2 Jenis Xenophobia yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Januari 2023

“Ada dua jenis xenofobia yang dapat terjadi di kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah xenofobia imigran sebagai ketakutan terhadap orang yang dianggap, imigran.”

2 Jenis Xenophobia yang Perlu Diketahui2 Jenis Xenophobia yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Xenophobia merupakan istilah untuk menggambarkan kebencian, ketakutan dan ketidaksukaan seseorang, terhadap orang asing. Hal ini dapat terwujud sebagai kebencian terhadap imigran di suatu negara. Namun, xenophobia juga dapat terwujud sebagai kebencian yang menyasar pada anggota suku, budaya atau agama lain. Seseorang tidak harus benar-benar berasal dari tempat atau budaya lain untuk menjadi sasaran xenofobia. 

Rasisme (diskriminasi berdasarkan ras atau etnis) juga bisa berperan dalam hal ini. Bahkan terkadang digunakan orang sebagai justifikasi atau pembenaran xenofobia terhadap imigran dari latar belakang tertentu. Di sisi lain, xenophobia diketahui terbagi menjadi beberapa jenis yang sama-sama dapat merugikan. 

Kenali Dulu Tandanya

Keyakinan dan perilaku xenofobia muncul dalam berbagai konteks dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari. Berikut adalah contoh kecil yang dapat mengarah ke xenophobia dalam kehidupan sehari-hari: 

  • “Pakaian itu sangat aneh, dia akan jauh lebih cocok jika dia berpakaian seperti orang Indonesia.”
  • “Tidak mungkin, aku tidak akan pergi ke lingkunganmu setelah gelap. Terlalu banyak orang aneh yang mengintai.”
  • “Aku tidak percaya rempah-rempah aneh itu. Tidak bisakah kita makan sesuatu yang normal, seperti sandwich?”

Pikiran-pikiran ini mungkin tidak berpusat pada orang tertentu. Tetapi tetap mencerminkan ketakutan dan ketidaksukaan terhadap orang atau hal yang dianggap aneh dan berbeda.

Jenis Xenophobia yang Perlu Diketahui 

Ada dua jenis xenofobia yang luas yaitu xenofobia imigran dan xenofobia budaya. Berikut adalah penjelasannya: 

1. Xenofobia Imigran 

Xenofobia imigran adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang yang, atau yang dianggap, imigran. Adanya ujaran atau kampanye anti-imigrasi adalah manifestasi dari jenis xenofobia ini. Seseorang yang mengungkapkan xenofobia asing atau imigran mungkin:

Menghindari dan menolak siapa pun yang mereka anggap sebagai orang luar. Khususnya orang yang berasal dari negara lain, yang memiliki warna kulit berbeda, menganut agama lain, atau berbicara dengan bahasa berbeda.

  • Menganggap orang-orang yang termasuk dalam kelompok sosial atau budaya mereka lebih unggul dari orang lain.
  • Menghindari toko dan bisnis tempat “orang asing” atau “orang luar lainnya” berbelanja. 
  • Menghindari lingkungan yang sebagian besar dihuni oleh imigran atau orang dengan warna kulit berbeda. Biasanya hal ini akan diikuti dengan stereotipe yang menggambarkan lingkungan tersebut berbahaya. 
  • Membuat komentar negatif atau menghina tentang orang-orang dari budaya atau negara lain. Para pelaku xenophobia juga berpotensi berusaha untuk menjauhkan orang asing dari lingkungan dan lingkaran sosial mereka. 

2. Xenophobia Budaya

Jenis xenophobia ini digambarkan sebagai ketidaksukaan atau permusuhan terhadap budaya yang berbeda. Mengasumsikan bahwa produk, makanan, atau film dari budaya lain lebih rendah dari budaya sendiri adalah contohnya. Seseorang yang mengungkapkan xenofobia budaya mungkin akan berperilaku atau berpikir seperti:

  • Membuat komentar kasar atau negatif tentang pakaian tradisional seseorang yang berasal dari kebudayaan lain. 
  • Menolak mendengarkan musik dari budaya lain atau menonton acara TV dan film dalam bahasa lain.
  • Menolak makanan dari budaya lain tanpa mencobanya.
  • Percaya kalau produk atau bahan yang diproduksi di negara lain lebih rendah kualitasnya. 
  • Membuat komentar menghina atau negatif ketika orang lain sedang berbicara bahasa yang berbeda. 

Itulah dua jenis xenophobia yang perlu diketahui. Menghindari permusuhan atau konflik horizontal antar ras atau kebudayaan merupakan hal penting untuk dilakukan setiap orang. Di samping itu, pastikan juga untuk menjaga kesehatan dengan senantiasa memenuhi asupan nutrisi penting.

Hal ini bisa dilakukan dari mengonsumsi makanan sehat atau suplemen kesehatan. Nah, jika saat ini kamu membutuhkan suplemen, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Unpacking Xenophobia, or the Fear of Outsiders. 
Verywell Health. Diakses pada 2023. What Is Xenophobia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan