• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi COVID-19

4 Cara Jaga Kesehatan Mental saat Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sejak virus corona menjadi pandemi dunia, perasaan, dan pikiran buruk terkait tentang masa depan orang-orang terkasih kerap muncul. Bukan hanya pikiran dan perasaan saja, pandemi yang semakin parah membuat sebagian orang kehilangan mata pencaharian utamanya. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan stres saja, tetapi juga depresi. Kehilangan mata pencaharian utama bukanlah hal sepele, apalagi bagi seorang kepala keluarga.

Hal tersebut tentu akan memicu adanya perubahan besar pada kehidupan. Belum lagi bagi mereka yang menjadi korban positif virus corona dan harus isolasi mandiri sampai benar-benar pulih. Masalah kesehatan mental bagi yang terkena dampak memang tidak dapat dihindari. Namun, stres dan rasa cemas berlebihan bisa dikelola dan ditangani, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari. Berikut ini tips menjaga kesehatan mental saat pandemi:

Baca juga: Begini Cara Penyimpanan Vaksin Corona Sinovac

1.Batasi Penggunaan Media Sosial

Mengikuti perkembangan berita yang sedang terjadi memang penting, tetapi jika berdampak pada psikis masing-masing orang, sebaiknya batasi penggunaan media sosial. Terus-menerus terpapar berita yang tidak baik akan berdampak negatif bagi kesehatan mental. Batasi penggunaan teknologi, mengingat terkadang perlu keluar dari dunia maya dan mencari aktivitas lain yang membuat diri sendiri merasa senang dan nyaman.

2.Sibukkan Diri dengan Berbagai Aktivitas

Saat ini tengah diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) yang kedua kalinya. Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya dapat dilakukan dengan menyibukkan diri melakukan berbagai aktivitas yang disukai. Jika kamu ingin menonton drama yang masih menjadi wishlist, sebaiknya tonton sekarang guna membantu menjaga kesehatan mental. Melakukan kegiatan yang disukai akan menghindari kamu dari pikiran negatif.

Baca juga: Proses Pemberian Izin BPOM Vaksin Corona

3.Tetap Menjaga Interaksi Sosial

Terkurung di rumah 24/7 mungkin membuat sebagian orang merasa stres. Apalagi bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Rasa kesepian ini berpotensi menimbulkan pikiran negatif yang dapat berdampak pada kesehatan mental. Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi selanjutnya dengan memikirkan jika karantina ini, adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan keluarga atau orang terkasih.

Diskusikan dengan mereka dan rencanakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan bersama. Jika kamu merasa sangat cemas dan tidak bisa ditangani sendirian, ceritakan masalah yang kamu hadapi dengan seseorang yang dipercaya. Mereka mungkin memiliki solusi yang ingin kamu dengar.

4.Jaga Kesehatan Tubuh dengan Baik

Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya. Jika kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan mengikuti, pun sebaliknya. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan. Tanpa keluar rumah kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Halodoc dengan fitur “beli obat” di dalamnya.

Baca juga: Pandemi COVID-19 Bisa Bikin Sulit Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Terkadang rasa cemas yang dialami akan sangat membebani, sehingga berbagai tips menjaga kesehatan mental saat pandemi tersebut tidak ampuh pada diri sendiri. Jika hal ini terjadi pada kamu, silahkan diskusikan dengan psikolog atau psikiater di aplikasi Halodoc, ya. Bagaimana pun keadaan saat ini, perlu diingat jika kamu tidak sendiri. Ada orang-orang terdekat yang selalu bersedia membantu dalam susah atau senang.

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. Doing What Matters in Times of Stress.
CDC. Diakses pada 2021. Coping with Stress.
Corona.jakarta.go.id. Diakses pada 2021. How to Maintain Mental Health During Pandemic.