4 Buah yang Dikonsumsi untuk Cegah Demam Berdarah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juli 2021

“Pepaya, jeruk, delima, dan kelapa adalah jenis buah yang direkomendasikan untuk cegah demam berdarah. Tidak hanya mencegah, jenis buah ini juga baik dikonsumsi untuk mengobati demam berdarah supaya pulih lebih cepat.”

4 Buah yang Dikonsumsi untuk Cegah Demam Berdarah4 Buah yang Dikonsumsi untuk Cegah Demam Berdarah

Halodoc, Jakarta – Selain COVID-19, demam berdarah menjadi kondisi yang harus diwaspadai sekarang-sekarang ini. Dilansir dari sebuah media nasional, beberapa titik di Indonesia yang mengalami peningkatan kasus DBD per 2021 ini adalah Bekasi dan Bali.

Fasilitas kesehatan yang saat ini berfokus pada kasus COVID-19, perhatiannya menjadi terpecah karena adanya kasus DBD. Itulah sebabnya sangat penting mencegah sebelum mengobati. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh.

Buah-Buahan untuk Cegah Demam Berdarah

Lantas, buah apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi buat cegah demam berdarah?

1. Pepaya

Daging buah pepaya dikenal kaya akan serat dan kaya akan vitamin A. Vitamin A tidak hanya menjaga kesehatan mata tetapi juga memperkuat daya tahan tubuh serta mengurangi risiko penyakit kronis. 

Selain daging buah pepaya, daun pepaya juga menjadi pilihan baik untuk menjaga kesehatan. Cara mengonsumsinya, hancurkan daun pepaya dan peras untuk diambil sarinya. Ekstraknya dapat meningkatkan jumlah trombosit. Sebagai alternatif, kamu juga bisa merebus daun pepaya dalam air dan meminum larutannya. Ini adalah obat rumahan terbaik untuk pengobatan dan pencegahan demam berdarah.

Baca juga: Catat, Ini 6 Fakta Penting tentang Demam Berdarah

2. Delima

Delima kaya akan nutrisi dan mineral penting yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi buah delima mengurangi rasa letih dan lesu. Delima kaya akan sumber zat besi, sehingga sangat bermanfaat buat produksi darah. Itulah sebabnya buah delima membantu dalam mempertahankan jumlah trombosit darah normal yang sangat penting terkait demam berdarah.

3. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C dapat membangun sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan tangguh. Mengapa demikian? Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan sel tubuh yang berperan dalam melawan penyakit. Itulah sebabnya mengapa saat sakit kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C. 

Soalnya vitamin C sarat akan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat membantu mencegah sakit termasuk demam berdarah. 

Baca juga: Bahaya DBD di Masa Pandemi, Ini Pencegahannya

4. Kelapa

Salah satu yang membuat penyakit demam berdarah bisa berkomplikasi berat adalah dehidrasi. Karenanya sangat penting untuk menjaga tubuh tetap selalu terhidrasi. Mengonsumsi air putih memang bagus, tetapi air kelapa memiliki lebih banyak nutrisi, elektrolit, sehingga membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Singkatnya, air kepala dapat membantu memulihkan tubuh.

Makanan Lain Pendukung Kesehatan

Selain buah-buahan yang disebutkan tadi, kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi bayam. Bayam kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten. Sayuran berdaun hijau ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaanmu.

Sebagai alternatif dari bayam, kamu dapat mengonsumsi brokoli. Brokoli adalah sumber vitamin K yang sangat baik yang membantu meregenerasi trombosit darah. Jika ada penurunan tajam dalam jumlah trombosit, maka brokoli harus dimasukkan dalam asupan makanan sehari-hari. Brokoli kaya akan antioksidan dan mineral yang secara efektif berguna untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh. 

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe, Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

Sel-sel tubuh yang rusak dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit yang salah satunya adalah demam berdarah. Jahe juga merupakan makanan penambah kekebalan tubuh. Jahe dapat membantu dalam mengobati sakit tenggorokan, radang, mual yang merupakan gejala lain dari demam berdarah. 

Itulah informasi mengenai buah yang dikonsumsi untuk cegah dan mengobati demam berdarah. Kalau butuh informasi lebih detail mengenai penanganan demam berdarah di masa pandemi seperti sekarang ini, tanyakan langsung ke Halodoc. Kamu juga bisa buat janji konsultasi dokter lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
Suara.com. Diakses pada 2021. Kota Bekasi Jadi Daerah dengan Kasus DBD Tertinggi Sepanjang 2021.
Times of India. Diakses pada 2021. Foods to eat and avoid in Dengue!
NDTV.com. Diakses pada 2021. Dengue Fever Prevention: 7 Immunity-Boosting Foods That Can Help You Prevent Dengue.
Columbia Asia Hospitals. Diakses pada 2021. Dengue Fever Prevention: What To Eat And What To Avoid

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan