7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel yang Mudah dan Efektif

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 November 2023

“Cara menghilangkan ketombe yang kamu bisa lakukan adalah antara lain mengaplikasikan minyak kelapa, baking soda, atau sari cuka apel ke kulit kepala.”

7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel yang Mudah dan Efektif7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel yang Mudah dan Efektif

Halodoc, Jakarta Ketombe adalah kotoran yang berada pada permukaan kulit kepala. Teksturnya seperti serpihan yang berwarna putih atau kuning.

Meski tak menular, masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri pengidapnya sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe yang efektif.

Ketombe adalah gangguan yang umumnya terjadi saat masa pubertas dan mencapai puncaknya di usia 20 tahunan. Risikonya juga rentan terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Efektif

Ketombe tak hanya menurunkan rasa percaya diri. Masalah ini juga menimbulkan rasa gatal berlebihan, sehingga muncul keinginan ingin terus menggaruk.

Di bawah ini beberapa trik dan cara menghilangkan ketombe:

1. Sampo anti ketombe

Jika kamu memiliki jenis rambut yang mudah berminyak, maka sebaiknya rutin keramas untuk mengatasi masalah ketombe. Dengan cara ini, sel-sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala bisa terangkat. 

Namun, bukan berarti kamu harus keramas setiap hari, ya. Keramas terlalu sering justru menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan masalah ketombe akan semakin parah. 

Saat keramas, gunakan sampo anti ketombe yang mengandung zink pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida.

Sampo ini juga mampu meredakan gatal pada kulit kepala akibat ketombe. 

Lantas, bagaimana jika ketombe tetap muncul walaupun sudah ganti sampo? Menurut American Academy of Dermatology, kamu bisa menggunakan sampo anti ketombe secara bergantian dengan bahan aktif yang berbeda.

2. Minyak kelapa

Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa melalui minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih.

Tak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membuat kulit kepala tetap lembap dan terawat.

Jika kamu ingin mengetahui manfaat lainnya dari minyak kelapa, coba simak dalam 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut.

3. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh efektif membantu mengatasi ketombe membandel. Bahan alami ini bekerja dengan mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan meredakan gatal. 

Untuk menggunakannya, campurkan beberapa tetes tea tree oil murni dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Lalu, keramas seperti biasa. Namun, pastikan kamu tidak alergi dengan minyak ini, ya.

Untuk memastikannya, oleskan sedikit tea tree oil pada kulit lengan dan tunggu reaksinya dalam 24 jam. Jika terlihat memerah, segera hentikan penggunaannya. 

Untuk meminimalisir kemunculan ketombe, klik artikel ini untuk mengetahui 6 Kebiasaan Ini Sebabkan Ketombe Mudah Datang.

4. Cuka sari apel

Manfaat cuka sari apel dalam mengatasi ketombe tercatat dalam studi yang berjudul Growth inhibition of a phytopathogenic fungus, Colletotrichum species by acetic acid pada Microbiology Research.

Jurnal tersebut menyebutkan, sifat antijamur dalam cuka sari apel dapat mencegah beberapa munculnya jamur penyebab ketombe. Selain itu, terdapat kandungan asam yang dapat membantu mengembalikan pH kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan ½ cangkir cuka sari apel dan 1 ½ cangkir air dingin. Aplikasikan ke seluruh kulit kepala. Kemudian bilas dengan air biasa dan oleskan kondisioner.

5. Mengonsumsi probiotik

Probiotik tak hanya mampu memelihara kesehatan sistem pencernaan saja. Nutrisi di dalamnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk dalam melawan infeksi jamur penyebab ketombe.

Caranya, kamu bisa mengonsumsi yoghurt, tempe, kimchi, dan kombucha untuk mengurangi keparahan ketombe.

Meski terbilang ampuh, cara menghilangkan ketombe menggunakan probiotik masih perlu penelitian lebih lanjut.

6. Makanan sehat bergizi seimbang

Makanan yang dapat menurunkan keparahan ketombe adalah zink dan vitamin B.

Selain itu, asupan omega-3 juga penting untuk meningkatkan nutrisi dan mengurangi peradangan kulit kepala pada pengidap ketombe.

7. Masker air lemon

Di dalam lemon terdapat semua nutrisi penting yang mampu menunjang kesehatan rambut. Di antaranya, vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi. Kandungan itu dapat mengatasi ketombe dengan menyeimbangkan pH kulit kepala.

Selain beberapa kandungan itu, terdapat asam sitrat sebagai pengatur pH alami kulit kepala.

Fakta tersebut terlampir pada jurnal Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know? pada Indian Journal of Dermatology.

Artinya, dengan menggunakan air lemon, kandungan di dalamnya dapat menyesuaikan pH kulit kepala hingga 5.5. Manfaatnya tak hanya mengatasi ketombe, tapi juga mencegah reaksi peradangan kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengaplikasikan 2 sendok teh air perasan lemon ke kulit kepala. Diamkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami di atas? Temukan informasi menarik lainnya seputar kesehatan kulit hanya di Halodoc.

Jika kamu mengalami Ketombe Tak Kunjung Hilang, Dokter Kulit Ini Bisa Bantu Pengobatan di Halodoc untuk mendapatkan saran perawatan yang tepat, ya!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Is Dandruff? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Healthline. Diakses pada 2023. 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2023. How to Treat Dandruff.
Indian Journal of Dermatology. Diakses pada 2023. Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know? 
Microbiology Research. Diakses pada 2023. Growth inhibition of a phytopathogenic fungus, Colletotrichum species by acetic acid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan