4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Mei 2021
4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Batu Ginjal4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Halodoc, Jakarta – Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat memengaruhi saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih. 

Batu ginjal terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel. Mengeluarkan batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi batu tersebut biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika dikenali tepat waktu. Adakah bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal?

Air Putih sampai Jus Seledri

Bergantung pada kondisinya, kamu mungkin memerlukan obat pereda nyeri dan minum banyak air untuk mengeluarkan batu ginjal. Dalam kasus lain misalnya, jika batu ginjal bersarang di saluran kemih sehingga menyebabkan komplikasi pembedahan mungkin diperlukan. Berikut adalah bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal!

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Muncul Batu Ginjal

1. Air Putih

Menambah asupan air dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu ginjal. Upayakan untuk minum 12 gelas air per hari. Setelah batunya keluar, kamu harus terus minum 8 hingga 12 gelas air setiap hari. 

Dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal. Itulah sebabnya kamu direkomendasikan untuk minum air putih. Perhatikan juga warna urinemu. Idealnya warna urine haruslah kuning pucat yang sangat terang. Urine berwarna kuning tua merupakan tanda dehidrasi.

2. Jus Lemon

Lemon mengandung sitrat, yaitu bahan kimia yang mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, memungkinkannya lebih mudah lewat. Diperlukan banyak lemon untuk membuat efek yang besar, tetapi beberapa dapat membantu sedikit. Jus lemon juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti Membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan suplai vitamin C.

3. Jus Kemangi

Kemangi mengandung asam asetat, yang membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit dan sumber nutrisi. Jus kemangi secara tradisional dapat menjadi obat untuk gangguan pencernaan dan peradangan. Antioksidan dan antiinflamasi dalam jus kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Baca juga: Pola Hidup yang Tingkatkan Risiko Alami Batu Ginjal

Gunakan daun kemangi segar atau kering untuk membuat teh dan minum beberapa cangkir per hari. Kamu juga bisa membuat jus kemangi segar atau menambahkannya ke bahan smoothie lain.

Namun, kamu tidak boleh menggunakan jus kemangi selama lebih dari 6 minggu. Penggunaan yang lebih lama dapat menyebabkan gula darah rendah, tekanan darah rendah, serta peningkatan perdarahan.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Selain membersihkan ginjal, cuka sari apel dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal. 

Untuk mendapatkan manfaat cuka sari apel guna mengatasi batu ginjal, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 0,5 liter air dan minum sepanjang hari. Kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,5 liter campuran ini per hari. 

Jika tertelan dalam jumlah yang lebih banyak, cuka sari apel dapat menyebabkan rendahnya kadar kalium dan osteoporosis. Pengidap diabetes harus berhati-hati saat meminum campuran ini. Selain dicampurkan ke dalam air putih, kamu juga bisa menggunakannya pada salad.

5. Jus Seledri

Jus seledri dapat membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Jus seledri juga dapat membantu membersihkan tubuh sehingga memicu pengeluaran batu ginjal. Kamu tidak boleh minum jus ini jika memiliki gangguan perdarahan, tekanan darah rendah, dan operasi yang terjadwal.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Bisa Mencegah Batu Ginjal

Itulah bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal. Kalau kamu butuh informasi lebih jelas mengenai penanganan batu ginjal tanyakan saja ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli obat di Toko Kesehatan Halodoc, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Kidney Stones: What Works?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Kidney Stones.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan