10 Penyebab Tangan Kesemutan yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Mei 2023

“Tangan kesemutan adalah gejala yang umum dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Cari tahu penyebabnya agar bisa ditangani dengan tepat.”

10 Penyebab Tangan Kesemutan yang Perlu Diketahui10 Penyebab Tangan Kesemutan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Tangan kesemutan adalah kondisi di mana seseorang mengalami sensasi mati rasa, kesemutan, dan kelemahan pada tangan. Penyebab tangan kesemutan sangat bervariasi.  

Termasuk tekanan saraf yang terjepit, gangguan sirkulasi, kerusakan saraf, atau kondisi medis yang mendasari seperti sindrom terowongan karpal, diabetes, atau gangguan tiroid. 

Ketika tangan kesemutan terjadi, seseorang mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan tugas sehari-hari. Untuk mengatasi tangan kesemutan, penting untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya dan mencari perawatan yang sesuai.

Apa Penyebab Tangan Kesemutan?

Ada beberapa hal yang mungkin dapat memicu tangan kesemutan, dan penting untuk mengetahui faktor-faktor ini untuk mengatasi masalah ini dengan lebih baik. 

Berikut adalah beberapa penyebab tangan kesemutan yang perlu kamu ketahui:

1. Tekanan pada Saraf

Tekanan yang berlebihan pada saraf tangan dapat mengakibatkan sensasi kesemutan. Hal ini dapat terjadi akibat posisi tidur yang salah, penggunaan alat atau perangkat yang berat secara berlebihan, atau menggenggam benda dalam waktu yang lama.

2. Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome adalah kondisi di mana saraf median di pergelangan tangan terjepit atau terganggu. Ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan rasa sakit pada tangan. 

Beberapa faktor risikonya meliputi pekerjaan yang membutuhkan gerakan repetitif, cedera pada pergelangan tangan, dan kondisi medis seperti arthritis.

3. Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi pada pengidap diabetes dapat merusak saraf dan menyebabkan tangan kesemutan. Gejala ini sering kali muncul sebagai komplikasi dari penyakit ini yang tidak terkontrol dengan baik. 

Pengendalian gula darah melalui diet sehat, olahraga teratur, dan pengobatan yang tepat dapat membantu mengurangi gejala tangan kesemutan.

4. Cedera

Cedera pada tangan, seperti patah tulang atau dislokasi, dapat memicu kerusakan saraf dan menghasilkan sensasi mati rasa.

5. Defisiensi Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dalam tubuh dapat memicu masalah neurologis, termasuk kesemutan dan mati rasa pada tangan.

6. Gangguan Sistem Saraf

Beberapa gangguan sistem saraf, seperti neuropati perifer atau multiple sclerosis, dapat menyebabkan kesemutan pada tangan.

7. Gangguan Vaskular

Masalah vaskular, seperti penyempitan pembuluh darah atau penyakit vaskular perifer, dapat mempengaruhi aliran darah ke tangan dan menyebabkan kesemutan.

8. Gangguan Tiroid

Ketidakseimbangan hormon tiroid, baik hipertiroidisme (produksi hormon tiroid berlebihan) maupun hipotiroidisme (produksi hormon tiroid kurang), dapat menjadi pemicu gejala kesemutan pada tangan. 

9. Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Salah satu gejala umum dari MS adalah kesemutan atau mati rasa pada tangan dan ekstremitas lainnya. 

10. Sindrom Guillain-Barré

Sindrom Guillain-Barré adalah gangguan langka yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf. Kesemutan pada tangan dan kaki adalah salah satu gejala yang mungkin muncul. 

Lebih lanjut mengenai penyebab tangan kesemutan, bisa kamu baca dalam artikel ini → Sering Alami Kesemutan, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Ini

Jika kamu mengalami tangan kesemutan yang berkelanjutan atau berulang, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat mendiagnosis penyebab yang mendasarinya dan memberikan penanganan yang sesuai.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Causes Numbness in Hands?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Numbness in Hands.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan