• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

3 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Oktober 2022

“Terdapat beberapa faktor penuaan dini yang perlu diketahui. Salah satunya adalah kebiasaan merokok yang dapat membuat kulit terserang stres oksidatif, sehingga kulit jadi kering dan timbul garis halus.”

3 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya3 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Halodoc, Jakarta – Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada setiap orang, seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, tak hanya disebabkan oleh faktor alami semata, nyatanya penuaan juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lainnya, lho

Kondisi ini dikenal sebagai penuaan dini atau premature aging, yang membuat seseorang mengalami perubahan fisik tidak sesuai usia, sehingga terlihat lebih tua. Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi kecantikan sehingga menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. 

Namun, perlu diketahui bahwa penuaan dini sebenarnya dapat dicegah sedari dini. Karena itu, pastikan untuk memahami apa saja penyebab penuaan dini dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk, ketahui informasinya di sini!

Penyebab Penuaan Dini

Terdapat beberapa faktor penuaan dini yang perlu diketahui, antara lain: 

1. Kebiasaan merokok 

Faktor pertama yang menjadi penyebab penuaan dini adalah kebiasaan merokok. Sebab, racun dalam asap rokok akan membuat kulit terserang stres oksidatif. Perlu diingat bahwa stres oksidatif sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, tanpa terkecuali kulit. Pada kulit, kerusakan dari stres oksidatif dapat berupa kekeringan, kerutan, garis halus, hingga tanda penuaan dini lainnya. 

2. Paparan sinar matahari yang berlebihan 

Sebagian orang kerap menerima paparan matahari secara berlebih setiap harinya. Misalnya seperti orang-orang yang bekerja di luar ruangan, atau mereka yang gemar berjemur demi mendapatkan kulit eksotis. Nah, hal ini sebenarnya perlu dibatasi, karena sinar UV yang berlebih dapat merusak DNA pada sel kulit. Akibatnya kulit berpotensi mengalami berbagai masalah, seperti kerutan sebagai bentuk penuaan dini. 

3. Pengaruh genetik

Ada beberapa kondisi genetik yang sangat langka yang dapat menyebabkan seseorang menunjukkan tanda-tanda penuaan di masa kanak-kanak dan pubertas dini, yaitu progeria. Selain itu, sindrom Werner juga dapat menyebabkan kulit keriput, rambut beruban, dan kebotakan, yang berkembang antara usia 13 hingga 30 tahun.

Pencegahan Penuaan Dini yang Dapat Dilakukan

Beberapa faktor penyebab penuaan dini sebenarnya dapat dicegah, sedangkan faktor lain seperti genetik, sama sekali tidak dapat dicegah. Nah, untuk beberapa faktor yang dapat dicegah, berikut adalah beberapa upaya pencegahan penuaan dini yang direkomendasikan: 

  • Gunakan tabir surya. Mengenakan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap hari mungkin merupakan hal utama yang dapat dilakukan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  • Menghapus riasan. Jika kamu menggunakan riasan atau make up sehari-hari, pastikan untuk menghapus riasan sebelum tidur. Pastikan kamu mencuci muka dua kali sehari menggunakan air hangat dan pembersih ringan. Selain itu, wajah juga perlu dipastikan bebas dari alas bedak dan residu lainnya sebelum pergi tidur.
  • Tidur yang cukup. Penting untuk tidur sesuai dengan durasi yang dibutuhkan, yaitu tujuh hingga delapan jam sehari. Sebab, tidur sangat penting untuk kesehatan keseluruhan organ tubuh, termasuk kulit. Sebab, tidur yang cukup dapat memberi kulit waktu untuk menyegarkan dan memperbarui dirinya sendiri setiap hari.
  • Konsumsi makanan sehat. Makanan sehat bergizi seimbang dapat memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel kulit yang sehat.
  • Tetap terhidrasi. Dehidrasi bisa membuat kerutan muncul lebih cepat. Karena itu, minumlah 8 gelas air (2-3 liter) per hari untuk menghidrasi tubuh.
  • Rutin berolahraga. Olahraga setiap hari meningkatkan sirkulasi, yang membuat kulit lebih sehat. 
  • Berhenti merokok. Berhenti mengekspos kulit ke racun yang terkandung dalam asap rokok, dapat memberikan waktu kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Itulah beberapa penyebab penuaan dini sekaligus cara pencegahannya. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan kesehatan tubuh keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan melalui memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin. 

Nah, jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisi kesehatan, kamu bisa membuat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Premature Aging, 
AAD.org. Diakses pada 2022. 11 ways to reduce premature skin aging.