3 Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diketahui Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Desember 2021

“Gejala kista ovarium seringkali tidak disadari oleh pengidapnya. Sebab, penyakit ini biasanya baru akan memicu gejala saat ukuran kista sudah membesar atau saat kista sudah mengganggu peredaran darah pada organ tersebut. Penyakit ini bisa ditandai dengan gejala nyeri, sakit pencernaan, hingga gangguan haid.”

3 Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diketahui Wanita3 Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diketahui Wanita

Halodoc, Jakarta – Gejala kista ovarium biasanya muncul jika kondisi ini sudah memburuk. Pada kondisi yang masih baru atau tergolong ringan, penyakit ini bisa saja muncul tanpa gejala yang jelas. Kista ovarium adalah penyakit yang terjadi karena ada pertumbuhan kantong berisi cairan di ovarium alias indung telur wanita. Kista bisa muncul pada usia subur atau selama wanita mengalami menstruasi. 

Perlu diketahui, setiap manusia memiliki dua ovarium. Satu ovarium berada di bagian kanan dan yang satu lagi ada di sebelah kiri rahim. Dalam sistem reproduksi, ovarium berperan dalam menghasilkan sel telur setiap bulannya. Ovarium mulai aktif dimulai dari masa pubertas hingga menopause. Organ ini juga berperan untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. 

Mendeteksi Gejala Kista Ovarium 

Pada beberapa wanita, fungsi ovarium bisa terganggu, salah satunya karena ada pertumbuhan kista. Kabar buruknya, penyakit ini seringkali terlambat disadari sebab jarang menunjukkan gejala di awal. Gejala kista ovarium biasanya baru muncul saat ukuran kista sudah membesar atau pada saat kista sudah menghambat pasokan darah ke ovarium. 

Ada beberapa gejala kista ovarium yang bisa dialami wanita, antara lain: 

  1. Nyeri Hebat 

Gejala utama yang sering muncul akibat penyakit ini adalah nyeri, terutama di bagian bawah perut. Pada kondisi yang parah, nyeri bisa terasa sangat hebat hingga mengganggu aktivitas pengidapnya. Nyeri juga bisa hilang timbul dan muncul pada saat melakukan hubungan intim. 

  1. Gangguan Siklus Haid 

Hal selanjutnya yang harus diwaspadai sebagai gejala kista ovarium adalah gangguan pada siklus haid. Pengidap penyakit ini bisa mengalami menstruasi dengan volume darah yang sangat banyak atau justru sangat sedikit dibandingkan saat normal. Kondisi ini juga bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. 

  1. Gangguan Pencernaan 

Gejala selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Pengidap penyakit ini bisa merasa sangat kenyang, meski tidak banyak makan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan perut terasa kembung. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga bisa menyebabkan susah buang air besar. 

Jika mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis untuk memastikan penyebabnya. Jika ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan gejala yang dialami dan dapatkan tips kesehatan dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Ovarian Cyst.
WebMD. Diakses pada 2021. What Is an Ovarian Cyst?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan