• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Ras Anjing yang Cocok untuk Menemani Berolahraga

10 Ras Anjing yang Cocok untuk Menemani Berolahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu termasuk yang memiliki gaya hidup aktif atau suka berolahraga? Jika iya, tahukah kamu bahwa ada beberapa ras anjing yang cocok untuk menemani berolahraga? Ya, setiap ras anjing punya karakter dan kecenderungan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya bisa dibilang cukup aktif dan bisa menemani kamu berolahraga.

Berjalan, jogging, bersepeda, hiking, dan berenang dengan anjing adalah beberapa contoh kegiatan olahraga menyenangkan yang dapat kamu lakukan. Lantas, ras anjing apa saja yang cocok untuk menemani berolahraga? Simak pembahasannya setelah ini, ya.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Ini Ras Anjing yang Aktif dan Bisa Menemani Berolahraga

Ada beberapa ras anjing yang tergolong aktif dan bisa menemani kamu berolahraga. Berikut ini di antaranya:

1.Pembroke Welsh Corgi

Corgi mungkin memiliki tubuh yang pendek, tetapi ototnya kuat. Hal ini membuatnya bisa bergerak cepat, dan pada Abad Pertengahan sering dimanfaatkan untuk menggembalakan sapi dan domba. Corgi cocok untuk diajak jalan-jalan, jogging ringan, dan bermain kejar-kejaran.

2.Jack Russell Terrier

Jika kamu menginginkan anjing yang benar-benar tidak kenal lelah, pertimbangkan Jack Russell Terrier. Mereka punya energi yang tak terbatas dan selalu bersemangat. Meski mereka mungkin tidak ideal untuk lari intens, mereka cocok dijadikan teman untuk berolahraga bersama, dengan bermain kejar-kejaran dan sekadar mencoba mengikutinya. 

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

3.Labrador Retriever

Labrador Retriever selalu dipenuhi dengan antusiasme untuk setiap aktivitas yang mereka lakukan. Mereka akan menjadi pasangan yang sempurna untuk berburu, memancing, atau mendaki. Anjing ini juga sering dipelihara untuk menangkap hewan buruan, karena mereka sangat mudah dilatih. 

4.Vizsla

Berasal dari suku pemburu Asia yang disebut Magyar sekitar 1.500 tahun yang lalu, anjing cantik dengan warna tembaga ini tangguh dan siap untuk latihan apa pun yang kamu berikan padanya. Namun, mereka paling suka lari cepat, sehingga paling cocok dijadikan teman lari jarak jauh. 

5.Siberian Husky

Siberian Husky memiliki daya tahan yang luar biasa untuk terus melewati kondisi yang sulit. Karena punya bulu yang tebal, anjing jenis ini paling cocok untuk menemani saat melakukan olahraga cuaca dingin, seperti ski lintas alam. Anjing ini juga cocok menemani lari jarak jauh dalam berbagai cuaca.

6.Golden Retriever

Seperti Labrador Retriever, Golden Retriever memiliki banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Mendaki, berenang, atau jogging, semuanya bisa kamu lakukan bersama anjing ini. 

7.English Springer Spaniel

English Springer Spaniels awalnya dibiakkan pada tahun 1600-an untuk mendeteksi, menyiram, mengarahkan, dan mengambil kembali burung dalam segala jenis kondisi cuaca, dan hari ini, para pemburu masih menyukainya. Energi tak terbatas dari anjing ini juga membuatnya sangat cocok menemani jalan-jalan, bermain kejar-kejaran, dan bahkan berenang. 

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

8.Weimaraner

Dikenal karena kaki mereka yang panjang dan bulu abu-abu yang tipis, Weimaraner tidak hanya cantik. Mereka juga pemburu yang tidak kenal takut dan kompetitif dalam olahraga, terutama yang mengandalkan kelincahan. Dengan kemampuan untuk mencapai kecepatan tinggi dan bulu yang pendek, Weimaraner juga ideal untuk menemani lari jarak jauh. 

9.Dalmatian

Memiliki tubuh kurus dan berotot, menunjang gaya hidup aktif Dalmatian. Anjing ini memiliki kaki belakang yang kuat untuk lari dan hiking jarak jauh. Mereka juga merupakan suka bersenang-senang dan sangat ramah, jadi Dalmatians akan rukun dengan siapa pun.

10.Border Collie

Border Collie adalah anjing yang bisa dibilang agak “gila kerja”. Mereka memiliki dorongan untuk bekerja tanpa henti sampai pekerjaan selesai. Meski tubuhnya kurang menunjang untuk melakukan lari jarak jauh, anjing ini penuh energi, dan cocok untuk kamu yang punya gaya hidup aktif.

Itulah beberapa ras anjing yang cocok untuk menemani berolahraga. Punya pertanyaan seputar kesehatan dan perawatan anjing? Tenang, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Health. Diakses pada 2021. 15 Best Dog Breeds for Active People.
The American Kennel Club. Diakses pada 2021. 10 Active Dog Breeds That Will Help You Stay Fit.