3 Pilihan Pengobatan Radang Amandel pada Orang Dewasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 November 2021

“Radang amandel pada orang dewasa adalah masalah yang dapat mengganggu aktivitas. Kamu perlu tahu ciri-ciri amandel pada orang dewasa disertai dengan cara pengobatannya agar aktivitas harian tidak terganggu.”

3 Pilihan Pengobatan Radang Amandel pada Orang Dewasa3 Pilihan Pengobatan Radang Amandel pada Orang Dewasa

“Radang amandel pada orang dewasa adalah masalah yang dapat mengganggu aktivitas. Kamu perlu tahu ciri-ciri amandel pada orang dewasa disertai dengan cara pengobatannya agar aktivitas harian tidak terganggu.”

Halodoc, Jakarta – Radang amandel merupakan masalah yang rentan terjadi pada orang dewasa. Tidak sedikit orang yang menyebutkan bahwa gangguan ini merupakan dampak dari terlalu banyak mengonsumsi minuman dingin.

Tentu saja, masalah ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat terjadi. Apabila kamu mengalami radang amandel, kamu tentunya butuh pengobatan segera. 

Namun, apa saja sih pengobatan yang bisa dilakukan untuk atasi radang amandel pada orang dewasa? Berikut jawabannya!

Ciri-Ciri Radang Amandel pada Orang Dewasa

Radang amandel, atau tonsilitis, adalah masalah yang paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Namun, orang dewasa juga rentan mengalaminya.

Tonsilitis merupakan gangguan yang terjadi akibat adanya peradangan pada amandel. Padahal, fungsi amandel sangat vital karena merupakan bagian dari sistem kekebalan dan membantu untuk melawan kuman serta mencegah infeksi.

Kamu dapat mengetahui lebih lanjut mengenai amandel lewat artikel berikut ini: “Inilah 6 Fakta Tentang Amandel yang Perlu Diketahui”. 

Namun, apa sih ciri-ciri radang amandel pada orang dewasa yang biasa timbul? Berikut beberapa di antaranya:

  • Sakit tenggorokan.
  • Amandel yang merah dan bengkak.
  • Kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.
  • Alami demam.
  • Merasakan sakit kepala.
  • Suara serak.
  • Kehilangan selera makan.

Jika kamu mengalami beberapa hal tersebut, mungkin saja kamu mengalami radang amandel. Beberapa ciri-ciri radang amandel pada orang dewasa ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Maka dari itu, penanganan segera perlu dilakukan agar aktivitas dapat kembali dengan normal.

Cara Mengobati Radang Amandel

Nah, penanganan dari radang amandel dapat bermacam-macam tergantung dari penyebab, seberapa parah masalah ini terjadi, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa pilihan pengobatan yang umumnya dilakukan untuk atasi tonsilitis:

1. Perawatan Rumahan

Gangguan yang disebabkan oleh radang amandel memang dapat menimbulkan banyak gejala. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena berbagai gejala ini dapat diringankan dengan berbagai perawatan rumahan.

Kamu dapat mengonsumsi lebih banyak cairan agar tenggorokan tidak kering. Pastikan juga untuk beristirahat dengan cukup agar radang amandel dapat segera pulih.

Kamu juga dapat berkumur dengan air garam yang hangat beberapa kali dalam sehari. Berkumur dengan air garam berkhasiat meredakan peradangan atau inflamasi. Selain itu, ada baiknya juga menghindari paparan asap dan polusi selama mengalami radang amandel karena dapat memperparah iritasi.

2. Pengobatan

Selain dengan pengobatan rumahan, kamu juga dapat mengatasi radang amandel dengan mengonsumsi obat-obatan.

Radang amandel umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri. Keduanya memiliki cara pengobatan yang berbeda satu sama lain. Umumnya, radang amandel yang disebabkan bakteri diobati dengan antibiotik.

Sementara itu, untuk tonsilitis ringan akibat virus, pengobatan tidak selalu diperlukan. Akan tetapi, apabila gejala tonsilitis semakin parah, maka pengobatan antivirus dapat diberikan oleh dokter.

Untuk mengetahui rekomendasi obat radang amandel, kamu dapat membaca artikel berikut ini: “Ini Obat Radang Amandel yang Ampuh dan Tersedia di Apotek”

3. Tindakan Medis

Dahulu, tindakan medis layaknya pembedahan sangat umum untuk dilakukan guna menangani radang amandel. Namun, untuk saat ini, operasi amandel tidak dilakukan kecuali jika kondisinya kronis dan terus berulang. Jika kamu mengalami tonsilitis tujuh kali dalam setahun, mungkin dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan operasi. 

Tindakan medis ini juga dapat kerap dilakukan untuk mengatasi amandel yang menyebabkan masalah, seperti sleep apnea, kesulitan bernapas atau menelan, hingga abses yang sulit diobati.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang amandel yang bisa dilakukan.

Untuk mendapatkan obat radang amandel, kamu dapat mengunjungi Toko Kesehatan Halodoc agar berbelanja obat menjadi lebih praktis secara online! Pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Tonsillitis in Adults: What to Expect.
Cooper University of Health Care. Diakses pada 2021. Tonsillitis in Adults.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan