4 Cara Ampuh Mengatasi Libido Suami yang Menurun

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   26 November 2020
4 Cara Ampuh Mengatasi Libido Suami yang Menurun4 Cara Ampuh Mengatasi Libido Suami yang Menurun

Halodoc, Jakarta – Pada pria, penurunan libido bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagai istri, penting untuk mendukung dan bersama suami mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu, masalah libido pria menurun bisa diatasi dan tidak mengganggu keharmonisan serta kualitas kehidupan seksual. 

Penurunan libido pada pria tidak hanya menyebabkan penurunan gairah seksual, tapi juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Semakin lama, hal ini juga bisa berujung pada stres dan menyebabkan gairah seksual semakin menghilang. Lantas, apa saja cara-cara yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi libido pria yang menurun? Ternyata jawabannya tidaklah sulit. Simak ulasannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Bangkitkan Libido Pria

Tips Meningkatkan Libido Pria

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan libido pria. Namun, umumnya kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Libido suami menurun biasanya berlangsung secara bertahap. Hal ini bisa terjadi dalam hitungan bulan hingga tahun. Biar masalah ini tidak berlarut dan mengganggu keharmonisan dengan pasangan, penting untuk mengetahui cara-cara untuk kembali meningkatkan libido pria. 

Sebelumnya perlu diketahui, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab atau memengaruhi tingkat libido pria. Penurunan libido pada pria bisa disebabkan oleh pertambahan usia, mengidap penyakit tertentu, masalah psikologis, hingga penurunan, atau berkurangnya hormon seksual pada pria. Penurunan libido seiring dengan pertambahan usia adalah hal yang normal terjadi. 

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido pria? Sebenarnya ada banyak cara. Namun, sebelumnya kamu mungkin perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebab penurunan libido pria. Sebab, beda penyebabnya bisa saja beda cara mengatasinya. Namun, secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido pria, di antaranya: 

1.Pola Hidup Sehat 

Nyatanya, pola hidup yang dijalani bisa membantu meningkatkan gairah seksual pada pria. Menerapkan pola hidup sehat bisa membantu mengatasi penurunan libido. Kamu bisa menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, rutin berolahraga, menghindari stres, serta cukup istirahat pada malam hari. 

Baca juga: Pria Alami Gangguan Testosteron Sebabkan Penurunan Libido

2.Meditasi dan Hindari Stres 

Aktivitas sehari-hari serta tuntutan pekerjaan bisa membuat suami rentan merasa tertekan dan stres. Kalau sudah begitu, risiko penurunan gairah seksual juga bisa meningkat. Nah, biar terhindar dari masalah ini, ada baiknya untuk berlatih meditasi dan menghindari stres. Hal itu bisa membuat tubuh lebih nyaman dan relaks, sehingga gangguan libido bisa diatasi. 

3.Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membantu mengatasi penurunan libido pada pria. Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, misalnya buah-buahan, sayuran, hingga cokelat. 

4.Bicarakan dengan Pasangan 

Selain menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi, gangguan libido pria juga bisa diatasi dengan sedikit “berpetualang” dengan istri. Coba bicarakan terlebih dahulu tentang masalah yang dialami. Kemudian, kamu dan istri bisa mencoba menerapkan beberapa cara untuk meningkatkan gairah seksual, seperti foreplay, sexting, atau menggunakan bantuan mainan seksual (sex toys). 

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Mampu Menurunkan Libido Pria

Kalau kondisi ini semakin buruk, kamu bisa mengajak pasangan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab penurunan libido pria. Kamu dan pasangan juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter seputar gangguan libido atau gangguan seksual lainnya. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. When a Man's Sex Drive Is Too Low.
Healthline. Diakses pada 2020. Boost Your Libido with These 10 Natural Tips.
Harvard University. Diakses pada 2020. Recharge your sexual energy. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan