4 Fakta Foreign Accent Syndrome yang Menarik untuk Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Januari 2023

“Foreign accent syndrome tidak hanya dipicu oleh cedera otak atau kerusakan saraf. Kondisi ini juga bisa disebabkan situasi psikologis, seperti mengidap penyakit skizofrenia.”

4 Fakta Foreign Accent Syndrome yang Menarik untuk Diketahui4 Fakta Foreign Accent Syndrome yang Menarik untuk Diketahui

Halodoc, Jakarta –  Foreign accent syndrome adalah kondisi ketika seseorang mendadak bisa berbicara dengan aksen yang berbeda atau bahasa asing yang sebelumnya tidak dia ketahui. 

Foreign accent syndrome biasanya terjadi setelah cedera kepala, stroke, atau beberapa jenis kerusakan otak lainnya. Simak selengkapnya mengenai fakta foreign accent syndrome di sini!

Fakta Mengenai Foreign Accent Syndrome

Walaupun terdengar seperti tidak masuk akal, tapi fakta foreign accent syndrome, sebagai salah satu sindrom langka adalah kondisi nyata. Sudah ada banyak penelitian yang mengangkat fenomena ini dan menggali lebih jauh mengenainya. Yuk, cek faktanya di sini!

1. Muncul pertama kali tahun 1907 

Salah satu penelitian berjudul Foreign Accent Syndrome As a Psychogenic Disorder: A Review, yang dipublikasikan di Frontiers in Human Neuroscience menjelaskan mengenai sindrom ini.

Dalam jurnal tersebut sedikit banyak dijelaskan kalau sindrom ini pertama kali muncul pada tahun 1907. Ketika itu ada seorang perempuan yang mengalami perubahan aksen setelah mengalami kecelakaan.

Beberapa contoh kasus lain adalah, pada tahun 2018, seorang perempuan Amerika Serikat mendadak menggunakan aksen campuran Australia-Inggris-Irlandia, setelah bangun dari tidur malam karena sakit kepala.

2. Tidak hanya dipicu oleh cedera otak

Masih menurut penelitian yang sama, disebutkan foreign accent syndrome memiliki kaitan dengan kondisi psikogenik yang disebabkan oleh masalah psikologis. Jadi, tidak semata karena cedera otak atau saraf, foreign accent syndrome bisa muncul sebagai akibat dari masalah kesehatan mental. 

Jika disebabkan oleh masalah mental, kondisinya disebut dengan foreign accent syndrome psikogenik. Pada kasus psikogenik, pengidap foreign accent syndrome tidak memiliki kerusakan otak, tapi mengidap beberapa jenis gangguan kejiwaan. Contohnyq seperti skizofrenia, atau gangguan bipolar. Biasanya, aksen akan hilang setelah episode psikotik berlalu. 

3. Ada tiga jenis/tipe foreign accent syndrome 

Sindrom ini dibedakan atas tiga jenis yaitu neurogenik, psikogenik, dan campuran (mixed).  Neurogenik dipicu cedera otak/saraf, psikogenik karena masalah psikologis, untuk tipe campuran (mixed)–sesuai dengan namanya, pengidap foreign accent syndrome tipe ini memiliki beberapa karakteristik neurogenik dan psikogenik. 

Selain merupakan kombinasi dari neurogenik dan psikogenik, sindrom foreign accent tipe mixed juga bisa disebabkan faktor lain. Contohnya seperti pernah mendengar aksen asing tersebut, dan mengalami gangguan berbahasa–kesulitan menyusun kalimat atau penekanan suku kata yang tidak tepat. 

4. Tidak dapat disembuhkan

Sejauh ini, foreign accent syndrome tidak dapat disembuhkan, dan penanganan yang dilakukan hanya sampai pada tahap mengobati gejala. Dalam kebanyakan kasus, dokter akan merekomendasikan terapi wicara untuk membantu seseorang mendapatkan kembali kebiasaan normalnya. 

Kebanyakan foreign accent syndrome bukanlah kondisi berbahaya, kecuali bila sindrom ini disebabkan oleh kondisi medis yang serius, seperti tumor atau lesi di otak, atau demensia.

Jika itu terjadi, maka penanganannya lebih difokuskan pada kondisi yang menyebabkan foreign accent syndrome terjadi, ketimbang pada perbaikan aksen bicaranya. 

Contohnya bila sindrom ini mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti orang yang memiliki gaya bicara berbeda karena baru menjalani operasi gigi. Nah, untuk kasus ini, sangat disarankan untuk melakukan terapi wicara.

Itulah fakta mengenai foreign accent syndrome. Kalau kamu punya masalah kesehatan dan ingin memeriksakan kondisi kesehatanmu ke rumah sakit, kamu bisa buat janji lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Frontiers in Human Neuroscience. Diakses pada 2023. Foreign Accent Syndrome As a Psychogenic Disorder: A Review.
The Atlantic. Diakses pada 2023. The Mysteries of Foreign-Accent Syndrome.
Health Jade. Diakses pada 2023. Foreign accent syndrome.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What is foreign accent syndrome?
Healthline. Diakses pada 2023. Foreign Accent Syndrome: What Is It?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan