• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Teknik Memanggang Daging Ayam Agar Nutrisinya Terjaga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Teknik Memanggang Daging Ayam Agar Nutrisinya Terjaga

3 Teknik Memanggang Daging Ayam Agar Nutrisinya Terjaga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Oktober 2022

“Agar nutrisinya terjaga, memanggang ayam sebaiknya dilakukan dengan mengikut urutan yang tepat. Nah, hal paling awal yang perlu dilakukan adalah membersihkan peralatan memasak seperti panggangan terlebih dahulu.”

3 Teknik Memanggang Daging Ayam Agar Nutrisinya Terjaga3 Teknik Memanggang Daging Ayam Agar Nutrisinya Terjaga

Halodoc, Jakarta – Daging ayam merupakan salah satu makanan sehat yang banyak peminatnya. Sebab, selain rasanya yang lezat, daging ayam juga diketahui tinggi protein dan beberapa nutrisi penting lainnya. Tak hanya itu, daging ayam juga diketahui dapat diolah dengan sejumlah teknik memasak,salah satunya adalah dengan cara dipanggang. Namun, memanggang ayam tentunya tidak dapat dilakukan sembarangan, karena nutrisinya bisa saja hilang. 

Nah, bagi kamu yang senang memasak, tentunya kamu perlu tahu beberapa teknik memanggang daging ayam, untuk mempertahankan nutrisinya. Penasaran apa saja? Ini informasinya! 

Teknik Memanggang Daging Ayam untuk Menjaga Nutrisinya

Ayam panggang dapat menjadi cara cepat dan sehat untuk meningkatkan asupan protein. Agar nutrisinya terjaga, berikut adalah urutan teknik memanggang daging ayam: 

1. Bersihkan peralatan memasak

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan kalau penumpukan sisa makanan yang gosong pada panggangan tidak berpindah ke makanan. Karena itu, penting untuk membersihkan peralatan memasak terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkan panggangan dengan baik. Kemudian bersihkan dengan kain atau tisu yang digumpalkan untuk memastikan panggangan bersih, saat proses memasak dimulai. 

2. Membumbui ayam sebelum dipanggang

Sebelum memanggang, cobalah untuk merendam atau marinasi daging ayam pada bumbu terlebih dahulu. Selain melezatkan makanan, hal ini juga memiliki fungsi yang sama dengan membungkus makanan dengan alumunium foil, yakni menurunkan risiko reaksi senyawa yang berbahaya. Selain itu, tentunya membumbui ayam sebelum dipanggang lebih praktis, jika dibandingkan kamu membumbuinya ketika proses memanggang berlangsung. 

3. Memperhatikan api 

Mengekspos daging ayam yang kaya protein ke panas tinggi dan api terbuka akan menciptakan senyawa amina heterosiklik. Selain itu, lemak yang menetes dan terbakar di atas panggangan, akan menghasilkan asap yang mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik. 

Nah, kedua senyawa tersebut diketahui sebagai senyawa karsinogenik yang dapat memicu kanker. Karena itu, penting untuk memperhatikan api dan suhu ketika tengah memanggang. Kamu dapat melapisi daging ayam dengan aluminium foil dan memasak lebih lama dengan suhu yang lebih rendah. 

Sebagai contoh, jika ingin memanggang  ayam, atur suhu sekitar 150-220 derajat celsius panasnya. Untuk durasi memanggang, kira-kira waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 20 menit hingga satu jam. Hal ini juga akan tergantung dari ketebalan daging dan ukuran panggangan. 

Cara Memasak Ayam yang juga Sehat

Selain memanggang, ada beberapa teknik memasak daging ayam yang juga diketahui dapat mempertahankan nutrisinya. Berikut adalah beberapa teknik memasak tersebut: 

1. Mengukus

Mengukus adalah metode memasak ayam yang sehat dan cepat lainnya. Untuk metode ini, kamu hanya perlu menggunakan keranjang kukusan dan panci berisi air panas. Mengukus adalah metode suhu tinggi dengan waktu memasak singkat yang telah terbukti menghasilkan lebih sedikit amina heterosiklik, dibandingkan dengan metode memasak suhu tinggi lainnya. 

Uap saat mengukus juga mencegah pembentukan kerak pada permukaan ayam, yang mengurangi pengeringan daging untuk menghasilkan produk yang lembab dan empuk. Menariknya lagi, suhu tinggi juga melelehkan lebih banyak lemak pada ayam. 

2. Pressure cooking

Memasak bertekanan atau pressure cooking merupakan teknik memasak menggunakan suhu tinggi dengan durasi yang singkat. Teknik memasak ini memiliki banyak peminat. Sebab, pressure cooking dapat membuat masakan akan matang lebih cepat dan nutrisi makanan yang hilang juga lebih minim.

Itulah beberapa teknik memanggang ayam agar nutrisinya terjaga yang perlu diketahui. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar cara mengolah makanan atau masalah kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi tepercaya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 5 tips for healthy grilling. 
Liputan 6. Diakses pada 2022. 6 Cara Memanggang Makanan yang Sehat Agar Nutrisinya Tidak Hilang.
Healthline. Diakses pada 2022. What’s the Healthiest Way to Cook Chicken?