• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 14 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Trimester 1
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 14 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Trimester 1

14 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Trimester 1

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 05 Januari 2022
14 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Trimester 1

"Di trimester pertama ibu hamil mengalami transformasi, baik secara fisik maupun emosional. Supaya ibu dan calon bayi dalam kondisi sehat, ada beberapa makanan yang harus dihindari. Di antaranya adalah kerang, telur mentah, nanas, ikan yang mengandung merkuri, dan lainnya."

Halodoc, Jakarta – Trimester pertama adalah fase paling awal kehamilan yang membuat ibu hamil mengalami transformasi, baik secara fisik maupun emosional. Mengetahui perubahan-perubahan yang akan dialami dapat membantu bumil menjalani kehamilan dengan lebih matang. 

Salah satu perubahan yang signifikan terjadi pada trimester pertama adalah perubahan selera makan. Bumil mungkin menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indra perasa mungkin berubah. Bumil cenderung akan menyukai jenis makanan tertentu dan membenci yang lainnya. Namun, perlu diketahui kalau tidak semua makanan yang disukai bisa dikonsumsi selama kehamilan pertama.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Mengidam makanan adalah hal yang wajar selama kehamilan, tetapi penting untuk memastikan bahwa bumil tidak melupakan tujuan nutrisi saat akan mengonsumi makanan tersebut. Ada beberapa makanan yang dilarang dimakan selama kehamilan, terutama trimester pertama, yaitu:

1. Ikan yang mengandung merkuri, seperti ikan todak, king mackerel, dan hiu.

2. Kerang dan telur mentah atau setengah matang.

3. Daging dan unggas mentah.

4. Susu yang tidak dipasteurisasi.

5. Keju lunak seperti keju brie, feta, atau keju biru yang tidak dipasteurisasi.

6. Kecambah mentah.

7. Buah dan sayur yang tidak dicuci bersih.

8. Pepaya.

9. Nanas.

10. Anggur hitam.

11. Terong.

12. Kubis dan selada.

13. Kafein berlebih.

14. Terlalu banyak makanan manis, seperti makanan penutup dan minuman manis.

Ibu hamil disarankan untuk menjaga pola makan selama kehamilan. Menjaga pola makan sehat selama awal kehamilan termasuk konsumsi vitamin yang seimbang serta mineral dan nutrisi lainnya yang tepat. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Pilih pilihan makanan sehat seperti salad, sup, buah-buahan, dan sayuran kukus setiap kali merasa lapar di sela waktu makan atau saat ngemil, alih-alih mengonsumsi produk kemasan.

2. Minum banyak air dan cairan lain agar tetap terhidrasi.

3. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin prenatal dan suplemen asam folat setiap hari.

4. Hindari alkohol dan kurangi asupan kafein.

5. Tetap aktif dan berolahraga secukupnya, tergantung pada kondisi kesehatan 

6. Jangan lewatkan janji dengan dokter atau pemeriksaan terjadwal.

Ibu punya pertanyaan lain mengenai kehamilan? Tanyakan saja langsung ke dokter di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Mengenal Fase Kehamilan

Kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu dan tubuh calon ibu wanita mengalami banyak perubahan selama 12 minggu pertama kehamilan. Ada beberapa kekhawatiran yang umum dialami bumil mulai dari: 

1. Jenis makanan yang dikonsumsi.

2. Jenis tes prenatal apa yang sebaiknya dipertimbangkan.

3. Berapa banyak kenaikan berat badan yang normal .

4. Bagaimana memastikan bayinya tetap sehat.

Memahami proses kehamilan dapat membantu ibu hamil membuat keputusan berdasarkan informasi dan mempersiapkan perubahan besar yang akan datang. Kehamilan mungkin membuat bumil merasa senang, cemas, gembira, dan lelah. Intinya ada banyak emosi yang campur aduk.

Wajar untuk mengkhawatirkan kesehatan bayi, melakukan penyesuaian dengan peran sebagai orangtua, dan tuntutan finansial untuk membesarkan anak. Jika ibu bekerja, ibu juga mungkin khawatir tentang bagaimana menyeimbangkan tuntutan keluarga dan karier. 

Ibu mungkin juga mengalami perubahan suasana hati, tetapi yang ibu rasakan itu normal. Karenanya, jaga diri dan bicarakan apa yang ibu rasakan dengan pasangan. Jika suasana hati berubah menjadi parah atau intens, segera diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. First Trimester of Pregnancy
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pregnancy week by week
Healthline. Diakses pada 2022. The First Trimester of Pregnancy
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. Guide to First Trimester Diet: Foods to Eat and Avoid