Kandungan Nutrisi dan Manfaat Basmati Rice untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 November 2023

“Beras basmati diklaim lebih sehat dibandingkan beras putih. Maka dari itu, perlu tahu berbagai kandungan nutrisinya serta manfaat yang ditawarkan saat mengonsumsinya secara rutin."

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Basmati Rice untuk KesehatanKandungan Nutrisi dan Manfaat Basmati Rice untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta –  Pernahkah kamu makan basmati rice? Saat melihat nasinya, bentuknya berbeda dengan yang biasa dimakan sehari-hari. Nah, nasi ini berasal dari beras basmati, ukurannya lebih panjang dan ramping.

Nasi briyani biasanya dihidangkan dalam hidangan yang kaya rempah, seperti daging, ayam, atau kambing, memberikan cita rasa yang khas dan lezat. Mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat basmati rice untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi Basmati Rice

Nutrisi yang terkandung pada beras basmati berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Namun, makanan ini kaya akan kandungan karbohidrat, kalori, dan berbagai zat gizi mikro, seperti folat, tiamin, serta selenium.

Pada satu cangkir basmati rice, atau setara 163 gram yang sudah sudah dimasak, kandungannya terdiri dari:

  • Kalori: 210 kilo kalori.
  • Karbohidrat: 45.6 gram.
  • Protein: 4.4 gram.
  • Lemak: 0.5 gram.
  • Serat: 0.7 gram.
  • Natrium: 399 mg.

Selain itu, ada berbagai nutrisi harian tubuh yang bisa dipenuhi dari konsumsi nasi ini, yaitu:

  • Folat 24% dari kebutuhan harian atau daily value (DV).
  • Tembaga 12% dari DV.
  • Zat besi 11% dari DV.
  • Vitamin B6 9% dari DV.
  • Zinc 7% dari DV.
  • Fosfor 6% dari DV.
  • Magnesium 5% dari DV.
  • Tiamin (vitamin B1) 22% dari DV.
  • Selenium 22% dari DV.
  • Niasin 15% dari DV.

Berbagai Manfaat dari Beras Basmati

Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu ambil dengan mengonsumsi beras basmati. Khasiat ini berasal dari berbagai vitamin dan mineral penting berperan dengan mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Ini beberapa manfaatnya:

1. Diet sehat pengidap diabetes

Basmati rice memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi ketimbang beras biasa. Jumlahnya rendah, yakni sekitar 50-58, sehingga cocok dikonsumsi oleh pengidap dalam porsi yang rendah. Jenis beras ini masih bisa dimasukkan dalam program diet sehat pengidap diabetes.

Studi berjudul The effect of a brown-rice diets on glycemic control and metabolic parameters in prediabetes and type 2 diabetes mellitus: a meta-analysis of randomized controlled trials and controlled clinical trials yang terbit pada jurnal PeerJ, menemukan bahwa mengonsumsi basmati sebagai pengganti nasi putih, memberikan sedikit pengaruh terhadap pengendalian gula darah pada penderita pra-diabetes atau diabetes tipe 2.

Ketahui jenis makanan lain yang baik bagi pengidap diabetes dalam artikel ini: Daftar Makanan Kaya Nutrisi untuk Pengidap Diabetes

2. Mencegah masalah pencernaan

Ketika sudah matang, makanan ini tetap mengandung banyak serat. Nutrisi tersebut efektif mengatasi masalah pencernaan, salah satunya sembelit. Seratnya bersifat larut, yang dapat menambah jumlah dan membantu membersihkan saluran pencernaan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Basmati rice, terutama yang coklat, termasuk dalam biji-bijian yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini berkaitan langsung dengan penurunan risiko penyakit jantung. Cara kerjanya dengan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Tak hanya beras basmati, terdapat beberapa jenis makanan lain yang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ketahui dalam artikel ini: Ketahui 9 Rekomendasi Makanan yang Menyehatkan Jantung

4. Mendukung kesehatan otak

Beras ini juga kaya akan kandungan vitamin B, termasuk tiamin (vitamin B1) yang dapat mencukupi sebesar 22% dari kebutuhan harian. Nutrisi ini bermanfaat baik guna menurunkan risiko masalah yang mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf. 

5. Menurunkan risiko kanker

Studi berjudul Health effects of chronic arsenic exposure yang terbit pada Journal of Preventive Medicine and Public Health menemukan, basmati rice memiliki kandungan arsenik dan logam berat yang lebih rendah.

Studi juga menjelaskan, arsenik dan logam berat merupakan zat yang dapat membahayakan kesehatan, dan berpotensi meningkatkan risiko beberapa jenis kanker tertentu.

6. Mendukung kesehatan kulit

Beras basmati mengandung vitamin dan mineral penting yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit, seperti zat besi, selenium, dan zinc. Sifat mendinginkannya juga membantu menenangkan kondisi kulit yang meradang.

Klik artikel ini untuk mengetahui cara lain guna mendukung kesehatan kulit: Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah.

7. Memberikan tambahan energi

Kandungan karbohidrat kompleks dalam beras basmati memberikan sumber energi yang stabil, membantu menjaga kadar gula darah, dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini sangat penting untuk menjaga produktivitas sepanjang hari.

Itulah pembahasan mengenai nutrisi dan manfaat dari beras basmati pada kesehatan saat dikonsumsi. Silakan tanya spesialis gizi klinik jika ingin mengetahui takaran yang sesuai dengan kondisi kesehatan. Yuk, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Basmati Rice.
Healthline. Diakses pada 2023. Is Basmati Rice Healthy?
Healthguide. Diakses pada 2023. Basmati Rice: Nutritional Content and Health Benefits.
Journal of Preventive Medicine and Public Health. Diakses pada 2023. Health effects of chronic arsenic exposure.
PeerJ. Diakses pada 2023. The effect of a brown-rice diets on glycemic control and metabolic parameters in prediabetes and type 2 diabetes mellitus: a meta-analysis of randomized controlled trials and controlled clinical trials.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan