranya bisa dilakukan dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi multivitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Langkah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah paparan mikroorganisme penyebab penyakit.

Jika mengalami keluhan kesehatan, silakan buat janji temu dengan dokter di rumah sakit dan janji medis untuk mendapatkan perawatan.

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya dengan download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2023. World Brain Tumour Day 2022: 11 Superfoods To Reduce Risk.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Brain tumor.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan