3 Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan pada Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Agustus 2020
3 Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan pada Anak3 Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan pada Anak

Halodoc, Jakarta - Batuk dan pilek adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak karena memang daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Namun, jika gangguan tersebut bertambah parah hingga disertai dengan sesak napas dan kesulitan untuk bernapas, mungkin saja anak mengalami infeksi saluran pernapasan.

Maka dari itu, ibu harus tahu berbagai macam cara mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan pada anak agar tidak terjadi. Dengan begitu, Si Kecil tetap sehat untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Ketahui cara yang ampuh untuk cepat infeksi saluran pernapasan yang terjadi pada anak di sini!

Baca juga: Begini Cara Mendiagnosis Infeksi Saluran Pernapasan

Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan pada Anak

Infeksi saluran pernapasan adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi di saluran pernapasan sehingga mengganggu pernapasan normal. Gangguan ini dapat memengaruhi saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Saat terjadi pada saluran pernapasan atas, Si Kecil dapat mengalami pilek, radang tenggorokan, rinitis akut, hingga otitis media akut. Saat menyerang bagian bawahnya, anak dapat mengalami bronkitis akut, pneumonia, dan trakeitis.

Gangguan infeksi saluran ini tidak terbatas hanya terjadi pada bagian pernapasan karena mungkin saja terjadinya penyebaran infeksi. Hal ini dapat menimbulkan peradangan dan penurunan fungsi dari paru-paru. Penyakit berbahaya yang berhubungan dengan gangguan pernapasan ini adalah difteri, pertusis, dan campak. Jika tidak segera mendapatkan vaksin, gangguan ini dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya selain saluran pernapasan.

Selain itu, sebagian besar penyebab dari infeksi saluran pernapasan tidak dapat diobati. Maka dari itu, ibu harus tahu cara pencegahan yang efektif agar anak tidak mengalami penyakit berbahaya ini. Berikut ini beberapa cara untuk mencegahnya:

1. Mendapatkan Vaksin

Salah satu cara mencegah infeksi saluran pernapasan pada anak adalah dengan memberikannya vaksin dengan tepat waktu. Beberapa vaksin seperti MMR dan pertusis dapat menurunkan risiko untuk terserang penyakit tersebut. Selain itu, ibu juga dapat memberikan vaksin influenza dan pneumokokus pada anak. Sebelum mendapatkan vaksin ini, ada baiknya berdiskusi terlebih dahulu pada dokter anak.

Baca juga: Korea Selatan Melarang Vape, Ini Dampaknya untuk Kesehatan

2. Mempraktikkan Hidup Bersih

Ibu juga dapat mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan tangannya. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengajarkannya agar lebih sering mencuci tangan, terutama setelah tiba dari tempat umum. Selain itu, ibu juga dapat mengajarkan anak saat bersin selalu mengarahkannya ke lengan baju atau tisu. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit tersebut pada orang lain. Pastikan juga untuk menghindari sentuhan wajah agar kuman tidak masuk ke tubuh jika tangan dirasa kotor.

Infeksi saluran pernapasan dapat menyebabkan gangguan berbahaya jika terjadi, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui cara yang jitu untuk mencegahnya. Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait cara pencegahannya, dokter dari Halodoc siap membantu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan akses kesehatan ada dalam genggaman!

3. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Ibu juga dapat menyuruh Si Kecil untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin ini dapat dikatakan lebih rentan terhadap infeksi. Meskipun sejauh ini belum ada penelitian terkait vitamin C yang dapat mencegah infeksi saluran pernapasan pada anak, tetapi zat tersebut dapat meredam tingkat keparahan infeksi yang terjadi.

Baca juga: Kenali Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah infeksi saluran pernapasan pada anakmu. Ibu harus benar-benar memastikan anak selalu mendapatkan semua hal tersebut agar tubuhnya tetap sehat. Dengan begitu, aktivitas hariannya tidak terganggu karena terkena penyakit terkait pernapasan.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Acute Respiratory Infections in Children.
Healthline. Diakses pada 2020. Acute Respiratory Infection.


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan