• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Halodoc, Jakarta - Ketika memelihara anjing, kamu mungkin akan menganggapnya sebagai bagian dari keluarga. Jadi, pastinya sebisa mungkin kamu akan memberikan yang terbaik untuknya, termasuk dalam hal makanan. Selain membeli makanan kemasan, kamu sebenarnya bisa kok membuat makanan anjing di rumah, yang tentunya bernutrisi.

Tips Membuat Makanan Anjing di Rumah

Sama halnya seperti menyiapkan makanan untuk anggota keluarga lainnya, membuat makanan anjing di rumah juga butuh upaya, ketelitian memilih bahan baku, serta pengolahan yang benar. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu jika kamu ingin membuat makanan anjing di rumah:

1.Cari Resep Terbaik

Banyak resep makanan anjing yang kekurangan nutrisi tertentu, terutama zat besi, tembaga, kalsium, dan seng. Para peneliti dari University of California, Davis, School of Veterinary Medicine menguji 200 resep, dan menemukan sebagian besar resep kekurangan beberapa nutrisi penting.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Jennifer Larsen, DVM., PhD., Associate Professor of Clinical Nutrition di Rumah Sakit Pendidikan Kedokteran Hewan UC Davis, mengatakan bahwa cara terbaik untuk memastikan resep memiliki apa yang diperlukan adalah memilih yang dibuat oleh seorang ahli dengan pelatihan nutrisi anjing.

Misalnya, ahli gizi hewan bersertifikat atau ahli gizi hewan terlatih, dengan pengalaman membuat makanan hewan. Terkait hal ini, kamu bisa coba bicarakan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, agar bisa mendapatkan arahan terbaik. Terlebih jika anjing kamu memiliki masalah kesehatan tertentu yang mungkin memerlukan diet khusus.

2.Hindari Bereksperimen

Sebaiknya, hindari bereksperimen ketika membuat makanan anjing di rumah. Jika sudah mendapatkan resep terbaik, ikutilah. Mengubahnya tanpa berdiskusi lagi dengan dokter hewan mungkin dapat mendatangkan efek yang tidak diinginkan. 

Jangan pula mengganti suatu bahan dalam resep dengan bahan lain yang tampak serupa. Misalnya, minyak jagung, kanola, dan minyak kenari menyediakan asam lemak esensial tertentu yang tidak dimiliki minyak zaitun dan minyak kelapa. Dengan melakukan pertukaran, kamu justru bisa membuat kandungan nutrisi yang seharusnya didapatkan anjing jadi hilang.

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

3.Masak Produk Hewani hingga Matang

Sama halnya seperti manusia, anjing juga bisa terkena infeksi atau penyakit dari bakteri dalam makanan yang terkontaminasi. Jadi, jika kamu ingin membuat makanan anjing di rumah, pastikan untuk memasak produk hewani hingga matang, ya.

Pedoman Nutrisi untuk Makanan Anjing

Sama seperti manusia, setiap anjing berbeda. Jadi, kebutuhan nutrisi dan jenis makanan yang perlu diberikan pun bisa berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan anjing, usia, dan tingkat aktivitas. Namun, secara umum ada enam nutrisi dasar yang dibutuhkan anjing untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat, yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. 

Campuran semua nutrisi tersebut dapat memberikan energi bagi tubuh anjing untuk bermetabolisme dan tumbuh. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang perlu dipenuhi anjing, yang bisa jadi pedoman membuat makanan anjing di rumah:

  • Protein, untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel, jaringan, organ, antibodi, hormon dan enzim. Bisa didapatkan dari ayam, domba, kalkun, daging sapi, ikan dan telur yang dimasak.
  • Lemak, untuk membantu penyerapan vitamin tertentu, melindungi dan mengisolasi organ dalam dan meningkatkan pertumbuhan kulit dan rambut yang baik. Bisa didapatkan dari minyak dan daging.
  • Karbohidrat, untuk menjaga kesehatan usus dan memasok glukosa ke organ-organ penting, termasuk otak. Bisa didapatkan dari beras, jagung dan kacang-kacangan.
  • Mineral, termasuk kalsium, kalium, natrium, magnesium, besi, seng, dll. Bermanfaat untuk tulang dan gigi yang sehat.
  • Vitamin A, B, C, D, E dan K. Dapat meningkatkan penurunan berat badan, kesehatan mata dan kulit, kekebalan dan banyak lagi.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Selain makanan yang bernutrisi seimbang, penting juga untuk memastikan asupan air anjing tercukupi. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada anjing.

Referensi:
Fetch by WebMD. Diakses pada 2020. Make Homemade Dog Food.
Canine Journal. Diakses pada 2020. Kiss Kibble Goodbye: Homemade Dog Food Recipes.