2 Rekomendasi Beras untuk Diabetes yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juli 2023

“Ada beberapa rekomendasi beras untuk pengidap diabetes. Salah satunya adalah beras merah yang kaya akan nutrisi penting seperti antioksidan.”

2 Rekomendasi Beras untuk Diabetes yang Jarang Diketahui2 Rekomendasi Beras untuk Diabetes yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Menjaga pola makan dengan baik merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap pengidap diabetes atau penyakit gula. Sebab, tubuh pengidap diabetes sudah kehilangan sensitivitas terhadap insulin atau bahkan tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk mengolah gula dalam tubuh. 

Makanan sumber karbohidrat seperti nasi putih dapat memengaruhi kadar gula dalam darah. Agar dapat mengontrol gula darahnya dengan baik, pengidap penyakit gula tentu perlu memilih beras yang akan mereka konsumsi secara tepat. 

Nah, jika kamu atau orang terdekatmu ada yang mengidap kondisi ini, ketahuilah rekomendasi beras yang tepat. 

Rekomendasi Beras untuk Pengidap Diabetes

Ada beberapa jenis beras yang para ahli sarankan untuk mereka yang mengidap kondisi ini. Beras-beras ini memiliki kandungan yang lebih sehat dan bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Berikut rekomendasinya: 

1. Beras Merah

Jenis beras ini mengandung susunan nutrisi dan senyawa tanaman bermanfaat yang mengesankan. Beras merah lebih tinggi protein dan serat ketimbang varietas nasi putih. Tetapi, hal yang paling menonjol dari beras ini adalah kandungan antioksidannya.

Beras merah mengandung antioksidan flavonoid, termasuk apigenin antosianin, myricetin, dan quercetin. Penelitian juga menunjukkan bahwa beras merah memiliki potensi dalam melawan radikal bebas. 

Nah, para ahli meyakini kalau kandungan flavonoid dalam beras merah dapat membantu pengidap diabetes. Sebab, antioksidan tersebut dapat menurunkan risiko komplikasi penyakit seperti neuropati diabetik, yaitu kerusakan saraf akibat gula darah tinggi.

2. Beras Basmati 

Rekomendasi beras selanjutnya untuk pengidap penyakit gula adalah basmati sebagai pilihan utama masakan India. Beras ini cocok untuk pengidap penyakit gula atau yang ingin menurunkan kadar gula darah. Sebab, beras basmati mengandung magnesium yang cukup tinggi. 

Magnesium sendiri berperan penting dalam menunjang regulasi insulin tubuh. Ketika insulin terkontrol, gula dalam darah pun bisa lebih mudah tubuh kendalikan.

Bolehkah Pengidap Diabetes Makan Nasi Putih?

Rekomendasi Beras untuk Pengidap Diabetes

Konsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat memang dapat memengaruhi kadar gula darah pengidap kondisi ini. sebab, karbohidrat yang terkandung dalam nasi akan tubuh pecah menjadi glukosa (gula darah). Nasi putih terbukti memiliki efek negatif pada gula darah, tentu makanan ini harus pengidap penyakit gula hindari. 

Mau tahu manfaat basmati rice untuk kesehatan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Kandungan Nutrisi dan Manfaat Basmati Rice untuk Kesehatan

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Terlepas dari jenis beras apa yang kamu konsumsi, nasi tetap mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal yang perlu pengidap penyakit gula perhatikan adalah kuantitas konsumsi nasi setiap makan. Meskipun kamu sudah makan nasi merah, tapi tidak akan benar-benar membantu jika konsumsinya dalam jumlah yang besar. 

Pengidap penyakit gula juga sebaiknya memenuhi asupan karbohidrat dari makanan lain. Berikut adalah beberapa sumber karbohidrat yang baik untuk penderita kondisi ini:

1. Biji-bijian utuh

Contohnya adalah beras merah, gandum utuh, quinoa, gandum bulgur, dan oatmeal. Biji-bijian utuh mengandung serat yang tinggi, vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks yang tubuh cerna secara perlahan, sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah.

2. Sayuran non-pati

Sayuran seperti brokoli, bayam, kubis, selada, lobak, dan mentimun adalah sumber karbohidrat yang rendah indeks glikemiknya. Sayuran ini mengandung serat yang tinggi, rendah kalori, dan memberikan nutrisi penting tanpa meningkatkan gula darah secara drastis.

3. Buah-buahan segar

Beberapa buah-buahan seperti apel, jeruk, stroberi, anggur, dan blueberry memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan mengandung serat yang membantu dalam mengontrol gula darah. Namun, perhatikan porsi dan jangan mengonsumsi terlalu banyak buah karena mengandung gula alami.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang merah, kacang hijau, dan kacang kedelai mengandung karbohidrat yang kompleks dan serat, serta kaya akan protein nabati dan lemak sehat. 

Mereka memberikan energi yang stabil dan membantu menjaga gula darah tetap terkontrol. Baca lebih lanjut mengenai rekomendasi makanan yang baik untuk penyakit gula pada artikel: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Itulah beberapa rekomendasi beras untuk pengidap penyakit gula. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar makanan untuk pengidap diabetes, segeralah tanyakan hal ini pada dokter spesialis gizi di Halodoc. Klik gambar ini untuk berbicara dengan dokter sekarang:

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. What Is the Healthiest Type of Rice?
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Basmati Rice. 
Eating Well. Diakses pada 2023. Can You Eat White Rice If You Have Diabetes? Here’s What a Dietitian Has to Say. 
CNN Indonesia. Diakses pada 2023. 3 Beras Terbaik untuk Cegah Kenaikan Gula Darah, Ganti Nasi Putih Anda. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan