Trimester 1

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

 

Pengertian Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama adalah masa awal kehamilan yang dimulai pada usia janin 1 minggu - hingga 13 minggu. Pada trimester ini, kebanyakan ibu hamil mengalami morning sickness alias mual berulang. Jika setelah berhubungan intim kamu telah datang bulang, setidaknya lebih dari seminggu, jangan ragu berbicara dengan dokter kandungan. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal kehamilan, apalagi bila disertai gejala fisik lain seperti perubahan suasana hati, kram bawah perut, sering buang air kecil, perubahan payudara, sakit kepala, sembelit, dan perdarahan.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil Saat Trimester Pertama

Meski baru trimester pertama, ibu hamil sudah mulai mengalami beberapa perubahan tubuh. Di antaranya meliputi:

1. Nyeri Payudara

Perubahan payudara menjadi tanda awal kehamilan. Biasanya, payudara terasa lebih lembut, nyeri, dan sensitif sehingga terasa sakit saat disentuh. Kondisi ini dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh, sebagai persiapan diri untuk menghasilkan ASI setelah persalinan. Ukuran payudara juga membesar, lebih berat, dan terasa penuh. Sebagian ibu hamil mungkin memerlukan bra baru dengan ukuran lebih besar agar nyaman saat dipakai.

2. Ukuran Perut Membesar

Ciri khas ibu hamil adalah perutnya yang membesar. Sebagian ibu hamil sudah bisa melihat perubahan ukuran perut pada trimester pertama kehamilan, meski sebagian yang lain belum.

3. Perubahan Kulit

Kulit ibu hamil biasanya lebih bercahaya atau glowing. Jadi, nggak heran kalau kebanyakan ibu hamil terlihat lebih cerah, segar, dan cantik. Kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon kehamilan dan peningkatan sirkulasi darah di bawah kulit. Hormon kehamilan merangsang produksi minyak berlebihan, sehingga kulit menjadi lebih lembab. Itu mengapa sebagian ibu hamil rentan berjerawat.

Perubahan kulit lainnya adalah kemunculan stretch mark di area paha, pantat, perut, dan dada. Garis gelap juga rentan muncul, membentang mulai dari pusar sampai ke rambut kemaluan, disebut linea nigra. Bercak berwarna lebih gelap pada kulit (melasma) berpotensi muncul di pipi, dahi, dan hidung.

4. Pembuluh Darah Vena Terlihat

Akibat peningkatan volume darah, sehingga jantung memompa darah lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan kehamilan. Pembuluh darah vena yang berwarna biru bisa terlihat di perut yang membesar, payudara, hingga gagi. Sementara pembuluh darah yang tampak seperti laba-laba bisa muncul di kaki, wajah, dan lengan. Pada kasus tertentu, pembuluh darah vena membesar tampak di kaki (varises).

5. Perubahan Miss V

Lapisan Miss V menjadi lebih tebal dan kurang sensitif. Sebagian ibu hamil mungkin mengalami keputihan dan perdarahan ringan. Bercak darah pada awal kehamilan menandakan bahwa sel telur yang sudah dibuahi sperma berhasil menempel dalam dinding rambut. Jika perdarahan lebih berat dan disertai perut kram, segera berbicara dengan dokter kandungan.

6. Perubahan Berat Badan

Pada trimester pertama kehamilan, berat badan ibu hamil umumnya bertambah sebanyak 1,5-3 kilogram. Pertambahan ini menyesuaikan berat badan sebelum hamil.

Info Lebih Lanjut Untuk Usia Janin Pada Trimester Ini:

Kebutuhan Nutrisi Saat Trimester Pertama

Nutrisi yang harus dipenuhi selama trimester pertama kehamilan adalah:

  • Asam folat untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang bayi. Bisa diperoleh dari sayuran hijau (seperti bayam, brokoli, kale), buah jeruk, dan kacang-kacangan. Suplemen asam folat juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

  • Protein untuk membentuk sel-sel baru pada janin. Bisa diperoleh dari telur, tahu, tempe, ikan, ayam, daging, kacang-kacangan, susu, dan produk olahan susu lainnya. Sebaiknya konsumsi makanan sumber protein sebanyak 2-3 porsi per hari.

  • Vitamin A untuk mendukung perkembangan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh janin. Bisa diperoleh dari buah dan sayuran.

  • Kalsium dan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalsium juga berfungsi melancarkan peredaran darah serta kerja sistem otot dan saraf janin. Nutrisi ini bisa diperoleh dengan konsumsi brokoli, kale, ikan (seperti teri, sarden, salmon), serta susu dan produk olahannya.

  • Zat besi untuk membangun hemoglobin yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh ibu hamil dan janin. Nutrisi ini bisa diperoleh dari daging merah tanpa lemak, ayam, ikan, sayuran hijau (seperti bayam, brokoli), dan kacang-kacangan.

Hal yang Dihindari Ibu Hamil Saat Trimester Pertama

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari pada trimester pertama kehamilan:

  • Batasi konsumsi kafein dan alkohol.
  • Kebiasaan merokok.
  • Minum obat sembarangan alias tanpa anjuran dokter.
  • Konsumsi ikan mentah dan makanan laut bermerkuri tinggi (seperti ikan todak, makerel, dan kakap putih)
  • Minum susu yang tidak dipasteurisasi atau produk susu lainnya.
  • Konsumsi daging yang diawetkan.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter jika mengalami gejala atau gangguan kesehatan selama kehamilan. Penanganan yang tepat dan cepat dapat meminimalisir komplikasi yang mungkin terjadi. Pilih rumah sakit dan buat janji dengan dokter kandungan yang kamu butuhkan di sini.