3 Pengobatan untuk Temporomandibular Joint Syndrome (TMJ)

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 November 2022

“Ada cukup banyak pilihan pengobatan untuk temporomandibular joint syndrome. Mulai dari obat-obatan hingga prosedur bedah.”

3 Pengobatan untuk Temporomandibular Joint Syndrome (TMJ)3 Pengobatan untuk Temporomandibular Joint Syndrome (TMJ)

Halodoc, Jakarta – Temporomandibular Joint Syndrome adalah kondisi yang memengaruhi sendi rahang serta otot dan ligamen di sekitarnya. Ini dapat terjadi karena trauma, gigitan yang tidak tepat, radang sendi atau keausan sendi. 

Gejala umum yang dapat terjadi meliputi nyeri rahang, sakit kepala, sakit telinga dan nyeri wajah. Simak lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini!

Pengobatan untuk Temporomandibular Joint Syndrome

Sendi temporomandibular terletak di kedua sisi wajah, tepat di depan telinga. Sendi ini menghubungkan tulang rahang bawah ke tengkorak dan membantu gerakan seperti mengunyah dan berbicara.

Temporomandibular Joint Syndrome terjadi ketika otot dan ligamen di sekitar sendi rahang terganggu fungsinya karena meradang atau teriritasi. Kondisinya mungkin akut atau kronis, dan rasa sakit terjadi mungkin ringan atau berat.

Dalam beberapa kasus, gejala sindrom ini bisa hilang tanpa pengobatan. Namun, jika gejala menetap, dokter dapat merekomendasikan berbagai pilihan pengobatan, seperti:

1. Obat-obatan

Obat-obatan dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan kondisi ini. Beberapa obat yang biasa dokter resepkan adalah:

  • Obat pereda nyeri dan antiradang. Seperti ibuprofen atau obat pereda nyeri OTC lainnya. 
  • Antidepresan trisiklik. Obat-obatan seperti amitriptyline, dalam dosis rendah terkadang bisa untuk menghilangkan rasa sakit, kontrol bruxism, dan sulit tidur.
  • Relaksan otot. Jenis obat ini terkadang bisa membantu menghilangkan rasa sakit yang terjadi karena kejang otot.

2. Terapi

Terapi non-obat untuk temporomandibular joint syndrome meliputi:

  • Pelindung mulut (alat oklusal). Seringkali, orang dengan nyeri rahang akan mendapat manfaat dari memakai perangkat lunak atau keras pada gigi.
  • Terapi fisik. Bersamaan dengan latihan untuk meregangkan dan memperkuat otot rahang. Seperti perawatan ultrasound, terapi panas lembap, dan es.
  • Edukasi. Dokter dapat memberi edukasi untuk membantu pengidap memahami faktor dan perilaku yang dapat memperparah rasa sakit, sehingga dapat menghindarinya. Seperti mengatupkan atau menggemeretakkan gigi, bersandar pada dagu, atau menggigit kuku.

3. Prosedur Bedah atau Lainnya

Ketika metode lain tidak membantu, dokter mungkin menyarankan prosedur seperti:

  • Arthrocentesis. Ini adalah prosedur invasif minimal yang melibatkan penyisipan jarum kecil ke dalam sendi. Kemudian menyalurkan cairan melalui sendi dan menghilangkan kotoran dan produk samping inflamasi.
  • Suntikan. Seperti suntikan kortikosteroid ke dalam sendi, atau menyuntikkan toksin botulinum tipe A (botox) ke dalam otot rahang. Ini dapat meredakan nyeri yang terkait dengan temporomandibular joint syndrome.
  • Artroskopi TMJ. Dalam beberapa kasus, bedah arthroscopic bisa efektif,  seperti bedah sendi terbuka. Kemudian, dokter menempatkan sebuah tabung tipis kecil (kanula) dan instrumen bedah kecil ke dalam ruang sendi, untuk operasi.
  • Kondilotomi modifikasi. Ini bisa menangani sindrom secara tidak langsung, dengan pembedahan pada mandibula, tetapi tidak pada sendi itu sendiri. Mungkin bermanfaat untuk pengobatan rasa sakit dan jika penguncian terjadi.
  • Operasi sendi terbuka. Jika nyeri rahang tidak sembuh dengan perawatan yang lebih konservatif dan terjadi karena masalah struktural pada sendi, dokter mungkin menyarankan operasi sendi terbuka (arthrotomy) untuk memperbaiki atau mengganti sendi. 

Jika dokter merekomendasikan operasi atau prosedur lain, pastikan untuk mendiskusikan potensi manfaat dan risikonya, dan tanyakan semua pilihan pengobatan yang tersedia.

Itulah pembahasan mengenai pilihan pengobatan untuk temporomandibular joint syndrome. Jika kamu mengalami kondisi ini dan mendapat resep obat dari dokter, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Boston’s Children Hospital. Diakses pada 2022. Temporomandibular Joint Dysfunction (TMJ).
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Temporomandibular Joint (TMJ) Disorders.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. TMJ Disorders.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan