6 Makanan Ini Punya Khasiat Menjaga Kesehatan Mata

6 Makanan Ini Punya Khasiat Menjaga Kesehatan Mata
MAKANAN SEHAT 23 October 2017
Halodoc, Jakarta – Mata adalah salah satu indera yang penting untuk dijaga kesehatannya. Pada umumnya orang-orang sudah mengetahui jika untuk menjaga kesehatan mata, salah satu caranya adalah memakan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel. Namun nyatanya bukan hanya vitamin A saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin dan nutrisi yang telah terbukti berpengaruh terhadap kesehatan mata antara lain vitamin C, E, zinc, lutein, dan asam lemak omega 3. Berbagai vitamin tersebut bisa berguna untuk meminimalisir risiko berkurangnya penglihatan karena faktor pertambahan usia dan terjadinya katarak. Selain wortel, berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata yang perlu kamu konsumsi.

1.   Ikan Tuna, Salmon, dan Sarden
Bila seseorang kekurangan DHA memiliki risiko mengalami sindrom mata kering. Untuk menyiasatinya disarankan untuk memakan ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden diketahui memiliki banyak kandungan asam lemak jenis DHA yang mampu melindungi dari peradangan mata dan membantu kinerja mata. Untuk memperoleh manfaatnya, cukup sajikan ikan laut tersebut sebanyak dua kali setiap minggu.

2.  Labu Kuning dan Ubi
Sayur dan buah yang berwarna kuning dan oranye dipercaya kaya akan  kandungan beta karotene yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Kegunaan dari vitamin ini bisa mencegah rabun senja yang mengakibatkan pengidap sulit melihat dengan jelas menjelang dan sepanjang malam hari. Kamu bisa mengonsumsi semangkuk sup labu atau ubi panggang untuk dijadikan sebagai camilan atau ditambahkan dalam menu harian.

3.   Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya
Makanan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mata yakni bayam yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menurunkan risiko katarak dan menurunnya penglihatan. Selain itu, antioksidan bisa menyerap hal-hal berbahaya yang memengaruhi mata, seperti polusi udara, paparan sinar matahari, dan asap rokok. Selain bisa diperoleh dari bayam, kandungan ini bisa diperoleh dari sayur hijau lain seperti kubis dan brokoli.

4.   Jeruk dan Stroberi
Kedua buah tersebut memiliki banyak kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa mengurangi risiko penurunan fungsi makula. Bila ada satu mangkuk saji stroberi atau jeruk per hari bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

5.   Kacang Almond
Diperkirakan sekitar satu genggam kacang almond per hari bisa memenuhi kebutuhan vitamin E per hari yang bisa memperlambat penurunan fungsi makula dan berakibat menurunnya daya lihat kamu. Bukan hanya kacang almond, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lain juga kaya vitamin E, misalnya biji bunga matahari.

6.  Telur
Kuning telur mengandung nutrisi zinc, lutein, dan zeaxathin yang akan membantu mengurangi risiko penurunan daya lihat karena penambahan usia. Selain itu telur juga mengandung sumber Vitamin A untuk membantu fungsi retina mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Vitamin A juga berfungsi mengurangi risiko terjadinya Katarak dan degenerasi makular terkait usia.


Untuk menyempurnakan upaya kamu dalam menjaga kesehatan mata, selain memakan makanan di atas, sebaiknya diimbangi dengan menghindari merokok, batasi waktu menatap layar komputer atau gadget terlalu lama, dan menggunakan kaca mata yang melindungi mata dari sinar UV. Ditambah dengan rutin  mendiskusikan kesehatan mata bersama dokter spesialis minimal 6 bulan sekali. Kamu bisa melakukan tanya-jawab secara online melalui aplikasi Halodoc. Bersama aplikasi Halodoc, nikmati 2 fitur andalannya yakni Contact Doctor dan Pharmacy Delivery yang memudahkan segala keperluan medismu kapan saja dan di mana saja. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di Google Play dan App Store smartphone-mu.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya