4 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 Februari 2018
4 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak4 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mata perlu dijaga sejak dini, jadi enggak hanya orang dewasa saja yang perlu menjaga kesehatan mata. Kesehatan mata Si Kecil dalam masa pertumbuhan masih rentan. Jadi, sebaiknya orangtua memberikan perhatian khusus untuk menjaga kesehatan mata anak.

Jika ada gangguan pada kesehatan mata Si Kecil, maka tidak hanya membuat penglihatan matanya kurang optimal, namun juga dapat menghambat aktivitas Si Kecil, termasuk aktivitas belajar, sosial, dan hobi. Karena itu, untuk menjaga kesehatan mata Si Kecil, ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan, lho. Simak beberapa cara menjaga kesehatan mata anak di bawah ini, yuk!

1. Jaga Kebersihan Mata Si Kecil

Untuk mencegah penyebaran kuman ke mata, ibu bisa mengajarkan Si Kecil untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh mata, apalagi setelah Si Kecil bermain kotor-kotoran. Ibu juga bisa mengajarkan Si Kecil untuk menghindari aktivitas mengucek mata saat ada objek yang masuk ke mata, seperti debu dan kotoran. Saat mata Si Kecil kemasukan debu, ibu bisa membantu Si Kecil untuk mengeluarkannya dengan mengedipkan mata.

2. Beri Makanan Bergizi

Agar mata Si Kecil tetap sehat, ibu bisa memberikan Si Kecil makanan yang bergizi, terutama makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Ibu bisa memberikan Si Kecil stroberi, wortel, pepaya, daging sapi, ikan salmon, ikan tuna, hati ayam, atau lainnya di setiap menu makanan Si Kecil untuk menjaga kesehatan mata Si Kecil. Jika Si Kecil tidak menyukai buah dan sayuran, ibu bisa mengolahnya menjadi jus atau olahan menarik lainnya agar Si Kecil lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

3. Beri Aturan Bermain Gadget

Di era teknologi seperti ini, menjauhkan Si Kecil dari gadget bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat ini, beberapa orang tua memberikan gadget untuk mendiamkan anak yang menangis. Hal tersebut sah-sah saja, namun orang tua perlu memberikan batasan tentang waktu dan cara menggunakan gadget agar kebiasaan bermain gadget tidak merusak kesehatan mata Si Kecil seperti :

  • Batasi waktu bermain gadget maksimal 2 jam sehari
  • Saat bermain gadget, setiap 30 menit sekali perlu diselingi dengan aktivitas lain untuk mencegah mata lelah. Misalkan dengan melihat benda dengan jarak jauh atau senam mata
  • Beri jarak pandang mata dengan gadget sekitar 30-40 cm dan usahakan agar posisi gadget lebih rendah daripada mata
  • Hindari bermain gadget di tempat gelap atau dengan posisi tiduran  

4. Rutin Periksa Mata Si Kecil

Pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan sebelum muncul keluhan pada penglihatan Si Kecil, setidaknya dua tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya masalah pada mata Si Kecil dan memastikan bahwa mata Si Kecil tetap sehat. Semakin cepat gangguan kesehatan mata Si Kecil terdeteksi, maka akan semakin optimal hasil pengobatan yang dilakukan. Nah, jika Si Kecil punya keluhan penglihatan, ibu bisa memanfaatkan fitur contact doctor di Halodoc, lho. Ibu bisa bertanya ke dokter melalui Chat dan Video/Voice Call di Halodoc kapan saja dan dimana saja.

Selain bicara dengan dokter, ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan Si Kecil di Halodoc, lho. Selain itu, ibu juga bisa cek kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain di Halodoc. Ibu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui ibu pada waktu yang sudah ditentukan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan