Ini Obat Radang Amandel yang Ampuh dan Tersedia di Apotek

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 April 2024

“Ada beberapa pilihan obat yang ampuh untuk mengatasi radang amandel akibat infeksi bakteri. Contohnya, Hexadol Gargle, Tantum Verde Oral, Tantum Lozenges, Spedifen, Farsifen, Proris, dan Cefixime yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Ini Obat Radang Amandel yang Ampuh dan Tersedia di ApotekIni Obat Radang Amandel yang Ampuh dan Tersedia di Apotek

DAFTAR ISI:

Halodoc, Jakarta – Amandel adalah dua bantalan jaringan berbentuk oval yang ada di bagian belakang tenggorokan. Organ ini merupakan garis pertahanan pertama sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus yang masuk ke mulut. Itulah mengapa radang amandel umum terjadi akibat infeksi virus atau bakteri.

Namun, jangan khawatir, ada berbagai pilihan obat amandel yang ampuh dan bisa kamu dapatkan di apotek. Pengobatan penyakit ini tentu saja harus sesuai dengan penyebabnya.

Mau tahu apa saja rekomendasi obat radang amandel yang ampuh? Simak ulasannya di sini!  

Berbagai Pilihan Obat Amandel yang Ampuh

Berikut beberapa pilihan obat yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi radang amandel:

1. Hexadol Gargle 60 ml

Hexadol adalah obat radang tenggorokan yang juga dapat meredakan sakit amandel yang sedang dialami. Obat ini juga digunakan untuk mengobati radang lainnya seperti radang akibat sakit gigi, sariawan, radang selaput lendir mulut, serta sebagai pembilas sebelum dan sesudah pencabutan gigi. 

Kandungan dari obat ini yaitu hexetidine 0.1%. Cara penggunaannya, dikumur 15 ml selama 30 detik pada pagi dan malam hari. Jika disertai sariawan, kamu juga bisa mengoleskannya pada bagian yang luka dengan lidi kapas. 

Perlu kamu tahu, amandel dan radang tenggorokan kadang dianggap sebagai jenis penyakit yang sama. Jika ingin tahu bagaimana Cara Membedakan Amandel dan Radang Tenggorokan, kamu baca artikel ini. 

Rentang harga: Rp14.000 – Rp24.200 per botol.

Dapatkan Hexadol Gargle 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Obat radang amandel selanjutnya yang bisa digunakan adalah Tantum Verde Oral Rinse 120 ml. Obat ini mengandung alkohol dan Benzydamine HCl.  

Obat kumur ini dapat meringankan rasa sakit pada mulut dan tenggorokan akibat amandel, tonsilitis, sakit tenggorokan, post ekstraksi gigi, dan kelainan periodontal.

Kamu bisa kumur-kumur 2-3 kali sehari 15 ml selama 60 detik. Tapi, jangan gunakan obat kumur ini lebih dari 7 hari. 

Rentang harga: Rp47.300 – Rp47.600 per botol.

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Tantum Lozenges 12 Tablet

Untuk meredakan peradangan akibat amandel, kamu bisa konsumsi lozenges tablet hisap ini. Tantum Lozenges 12 Tablet akan membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut dan tenggorokan, sehingga kamu bisa terhindar dari bau mulut, sariawan, hingga radang tenggorokan. 

Kamu juga dapat menggunakan tablet hisap ini untuk meredakan rasa sakit pada rongga mulut untuk sementara waktu. Contohnya seperti tonsilitis, sakit tenggorokan, nyeri lokal pasca bedah mulut, kemerahan, dan kelainan periodontal.

Untuk kasus ringan, cukup gunakan 1 tablet hisap tiap 3 jam. Sedangkan untuk kasus berat bisa mengonsumsi 1 tablet tiap 2 jam. Maksimal penggunaan per hari adalah 12 tablet hisap. 

Kisaran harga: Rp46.500 per box.

Dapatkan Tantum Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Spedifen 400 mg 6 Tablet

Spedifen Tablet adalah obat golongan NSAID yang mengandung Ibuprofen arginine 400 mg. Obat ini dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan, sakit kepala, setelah pencabutan gigi, serta pasca operasi. 

Untuk meredakan sakit tenggorokan akibat amandel, kamu dapat meminum 1 tablet tiap 4 jam. Jika kamu ingin menggunakannya untuk mengatasi nyeri pada kasus lain, seperti rheumatoid arthritis dan nyeri haid, sebaiknya konsultasikan kembali pada dokter. 

Selain meminum obat nyeri, kamu juga bisa mengobati amandel dengan cara tertentu. Baca selengkapnya di artikel ini: “Tak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Mengobati Amandel”.

Rentang harga: Rp53.800 – Rp76.400 per strip.

Dapatkan Spedifen 400 mg 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Farsifen 400 mg 10 Tablet

Farsifen juga termasuk obat radang amandel yang mengandung Ibuprofen 400 mg. Obat golongan NSAID ini dapat meredakan peradangan yang dialami akibat amandel. 

Obat radang amandel ini juga dapat mengatasi rasa nyeri ringan sampai sedang lainnya. Contohnya, pada kasus pencabutan gigi, sakit kepala, gejala artritis reumatoid, dan osteoartritis.

Orang dewasa dapat mengonsumsi obat ini sebanyak ½ tablet (200 mg) 3-4 kali sehari sesudah makan. 

Rentang harga: Rp11.200 – Rp11.300 per strip.

Dapatkan Farsifen 400 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Proris Triple Action 10 Kaplet

Obat radang amandel yang juga ampuh untuk mengatasi keluhanmu adalah Proris Triple Action 10 Kaplet. Kandungannya adalah Ibuprofen 200 mg. Guna obat ini yaitu untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang. 

Contohnya, nyeri pasca bedah, sakit kepala, gejala artritis reumatoid, sakit tenggorokan, dan kasus nyeri lainnya. 

Adapun dosis yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah:

  • Dewasa dan anak berusia lebih dari 12 tahun: 200-250 mg 3-4 kali sehari sesudah makan. 
  • Anak 8-12 tahun: 200-250 mg 3-4 kali sehari sesudah makan. 
  • Anak 3-7 tahun: 100-125 mg 3-4 kali sehari sesudah makan.
  • Anak 1-2 tahun: 50 mg 3-4 kali sehari sesudah makan.

Rentang harga: Rp10.800 – Rp10.900 per strip.

Dapatkan Proris Triple Action 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Cefixime 200 mg 10 Kapsul

Ketika terinfeksi oleh bakteri, antibiotik adalah pilihan pengobatan yang biasanya diresepkan dokter. Salah satunya yaitu Cefixime 200 mg 10 Kapsul. 

Obat generik ini merupakan antibiotik golongan sefalosporin yang bekerja dengan spektrum luas, sehingga mampu melawan bakteri gram negatif dan positif. 

Selain untuk amandel, dokter biasanya juga meresepkan obat ini untuk mengobati otitis media, infeksi saluran kemih tanpa komplikasi, bronkitis akut dan kronis, tonsilitis, dan faringitis. 

Penggunaan obat ini harus mendapatkan petunjuk dari dokter. Namun, biasanya diberikan dalam dosis 50-100 mg dua kali sehari. Sementara itu, pada kasus infeksi berat akan ditingkatkan menjadi 200 mg dua kali sehari. 

Rentang harga: Rp6.000 – Rp81.800 per strip.

Dapatkan Cefixime 200 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah berbagai obat radang amandel yang ampuh dan bisa kamu dapatkan di apotek. Namun ingat, pastikan kamu membicarakan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun.

Kamu juga bisa mendapatkan obat-obatan lainnya dengan cepat, tanpa antre, dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Tonsillitis.
Pristyn Care. Diakses pada 2024. 7 Medicines To Cure Tonsils Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan