• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana Ajarkan Hidup Sehat pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Sederhana Ajarkan Hidup Sehat pada Anak

4 Cara Sederhana Ajarkan Hidup Sehat pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 September 2020
4 Cara Sederhana Ajarkan Hidup Sehat pada Anak4 Cara Sederhana Ajarkan Hidup Sehat pada Anak

Halodoc, Jakarta - Belakangan ini sudah banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan tubuhnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa perubahan yang mulai banyak terlihat adalah banyaknya orang yang mulai rutin untuk bersepeda. Selain itu, akan lebih lengkap lagi jika penerapan pola hidup sehat tersebut dibarengi dengan menerapkan diet yang sehat.

Penerapan pola hidup sehat juga harus dilakukan pada orangtua yang memiliki anak. Dengan menanamkan pemikiran terkait pentingnya kesehatan, hal tersebut akan terus terbawa hingga dirinya dewasa. Namun, bagaimana cara yang efektif untuk mengajarkan pola hidup sehat pada anak? Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan!

Baca juga: Begini Cara Ajari Anak Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Pengajaran Hidup Sehat pada Anak

Semua orang tahu jika beberapa penyakit dapat memengaruhi kesehatan seseorang seumur hidup. Karena itu, pengajaran terkait pola hidup sehat harus dilakukan sedini mungkin pada anak-anak. Hal tersebut juga untuk meningkatkan kesehatan generasi mendatang, sehingga masa depannya lebih cerah.

Anak-anak yang masih sangat muda adalah periode yang membuat kebiasaan seumur hidup seseorang terbentuk. Selain itu, gaya hidup dari keluarganya tetap harus terbuka untuk perubahan dan adaptasi terkait kebutuhan. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan anak. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengajarkan hidup sehat pada anak. Berikut beberapa caranya:

1. Jaga Anak Tetap Aktif

Salah satu cara yang dapat ibu lakukan agar dapat ajarkan anak untuk hidup sehat adalah dengan menjaganya untuk tetap aktif. Beberapa sumber merekomendasikan paling tidak anak-anak pra-sekolah untuk melakukan aktivitas fisik selama 180 menit dalam satu hari. Anak harus didorong untuk memainkan banyak hal, seperti lari, menari, melompat, hingga menyanyikan lagu. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, anak akan terbiasa sehingga terbawa sampai dewasa yang membuatnya aktif secara fisik. 

Baca juga: 4 Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Anak

2. Pola Makan yang Baik

Ibu juga harus mengajarkan anak untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Hal tersebut merupakan hal yang penting untuk memastikan pertumbuhan dan nutrisi anak tetap optimal dan mampu berkontribusi terhadap pencegahan penyakit. Dengan kombinasi aktivitas fisik yang aktif dan pola makan yang baik, berat badan dapat selalu terjaga sehingga kelebihan berat badan dapat dihindari. Hal ini dapat membuat kesehatan terjaga dalam jangka panjang.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara yang dapat diterapkan untuk membentuk pola hidup sehat pada anak. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan. Akses aplikasinya sekarang juga!

3. Pastikan Konsumsi Air Putih yang Cukup

Selain memperhatikan pola makan yang sehat, anak juga harus diajari tentang pentingnya memenuhi kebutuhan cairan pada tubuhnya. Maka dari itu, ibu harus bentuk kebiasaannya untuk selalu mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Cairan penting untuk menjaga hidrasi pada tubuhnya agar fungsi organ tubuh tetap normal dan konsentrasi tetap terjaga. Hasilnya, tubuh yang terjaga kesehatannya dapat mendukung agar anak dapat menyerap semua pelajaran dengan mudah.

4. Batasi Penggunaan Gawai

Tidak sedikit orangtua yang membiasakan anaknya menggunakan gadget agar tidak banyak merengek. Padahal, anak-anak harus tetap aktif bergerak agar tumbuh-kembangnya tetap optimal. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat membuat anak jadi malas bergerak. Boleh melakukan hal tersebut agar batasan waktunya jelas yang direkomendasi hanya 1–2 jam saja.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Itulah beberapa hal yang dapat ibu lakukan sebagai cara mengajarkan anak terkait pola hidup sehat. Dengan terbiasa menerapkan hal tersebut, kesehatan anak secara keseluruhan akan terus terjaga. Pola hidup sehat tersebut juga dapat memberi dukungan agar anak lebih mudah untuk menerima pelajaran karena tubuhnya yang terus bugar.

Referensi:
Paediatric Foam. Diakses pada 2020. Top Tips Healthy Living for Preschool Children.
Ask The Scientist. Diakses pada 2020. 5 Healthy Living Lessons to Teach Your Kids.